Mitos atau Fakta, Pelukan Bisa Bikin Lebih Sehat

Mitos atau Fakta, Pelukan Bisa Bikin Lebih Sehat
KECANTIKAN 09 February 2018

Halodoc, Jakarta – Selama ini menjaga pola makan sehat dan rutin berolahraga sering dilakukan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Tapi ternyata ada cara lain yang lebih menyenangkan dan terbukti bisa membuat tubuh lebih sehat, lho. Bagaimana caranya?

Jawabannya adalah berpelukan. Sebuah studi menyebut bahwa untuk bertahan hidup manusia membutuhkan setidaknya 4 pelukan dalam satu hari. Sementara untuk menjaga tubuh tetap sehat, dibutuhkan hingga 8 kali berpelukan.

Berpelukan nyatanya tak sekadar kegiatan romantis antara pria dan wanita. Hal ini pun biasanya dilakukan antara ibu dengan anak, atau ayah dengan anak untuk saling menunjukkan kasih sayang. Berpelukan biasanya juga dilakukan untuk membuat seseorang merasa lebih tenang, aman dan nyaman.

Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat dari berpelukan. Apa saja?  

  1. Daya Tahan Tubuh Meningkat

Berada di dalam pelukan orang terkasih ternyata dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan demikian, kamu akan lebih terlindungi dari serangan virus penyebab penyakit.

Seorang ibu yang sering memeluk sang buah hati juga terbukti dapat membantu anak tumbuh dengan lebih baik. Berikan setidaknya 12 pelukan dalam sehari untuk memdukung pertumbuhan dan perkembangan anak.

Selain itu, berpelukan juga berpelukan juga bisa membantu menurunkan tingkat stres seseorang. Caranya dengan memperbaiki hormon yang dapat membantu lebih mudah terlelap. Tidur yang cukup dan berkualitas telah terbukti dapat menghindari tubuh dari stres.

  1. Memperbaiki Mood

Berpelukan dengan orang yang disayang ternyata juga bisa memperbaiki suasana hati alias mood. Hal itu terjadi karena peran dari zat kimia yang bernama oksitosin yang dilepaskan otak. Selain itu, mendekap orang yang disayang pun dapat meningkatkan produksi hormon serotin. Hormon ini bisa membantu membuat seseorang merasa lebih bahagia.

Saat terlalu lelah, sempatkanlah untuk memeluk orang tua agar tetap sehat dan lebih bahagia. Dengan mood yang baik, kesehatan organ tubuh secara keseluruhan pun akan lebih baik.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Rasa nyaman dan tenang yang timbul karena berpelukan pun dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Cobalah untuk rutin memeluk kedua orang tua untuk menjaga tekanan darah mereka lebih terkontrol. Hal ini berguna untuk menghindari penyakit hipertensi yang bisa menjadi pemicu terjadinya penyakit lain.

  1. Jantung Lebih Sehat

Detak jantung akan menjadi lebih normal dan teratur jika kamu mendapat “pasokan” pelukan yang dibutuhkan tubuh. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa sebuah pelukan hangat nyatanya dapat membantu menjaga jantung lebih sehat serta terlindung dari berbagai masalah.

Hal ini membuat para ahli menyarankan pelukan sebagai satu hal yang harus dilakukan secara teratur. Dan rasakanlah manfaatnya bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan!

  1. Menghindari Cemas Berlebihan

Saat mengalami satu pengalaman yang menakutkan, seperti mimpi buruk, rasa cemas adalah satu hal yang sulit dihindarkan. Misalnya ketika anak terbangun dari mimpi buruknya, maka pelukan dari sang ibu bisa membuatnya lebih tenang dan terhindar dari rasa takut berkepanjangan.

Jika anak dibiarkan mengalami hal buruk sendiri, tak menutup kemungkinan hal itu bisa berdampak buruk. Seperti sakit, cemas berlebih bahkan depresi.

Nah, terbukti kan sebuah pelukan hangat adalah hal yang baik bagi kesehatan? Bagi para orangtua, jangan pernah ragu untuk memeluk buah hatinya, ya. Memeluk anak bisa dibarengi dengan menanyakan kabarnya, apakah ia merasa sakit atau memiliki keluhan seputar kesehatan.

Jika ada, pakai aplikasi Halodoc untuk bicara dengan dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Membeli obat dan produk kesehatan serta melakukan lab test pun semakin mudah. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.   


Rekomendasi Artikel

IBU & ANAK

24 May 2018

Mengajarkan anak puasa sebaiknya dimulai sejak dini, agar saat ia sudah besar nanti, Si Kecil pun dapat menjal...

Selengkapnya

KEHAMILAN

23 May 2018

Sistem kerja hormon yang memberikan perubahan fisik dan mood kerap mengganggu aktivitas ibu hamil dalam merawa...

Selengkapnya

KECANTIKAN

23 May 2018

Tercatat ada sekitar 30.000 ahli bedah plastik di seluruh dunia dan 17 juta operasi setiap tahunnya untuk memu...

Selengkapnya