Kompromi Kunci Agar Hubungan Asmara Awet

Kompromi Kunci Agar Hubungan Asmara Awet
SEKS 06 November 2017

Halodoc, Jakarta – Nyatanya menjaga hubungan suami istri tetap awet bukanlah hal yang mudah. Api asmara yang menggebu bisa juga terkena hembusan angin sehingga padam perlahan. Kalau sudah begini, tentu ancaman perceraian bisa saja terjadi.

Namun tahukah bahwa penelitian di Amerika ditemukan jika angka perceraian menurun. Meski begitu sayangnya, diketahui bahwa 6 dari 10 pasangan tidak bahagia dengan hubungannya. Tanya Finks, ahli kencan dan hubungan juga ahli bidang edukasi seks di Intimate Explorations membagian tips tentang bagaimana kompromi bisa menjadi hubungan asmara tetap awet.

Tanya menyatakan bahwa jika sebuah pernikahan bertahan hingga 10 tahun maka itu akan bertahan selamanya karena berhasil melewati kesulitan di 10 tahun pertama. Belajar untuk berkompromi dapat membantu pasangan untuk saling mempertahankan bahtera rumah tangga yang sudah terjalin. Yuk, cek berikut ini untuk menjaga hubungan asmara kamu tetap langgeng seperti dilansir dari Prevention:

1.  Tenang dan Fokus
Merasakan jenuh saat menjalin hubungan asmara adalah hal yang biasa. Untuk meredakannya, kamu perlu waktu untuk menenangkan diri. “Me time” itu perlu untuk menjauh sejenak dari rutinitas dan juga si Dia. Bicarakan kalau kamu butuh liburan atau hiburan sejenak, misalnya di akhir pekan kamu bisa pergi melakukan hal yang kamu suka bersama teman-teman. Tenangkan diri dan fokus pada kebahagiaan diri sendiri dulu sebelum kamu mulai berkompromi dengan kehidupan asmara lagi.

2.  Kebutuhan dan Keinginan
Coba cari tahu apa sih yang kamu butuhkan dalam hubungan asmara. Biasanya, seseorang hanya menyadari apa yang ia inginkan namun tidak menyadari apa yang sebenarnya dibutuhkan. Begitu pula dalam hubungan asmara. Menurut Tanya, hubungan asmara yang sehat penuh dengan kompromi. Ketika keinginan salah seorang pasangan tidak terpenuhi akan muncul kekecewaan dan disinilah kompromi diperlukan. Dalam hubungan asmara, kompromi diperlukan untuk mencapai sesuatu yang kamu butuhkan, seperti:

- Aku butuh bicara sama kamu dengan jelas, jujur, dan sering.
- Aku butuh didengar. Aku butuh kamu mendengarkan apa yang aku katakana.
- Aku butuh kasih sayang seperti pelukan, genggaman tangan, dan ciuman.
- Aku butuh kamu menerima perasaanku.
- Aku butuh jatuh cinta sama kamu.
- Aku butuh kamu untuk mengerti kalau aku butuh waktu sendiri.

Sedangkan soal keinginan, hal-hal ini bisa dilakukan tanpa kamu harus berkompromi dengan situasi hubungan asmara, misalnya:

- Aku ingin liburan tiap tahun.
- Aku ingin tinggal di …
- Aku ingin sering jalan-jalan.
- Aku ingin membagi biaya rumah tangga.

3.  Perhatikan Kebutuhan dan Keinginan Pasangan
Untuk menjalin asmara dibutuhkan komunikasi dua arah, sehingga sangat penting mempertimbangkan kebutuhan pasangan dan apa yang ia inginkan. Bicarakan apa yang dibutuhkan dan apa keinginan masing-masing lalu putuskan di bagian mana kedua pasangan harus berkompromi.

4.  Berkompromi Bersama
Ketika pasangan sudah saling membagi keinginan satu sama lain, tentu saja akan terjadi kesepakatan yang saling melengkapi. Pada akhirnya, ketika saling pengertian sudah tercipta masing-masing orang takkan merasa perlu lagi berkompromi karena merasa sudah memahami.

Setiap pasangan punya cara sendiri untuk menyikapi masalah hubungan asmara. Untuk menjaga agar hubungan tetap langgeng kamu bisa mengikuti tips-tips yang sudah disebutkan di atas. Selain itu, saling memberikan perhatian satu sama lain kepada pasangan pun bisa jadi cara untuk menjaga hubungan tetap langgeng.

Jika muncul masalah kesehatan yang perlu mendapat penanganan medis, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Melalui Halodoc, kamu bisa bicara langsung dengan dokter melalui Voice/Video Call dan Chat. Selain itu, kamu juga membeli produk kesehatan yang dibutuhkan melalui Halodoc dan pesanan akan diantar ke tujuan dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

16 July 2018

Berbeda letak sakit kepala, berbeda pula penyebabnya. Oleh sebab itu, berikut adalah penyebab sakit kepala ber...

Selengkapnya

IBU & ANAK

16 July 2018

Daya tahan tubuh anak menjadi salah satu faktor kesehatan mereka. banyak faktor lain yang memicu datangnya pen...

Selengkapnya

KECANTIKAN

16 July 2018

Setiap orang memiliki jam biologis atau mekanisme pengaturan waktu internal dalam tubuh yang bekerja secara ot...

Selengkapnya