Sehatnya 6 Makanan Ini, Ampuh Turunkan Risiko Kanker Payudara

Sehatnya Makanan Ini, Ampuh Turunkan Risiko Kanker Payudara
DIET & NUTRISI 05 February 2018

Halodoc, Jakarta – Angka kejadian kanker payudara masih tergolong tinggi. Data dari organisasi kesehatan dunia alias World Health Organization (WHO), pada tahun 2012 ada sekitar 40 dari 100.000 orang Indonesia yang terkena kanker payudara. Sayangnya, sebagian besar kasus tersebut terjadi pada wanita usia muda dan sedikit pada wanita usia lanjut.

Sejauh ini belum diketahui secara pasti faktor penyebab kanker payudara. Sebab bisa jadi penyebab kanker pada satu orang berbeda dengan orang lain. Namun, beberapa ahli berpendapat bahwa gaya  hidup yang tak sehat, yang kemudian menyebabkan obesitas alias kelebihan berat badan termasuk penyebabnya.

Salah satu cara paling ampuh untuk menurunkan risiko penyakit, termasuk risiko kanker payudara adalah dengan menjaga pola hidup sehat. Hidup sehat sering diartikan dengan rutin berolahraga, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, dan mengonsumsi  makanan yang sehat. Apa saja “makanan sehat” yang dapat menurunkan risiko kanker payudara?

1. Brokoli

Mengonsumsi sayuran hijau sangat disarankan untuk menurunkan risiko kanker. Dan salah satu yang terbaik adalah brokoli. Sebab jenis sayuran yang satu ini memiliki kandungan sulforaphane yang bisa berperan dalam mengurangi jumlah sel induk kanker payudara.

Brokoli juga mengandung senyawa aktif dan antioksidan yang dapat membunuh sel kanker yang berkembang dalam tubuh. Tentunya untuk mendapatkan manfaat penuh brokoli harus dikonsumsi dengan cara yang benar, seperti dikusus atau ditumis sebentar.

2. Ikan

Makanan lain yang masuk dalam daftar “makanan super” untuk melawan kanker adalah ikan. Terutama ikan salmon, sarden, makerel dan tuna.  Pasalnya, jenis ikan tersebut tinggi akan kandungan lemak omega 3.

Lemak omega 3 yang ada pada ikan berfungsi untuk mengurangi peradangan yang dapat memicu muculnya kanker payudara. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa rutin mengonsumsi ikan dapat menurunkan risiko kanker jenis karsinoma duktal, yakni jenis kanker payudara awal ganas yang dimulai saat sel-sel di dalam duktus (saluran susu) mulai membelah dan tumbuh dengan cara yang tidak normal dan tak terkendali.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sering dianjurkan sebagai minyak pengganti dalam proses penyajian makanan. Lebih populer dengan sebutan olive oil, minyak jenis ini memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baru-baru ini peneliti menyebut bahwa antioksidan dan asam oleat yang ada pada minyak zaitun dapat “membunuh” pertumbuhan sel-sel kanker yang ganas. Kamu disarankan untuk menambahkan 4 sendok makan minyak zaitun ke dalam satu porsi buah dan sayuran untuk menurunkan risiko kanker payudara hingga 68 persen.

4. Kopi

Rajin menyeruput secangkir kopi ternyata bisa membantu menurunkan risiko seseorang terkena kanker payudara. Hal itu berdasarkan sebuah penelitian dari Breast Cancer Research yang menyebut kemungkinan hubungan antara konsumsi kopi  dengan kanker payudara.

Para peneliti menyebut kopi memiliki kandungan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari sel kanker. Namun masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kebenarannya.

5. Seledri

Mengutip Eating Well, peneliti dari University of Missouri menemukan bahwa seledri dapat mengahambat pertumbuhan sel kanker. Peran zat apigenin dalam daun seledri disebut mampu meningkatkan pertahanan tubuh terhadap serangan tumor.

6. Kacang

Kacang-kacangan memiliki kandungan serat yang dapat menurunkan risiko kanker payudara. Jika kamu mengosumsi 10 gram serat dari kacang setiap harinya, maka risiko kanker pun akan menurun hingga 7 persen.

Selain makanan sehat, jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan kesehatan secara keseluruhan. Pakai aplikasi Halodoc untuk memudahkanmu bicara dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Membeli produk kesehatan pun semakin mudah dan hemat, pesanan akan diantar ke rumah, lho. Kamu juga bisa merencanakan pemeriksaan laboratorium dengan Lab Service. Yuk, download Halodoc sekarang!


Rekomendasi Artikel

OLAHRAGA

13 July 2018

Cuaca ‘ekstrem’ di Rusia bisa memengaruhi performa pemain di lapangan. Lalu, bagaimana cara pemain menyesuaik...

Selengkapnya

OLAHRAGA

13 July 2018

Membahas fisik dan skill, kira-kira menu latihan seperti apa sih yang bisa membuat otot bagian bawah tubuh pem...

Selengkapnya

IBU & ANAK

13 July 2018

Bagaimana dampak suplemen anak jika diberikan dengan cara yang kurang tepat? Berikut ulasannya....

Selengkapnya