Rutin Konsumsi Telur Saat Hamil Trimester Kedua Baik untuk Janin?

hamil trimester kedua, manfaat telur untuk ibu hamil
KEHAMILAN 08 August 2018

Halodoc, Jakarta - Saat hamil, ibu tidak hanya perlu menjaga kondisi kesehatan, tetapi juga memenuhi setiap asupan nutrisi yang dibutuhkan demi menjaga kesehatan sang janin yang masih terus berkembang di dalam janin. Kabarnya, telur menjadi makanan yang wajib ada dan harus ibu konsumsi saat hamil trimester kedua. Mengapa demikian?

Ketika memasuki usia kehamilan trimester kedua, kalsium dan vitamin D menjadi dua nutrisi yang wajib ibu penuhi. Ini disebabkan karena trimester kedua menjadi masa ketika tulang dan gigi janin sedang berkembang. Kekurangan kalsium dan vitamin D membuat pertumbuhan keduanya tidak akan sempurna, sehingga janin akan rentan mengalami berbagai penyakit tulang. Nah, salah satu sumber makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D adalah telur.

Berbagai Kandungan Gizi Telur dan Manfaatnya

Setidaknya, ada sebanyak 12 vitamin dan mineral yang terdapat pada sebutir telur, terutama protein yang menjadi nutrisi terpenting untuk ibu hamil. Seorang pakar diet berikut penulis buku Expect the Best, Your Guide to Healthy Eating Before, During, and After Pregnancy menuturkan bahwa mengonsumsi telur akan menyumbang sekitar 90 kalori dan mencukupkan asupan protein untuk memaksimalkan perkembangan sel ibu sekaligus janin.

Tidak hanya itu, telur juga kaya akan kandungan kolin yang membantu memaksimalkan tumbuh kembang otak pada janin. Kolin juga berperan untuk mengurangi risiko terjadinya cacat tabung saraf. Kolin pun membantu si janin tumbuh secara maksimal. Lalu, kandungan omega-3 yang turut berperan dalam menjaga dan memaksimalkan kerja otak dan indera penglihatan pada bayi.

Baca juga: Ketahui Risiko Keguguran di Trimester Kedua

Telur dan Risiko Kolesterol

Pada dasarnya, mengonsumsi telur setiap hari saat hamil trimester kedua tidak menjadi masalah. Meski begitu, ibu tetap perlu memerhatikan asupan kolesterol pada tubuh. Kuning telur tinggi akan kandungan kolesterol, sehingga jika ibu memiliki kadar kolesterol tubuh yang terbilang tinggi, sebaiknya hindari konsumsi telur setiap hari, terlebih dengan jumlah lebih dari satu butir.

Oleh karena itu, penting untuk ibu menjaga asupan kolesterol dari makanan lain yang ibu konsumsi. Jika ibu tidak mampu melakukannya, sebaiknya konsumsi telur sebanyak tiga hingga empat butir setiap satu minggu. Namun, jika kadar kolesterol dalam tubuh ibu cenderung normal, konsumsi telur sebanyak satu hingga dua butir setiap harinya tidak menjadi masalah. Atau, jika ibu tetap ingin mengonsumsi telur setiap hari, sebaiknya hindari untuk memakan bagian kuningnya.

Kandungan Gizi Lain untuk Ibu Hamil Trimester Kedua

Selain kalsium dan vitamin D, jangan lupa untuk memenuhi asupan gizi berikut ini selama hamil trimester kedua:

1. Zat Besi

Semakin tua usia kehamilan, maka ibu akan membutuhkan lebih banyak zat besi, terlebih mendekati hari persalinan. Kebutuhan zat besi ini ditujukan untuk pembentukan sel darah merah yang memang semakin meningkat selama kehamilan. Agar tercukupi, pastikan makanan yang ibu konsumsi berupa sayuran hijau, sedikit daging merah, dan kacang-kacangan.

2. Folat

Folat menjadi nutrisi yang penting untuk mengurangi risiko terjadinya cacat lahir pada bayi, seperti misalnya spina bifida. Folat bisa didapatkan dari jeruk, kerang, ikan, dan ayam.

3. Seng

Seperti halnya folat, seng juga berperan penting untuk mengurangi terjadinya cacat pada bayi, kelahiran prematur, dan keterbatasan pertumbuhan. Makanan laut, daging, dan sayuran menjadi beberapa sumber makanan yang kaya akan kandungan seng.

Baca juga: Perlu Tahu, Arti Mimpi Ibu di Trimester Kedua

Telur memang baik untuk ibu hamil trimester kedua, tetapi tetap jaga asupan hariannya, terlebih jika ibu memiliki riwayat penyakit kolesterol. Selama hamil, selalu tanyakan segala permasalahan yang ibu alami demi menjaga kesehatan dan keselamatan sang buah hati. Pakai aplikasi Halodoc untuk memudahkan ibu bertanya jawab dengan dokter kapan saja dan di mana saja. Aplikasi Halodoc ini bisa ibu donwload di App Store dan Play Store.


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

16 August 2018

Bosan mengonsumsi daging kambing, ayam atau sapi? Coba deh cicipi daging rusa yang tak kalah bergizinya dari k...

Selengkapnya

KEHAMILAN

16 August 2018

Kualitas sperma dan ovum dipengaruhi oleh usia, benarkah? Simak faktanya di Halodoc, yuk!...

Selengkapnya

KECANTIKAN

16 August 2018

Xerostomia merupakan kondisi yang bisa dialami sesekali oleh siapapun. Khususnya dalam kondisi gugup atau cema...

Selengkapnya