Menghadapi Kehamilan Kedua, Ini Bedanya dengan yang Pertama

Menghadapi Kehamilan Kedua, Ini Bedanya dengan yang Pertama
KEHAMILAN 14 January 2018

Halodoc, Jakarta - Biasanya para ibu akan merasakan lebih nyaman dan tenang dalam menghadapi kehamilan anak kedua. Tetapi ada baiknya jika ibu yang sedang menghadapi kehamilan kedua tetap menjaga kebugaran atau kondisi fisik dan juga mental, untuk bisa mengurangi permasalahan pada kesehatannya dan juga menjadikan pengalaman yang berharga untuk menghadapi kehamilan kedua dan selanjutnya.

Untuk itu, penting memperhatikan riwayat kesehatan pada kehamilan pertama dapat dijadikan acuan untuk menghadapi kehamilan kedua. Bagaimanapun rasa khawatir itu akan tetap dirasakan oleh beberapa ibu yang menjalani kehamilan keduanya. Hal ini disebabkan karena ada beberapa perubahan yang jauh berbeda dari kehamilan pertama. Beberapa perubahan tersebut akan terlihat lebih jelas dari kehamilan pertamanya seperti, kenaikan berat badan yang tinggi, dan perubahan hormon yang sangat jauh berbeda dari kehamilan pertama. Berikut pembahasan lebih lanjut mengenai perbedaan pada hamil anak kedua.

Ada beberapa perbedaan yang harus kamu ketahui untuk menghadapi kehamilan kedua, di antaranya adalah:

1.  Masa Kehamilan Akan Terasa Lebih Cepat
Para ibu yang baru saja mengandung atau merasakan hamil untuk pertama kalinya, pasti akan merasakan masa hamil yang dia jalani terasa sangatlah lambat atau lama. Tapi untuk ibu yang telah menjalani kehamilan anak kedua pasti akan merasakan masa kehamilan yang lebih cepat daripada kehamilan anak pertama. Untuk kondisi kehamilan kedua memang akan terasa lebih cepat, karena kamu masih disibukkan dalam mengurus dan memperhatikan anak pertama.

2.  Perubahan Fisik Akan Berubah Terlalu Cepat
Beberapa perubahan fisik yang terjadi pada kehamilan kedua adalah varises. Bukan hanya itu saja, berat badan yang mengalami kenaikan drastis melebihi kehamilan anak pertama. Ibu hamil juga akan sering mengeluhkan sakit pinggang yang berlebihan dan lebih sering di kehamilan anak kedua. Jadi, sebaiknya ibu yang sedang dalam masa kehamilan anak kedua tetap menjaga kesehatan tubuh, dengan memperhatikan konsumsi makanan dan juga banyak melakukan check up ke dokter.

3.  Bayi Akan Memperlihatkan Refleks Lebih Awal
Salah satu perbedaan yang dirasakan langsung untuk kehamilan anak kedua adalah bayi yang terlalu cepat memberikan refleks. Refleks bayi ini berupa gerakan seperti menendang-nendang pada perut. Refleks yang dirasakan pada kehamilan pertama biasanya akan dirasakan pada usia kehamilan di atas dari 5 bulan.

Sedangkan untuk kehamilan yang kedua, refleks yang berupa pergerakan bayi akan terasa lebih awal atau lebih cepat, bahkan bisa di usia kehamilan empat bulan. Pengalaman kehamilan anak pertama yang membuat si ibu menjadi lebih sensitif atau peka terhadap gerakan-gerakan bayi di kehamilan kedua, walaupun pergerkan tersebut hanya gerakan kecil saja.

4.  Perbedaan Saat Menjalani Proses Persalinan
Ibu yang sudah merasakan proses persalinan pada kehamilan anak pertama tentunya sudah memiliki pengalaman yang baik untuk menghadapi proses persalinan pada kehamilan anak kedua. Si ibu akan jauh lebih siap dan mempersiapkan semuanya dengan matang untuk menjalani proses persalinan kedua.


Jika si ibu mengalami masa persalinan yang menyenangkan di kehamilan anak pertama sebaiknya dijadikan pelajaran untuk bisa jauh lebih baik dan lebih menyenangkan lagi di persalinan anak kedua. Tetapi, jika si ibu memiliki pengalaman traumatik atau kurang menyenangkan pada proses persalinan yang pertama, sebaiknya buatlah rencana dan persiapan yang lebih baik untuk menghadapi kehamilan kedua serta proses persalinnya, agar tidak terjadi lagi kejadian seperti kehamilan anak pertama.

Jika kamu sedang menghadapi kehamilan pertama atau pun kehamilan anak kedua, selalu cek kondisi kesehatan kamu dengan berdiskusi pada dokter kandungan terpercaya di Halodoc tanpa perlu repot ke rumah sakit. Lewat aplikasi Halodoc kamu bisa bertanya dan berdiskusi via Chat, Video/Voice Call. Selain itu kamu juga bisa membeli suplemen khusus kehamilan yang akan diantar dalam satu jam. Yuk download Halodoc di App Store dan Google Play ponselmu sekarang juga!


Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

17 January 2018

Saat hamil, ibu biasanya jadi ingin mengonsumsi berbagai macam makanan, salah satunya makanan yang manis-manis...

READ MORE

IBU & ANAK

17 January 2018

Bayi mengalami perkembangan bahasa seiring bertambahnya usia mereka. Yuk ketahui tahapannya agar ibu bisa meni...

READ MORE

KECANTIKAN

17 January 2018

Setelah lelah menjalani aktivitas seharian, merilekskan tubuh dengan bersauna adalah cara yang paling enak unt...

READ MORE