Hidup Lebih Sehat dengan Menjaga Kesehatan Paru-paru

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   25 November 2017
Hidup Lebih Sehat dengan Menjaga Kesehatan Paru-paruHidup Lebih Sehat dengan Menjaga Kesehatan Paru-paru

Halodoc, Jakarta – Paru-paru merupakan organ pada sistem pernafasan yang berhubungan dengan sistem peredaran darah. Manusia memiliki dua paru-paru yaitu paru kiri dan paru kanan. Paru kiri memiliki dua lobus sehingga ukurannya lebih kecil dari paru kanan yang memiliki tiga lobus.

Paru-paru yang sehat mampu menyediakan oksigen dalam jumlah besar untuk darah sehingga memberikan dampak bagus bagi tubuh agar bisa bekerja dan melakukan aktifitas dengan baik. Paru-paru merupakan organ yang sangat berperan dalam sistem pernapasan bagi manusia. Jika terjadi sesuatu pada paru-paru atau organ ini berfungsi kurang baik, maka bisa berakibat menurunkan aliran oksigen ke seluruh tubuh serta menaikkan risiko terkena penyakit paru-paru lainnya. Tentunya salah satu cara menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan tidak merokok. Namun selain itu, ada 5 cara lain yang bisa kamu terapkan untuk menjaga kesehatan paru-paru:

1.  Mengonsumsi Antioksidan
Untuk menjaga kesehatan paru-paru, disarankan secara rutin mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, khususnya yang kaya kandungan vitamin C. Karena buah-buahan tersebut dipercaya memiliki kemampuan untuk melindungi paru-paru dari kerusakan yang disebabkan oleh oksidan.

2.  Rutin Melakukan Olahraga
Untuk sebagian orang, melakukan olahraga adalah hal yang sulit. Padahal dengan rutin melakukan olahraga banyak manfaat yang bisa didapat. Maka dari itu, mulailah berolahraga secara bertahap. Dengan minimal melakukannya sebanyak 3 kali selama seminggu, mulai dari olahraga yang ringan seperti jalan kaki atau jogging.

3.  Menjauhi Asap Rokok
Seseorang yang bukan perokok namun menghirup asap rokok berisiko mengidap penyakit yang sama dengan perokok. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari perokok pasif adalah dengan melarang perokok untuk merokok di dalam rumah, mobil, atau lingkungan kerja.

4.  Meningkatkan Udara di Dalam Ruangan
Cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan memastikan udara masuk ke dalam rumah secara cukup. Kamu bisa membuka jendela saat sedang membersihkan perabotan rumah atau melakukan kegiatan pembersihan lainnya.

5.  Menghindari Paparan Polusi
Dalam aktivitas sehari-hari sebaiknya hindari terkena paparan polusi seperti debu, asap, abu, dan lain-lain. Polusi udara di dalam dan luar ruangan bisa menyebabkan masalah kesehatan, terutama bagi seseorang yang memiliki penyakit paru-paru. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi udara agar tetap bersih:

Lingkungan di Luar Ruangan

  1. Tidak membiarkan mesin mobil menyala ketika tidak dipakai.
  2. Tidak menggunakan pestisida dan bahan kimia lainnya dihalaman dan taman.
  3. Gunakan masker saat kamu mengendarai motor.


Lingkungan di Dalam Ruangan

  1. Membersihkan secara berkala peralatan rumah tangga.
  2. Menjaga kebersihan lantai, kamar mandi, dan dapur.
  3. Menjaga kebersihan sofa, Kasur, dan bantal dari debu.
  4. Menjaga sirkulasi udara di dalam ruangan.

 
Itu dia beberapa langkah untuk menjaga kesehatan paru paru. Sebaiknya berdiskusi secara rutin bersama dokter untuk mengetahui kondisi paru-paru maupun organ lainnya. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter melalui menu Contact Doctor dengan memilih metode chat, voice call, dan video call. Dan beli obat atau vitamin melalui menu Pharmacy Delivery. Download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.

BACA JUGA: 4 MANFAAT UBI UNTUK PARU-PARU SEHAT

 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan