Jangan Sembarangan, Ini 4 Tips Beri Suplemen untuk Anak

dampak suplemen anak, cara memberikan suplemen pada anak, suplemen untuk anak
IBU & ANAK 13 July 2018

Halodoc, Jakarta – Vitamin menjadi senjata ampuh yang selalu digunakan oleh hampir semua orang tua demi menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh sang buah hati. Terlebih jika cuaca sedang tidak bersahabat yang membuat anak rentan tertular penyakit. Suplemen atau vitamin yang dipilih pun memiliki bentuk yang beragam, mulai dari kapsul, sirup, atau tablet dengan rasa manis yang sangat disukai anak.

Imunomodulator, bagaimana suplemen ini sering disebut oleh ahli kesehatan, bekerja dengan memperbaiki fungsi imunitas dalam tubuh dengan merangsang kerja imunitas tadi. Rangsangan tersebut diberikan dari bahan-bahan yang terkandung dalam suplemen tadi.

Bahaya Memberikan Suplemen Sembarangan pada Anak

Berbeda dengan vitamin biasa, imunomodulator tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jangka panjang. Dampak suplemen anak ini akan memberikan respon terhadap imunitas tubuh secara berlebihan, sehingga bisa menyebabkan alergi dan hipersensitivitas pada anak.

Inilah mengapa orang tua dianjurkan hanya memberikan suplemen apabila anak mengalami gangguan imunitas tubuh, seperti batuk dalam jangka panjang, sering mengalami demam dan flu, hingga rentan mengalami infeksi. Bukan berarti suplemen tidak boleh diberikan pada anak yang sehat. Boleh saja, asal tidak dalam jangka waktu lama atau berkepanjangan.

Baca juga: Kenapa Si Kecil perlu Tidur Siang?

Alih-alih memberikan vitamin atau suplemen dalam jangka waktu yang lama, seorang ahli gizi yang merangkap herbalis, Jennifer Crain mengungkapkan, memberikan makanan bergizi dan memenuhi asupan nutrisi harian anak jauh lebih baik dan dianjurkan. Sebaiknya, hindari memberikan suplemen saat anak dalam kondisi sehat.

Pun dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Pediatric and Adolescent Medicine menuliskan bahwa sebagian besar anak dan remaja di Amerika Serikat yang setiap hari mengonsumsi suplemen sebenarnya tidak membutuhkan asupan tersebut. Sebaliknya, anak yang membutuhkan asupan suplemen justru tidak bisa mendapatkannya karena berbagai hal, salah satunya adalah rendahnya ekonomi.

Cara Tepat Memberikan Suplemen untuk Anak

Seorang pakar kesehatan bernama dr. Belilovsky mengatakan bahwa ketergantungan pada vitamin atau suplemen bisa menimbulkan dampak negatif pada kesehatan tubuh anak, karena keduanya tidak mampu menggantikan peran karbohidrat, protein, atau pun lemak sebagai sumber nutrisi utama untuk tubuh.

Oleh karena itu, orang tua perlu tahu bagaimana tips dan cara memberikan suplemen untuk anak, sehingga tidak menimbulkan efek samping yang negatif untuk tubuhnya. Simak tips lengkapnya berikut ini.

Cermat Saat Memilih Suplemen untuk Anak

Meski vitamin dan suplemen baik untuk imunitas tubuh, tetapi orang tua juga harus cermat dalam memilihnya. Jangan memberikan suplemen yang bisa dikonsumsi oleh semua usia untuk anak. Sebaiknya, berilah suplemen yang memang dikhususkan untuk anak sesuai usianya.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Menjelaskan Seks pada Si Kecil?

Berikan Suplemen pada Anak Sesuai dengan Kebutuhannya

Dampak suplemen anak pada tubuh akan muncul ketika anak mengonsumsi suplemen yang tidak ia butuhkan. Oleh sebab itu, berikanlah anak vitamin sesuai dengan kebutuhannya, seperti misalnya vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh, atau vitamin A ketika anak mengalami gangguan penglihatan.

Berikan Suplemen dengan Dosis Rendah pada Anak

Selain sesuai dengan kebutuhan, orang tua sebaiknya memberikan suplemen untuk anak dengan dosis rendah. Ini disebabkan karena vitamin yang larut dalam lemak akan tertimbun pada jaringan tubuh jika diberikan dalam jumlah berlebihan.

Cemat dalam Melihat Komposisi Suplemen

Pastikan untuk memberikan suplemen untuk anak dengan komposisi dan dosis yang tepat. Perhatikan pula cara penyimpanan dan peringatan pemakaian pada label kemasan demi mencegah dampak negatif pada anak.


Itu tadi dampak suplemen anak yang diberikan berlebihan serta bagaimana cara memberikan suplemen pada anak yang tepat. Membeli suplemen anak sekarang tidak harus keluar rumah, lho, karena vitamin apa saja bisa dibeli lewat Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

 


Rekomendasi Artikel

IBU & ANAK

16 July 2018

Sebelum memutuskan untuk menurunkan gaya hidup tersebut, ibu perlu mengetahui jenis asupan yang dibutuhkan di ...

Selengkapnya

KEHAMILAN

16 July 2018

Kelebihan atau kekurangan berat badan, sama-sama bisa memberikan efek negatif bagi kesehatan ibu dan janin. Na...

Selengkapnya

IBU & ANAK

16 July 2018

Daya tahan tubuh anak menjadi salah satu faktor kesehatan mereka. banyak faktor lain yang memicu datangnya pen...

Selengkapnya