Cegah dan Hindari 5 Makanan Penyebab Asam Urat Ini

June 19, 2017 Cegah dan Hindari 5 Makanan Penyebab Asam Urat Ini

Halodoc, Jakarta - Apapun penyakit pada dasarnya bisa dicegah dengan cara yang paling sederhana. Contohnya membatasi tubuh dari asupan makanan yang dipantang. Hal ini pun berlaku untuk penyakit asam urat. Asam urat adalah radang sendi yang bisa menyebabkan sendi mendadak terasa nyeri, perih, kaku, dan bengkak. Secara ilmiah, penyebab asam urat yang utama muncul karena penumpukan zat yang disebut asam urat dalam darah.

Selain penumpukan zat asam urat, penyakit yang tak mengenal usia ini juga dipengaruhi oleh kolesterol. Mengatur pola makan adalah satu-satunya cara untuk menjaga kadar asam urat dan kolesterol dalam darah agar tetap stabil. Lalu, apa saja makanan penyebab asam urat yang patut dihindari oleh para pengidapnya

1.  Jeroan
Makanan penyebab asam urat yang paling berbahaya adalah jeroan. Rempela, babat, kikil, hati, ginjal, kelenjar timus, dan lain sebagainya memiliki kandungan purin yang tinggi dan berkontribusi meningkatkan kadar asam urat. Apa itu purin? Purin merupakan senyawa kimia yang jika dipecah akan menjadi zat asam urat berlebih dalam tubuh. Hati juga menjadi salah satu makanan penyebab asam urat karena tinggi kolesterol.

2.  Daging Sapi
Pengidap asam urat juga harus menghindari konsumsi daging sapi. Mengapa? Sebab, makanan penyebab asam urat ini mengandung purin dan kolesterol yang memicu timbulnya asam urat. Jangan bersedih, daging lain seperti ayam atau kalkun bisa tetap kamu nikmati, kok. Namun dengan catatan membuang kulit dan tidak menggorengnya saat proses pengolahan.

3.  Seafood
Hidangan laut seperti udang, kerang, lobster, atau ikan tuna juga menjadi makanan penyebab asam urat yang sebisa mungkin tidak kamu makan sama sekali. Bayangkan, 85 gram lobster saja mengandung 65 miligram kolesterol. Belum lagi jika cara memasaknya digoreng, bertambah lah kadar kolesterol pada makanan ini. Yuk, tinggalkan seafood dan ganti dengan makanan lain yang lebih sehat!

4.  Sarden
Sarden adalah jenis ikan yang dikenal akan kandungan asam lemak omega-3 nya yang berfungsi untuk perkembangan otak anak maupun orang dewasa. Keberadaan nutrisi penting tersebut memang baik, namun perlu kamu ketahui kalau sarden termasuk ikan yang juga tinggi kandungan purin. Jadi tidak disarankan terlalu sering makan ikan sarden.

5.  Alkohol
Bukan hanya makanan, namun minuman yang mengandung alkohol adalah musuh besar penyakit asam urat. Mengonsumsi minuman beralkohol seperti bir akan meningkatkan produksi asam urat. Selain itu, bir juga membuat tubuh kesulitan membuang asam urat keluar dari dalam tubuh.

Atasi Asam Urat Lebih Lanjut Bersama Halodoc
Selain mematuhi pantangan, penyakit asam urat juga bisa diatasi dengan menempelkan kantong es pada bagian sendi yang terasa sakit. Untuk obat apa saja yang harus dikonsumsi, kamu dapat diskusikan masalah ini lebih lanjut melalui aplikasi Halodoc. Apapun keluhannya, Halodoc siap menghubungkan kamu dengan dokter-dokter spesialis yang akan menjawab segala bentuk pertanyaan lewat chat, voice call, atau video call yang pastinya GRATIS. Tunggu apa lagi? Download aplikasi Halodoc sekarang juga!.