Manfaat Green Coffee bagi Kesehatan dan Kecantikan

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 September 2023

“Kalau bosan dengan kopi hitam, tidak ada salahnya untuk mencoba kopi hijau. Ada berbagai manfaat green coffee bagi kesehatan, mulai dari menurunkan kolesterol hingga mengoptimalkan pertumbuhan rambut.”

Manfaat Green Coffee bagi Kesehatan dan KecantikanManfaat Green Coffee bagi Kesehatan dan Kecantikan

Halodoc, Jakarta – Selain kopi hitam, green coffee atau kopi hijau juga punya banyak manfaat. Green coffee adalah biji kopi yang tidak melalui proses, seperti pemanggangan atau lainnya yang dapat membuat warna biji kopi menjadi hitam. 

Namun, hal ini tidak membuat kopi hijau kekurangan kandungan nutrisi dan manfaat untuk kesehatan. Yuk, simak ulasan mengenai manfaat green coffee berikut ini!

Kandungan Nutrisi Green Coffee

Proses pemanggangan biasanya menghilangkan sebagian besar senyawa aktif dalam biji kopi. Namun green coffee tetap mempertahankan sebagian besar nutrisi dan manfaatnya.

Berikut ini kandungan nutrisi dalam 1 sendok (5 gram) green coffee:

  • Kalori: 20 kkal
  • Karbohidrat: 1 gram
  • Serat: 3 gram
  • Kalsium: 50 miligram
  • Kalium: 71 miligram
  • Kafein: 20 miligram

Selain itu, kopi hijau juga mengandung asam klorogenat, senyawa yang memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, antihipertensi, antiobesitas, antidiabetes, dan antikarsinogenik.

Ini membuat green coffee menjadi minuman yang sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat Green Coffee untuk Kesehatan

Umumnya, ekstrak biji kopi hijau banyak digunakan sebagai suplemen makanan. Namun, biji kopi hijau juga bisa diolah sebagai minuman seperti biji kopi hitam. 

Lalu, bagaimana dengan rasanya? Mengonsumsi secangkir green coffee tidak akan serupa dengan kopi hitam. Kopi hijau jauh terasa lebih lembut dibandingkan dengan kopi hitam. Bahkan, rasanya lebih serupa teh herbal daripada kopi.

Kopi hijau mengandung banyak asam klorogenat yang merupakan senyawa dengan efek antioksidan dan antiinflamasi yang baik untuk kesehatan. Berikut manfaat green coffe yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Sebuah penelitian pada Clinical and Experimental Hypertension pada 2006 silam menunjukkan bahwa kopi hijau ampuh menurunkan tekanan darah tinggi pada 117 respondennya. Para responden tersebut mengonsumsi kopi hijau dengan takaran tertentu selama 28 hari. Hasilnya tekanan darah mereka menjadi berkurang.

Hal ini terjadi karena kandungan asam klorogenat pada kopi hijau mampu menurunkan jumlah kortisol dalam aliran darah. Pemanggangan biji kopi membuat asam klorogenat yang bisa memengaruhi fungsinya dalam menurunkan kortisol.

Selain mengonsumi kopi hijau, pastikan kamu juga menjalani pola makan dan gaya hidup yang sesuai dengan kondisi kesehatan. Dengan begitu, manfaat kopi hijau akan terasa lebih optimal.

2. Meningkatkan suasana hati

Serupa dengan manfaat kopi pada umumnya, manfaat green coffee juga dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik.Sebab, kandungan kafein dalam kopi hijau meningkatkan jumlah dopamin dalam tubuh. 

Hormon dopamin adalah salah satu jenis hormon yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik. Namun, pastikan untuk mengonsumsi kopi ini dalam jumlah yang sesuai.

3. Menurunkan kadar gula darah

Green coffee juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Dengan begitu, kopi jenis ini cocok untuk dinikmati bagi kelompok yang berisiko mengalami diabetes.

Asam klorogenat pada kopi hijau mampu mengurangi penyerapan karbohidrat dalam usus. Selain itu, kandungan ini juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga menstabilkan kadar gula darah.

Kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi kopi hijau dalam bentuk ekstrak. Caranya sebanyak tiga kali dalam satu hari untuk menurunkan diabetes sebesar 30 persen. Pengonsumsian kopi hijau perlu bersama dengan pola makan yang sehat. 

Ketahui pola makan sehat bagi pengidap diabetes melalui artikel → Pola Makan Sehat yang Harus Diterapkan Pengidap Diabetes

4. Mencegah efek radikal bebas

Manfaat green coffee juga bisa mencegah bahaya radikal bebas pada tubuh. Radikal bebas bisa terjadi akibat paparan sinar matahari, radiasi, asap rokok, asap kendaraan, bahkan makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Apabila paparan radikal bebas pada tubuh berlebihan, hal ini dapat menyebabkan berbagai kerusakan sel dalam tubuh.

Kerusakan sel dalam tubuh mampu menyebabkan berbagai penyakit seperti kardiovaskuler, kanker, hipertensi, penuaan dini, dan lain-lain. Nah, kandungan antioksidan yang tinggi dalam green coffee mampu melawan radikal bebas dan menjaga sel-sel dalam tubuhmu dari kerusakan.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat green coffee lainnya adalah mencegah peningkatan kolesterol. Meskipun belum ada penelitian pada manusia, tetapi penelitian melalui hewan menunjukkan penurunan kolesterol plasma dan trigliserida sebanyak 40-50 persen setelah mengonsumsi ekstrak kopi hijau.

6. Meningkatkan energi

Bagi kamu yang memiliki aktivitas cukup padat, tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi kopi hijau sebagai minuman. Kandungan kafein pada kopi hijau membuat energi menjadi lebih baik.

Selain itu, asam klorogenat pada jenis kopi ini meningkatkan kemampuan kognitif yang membuat performa kamu menjadi lebih optimal.

7. Mencegah kanker

Kopi hijau juga mengandung asam klorogenat yang bersifat antioksidan, sehingga mampu menjaga kesehatan sel dan jaringan dalam tubuh. Terpenuhinya kebutuhan antioksidan mencegah munculnya perkembangan sel-sel abnormal pada tubuh yang berisiko meningkatkan penyakit kanker.

8. Menurunkan risiko penyakit kronis

Kandungan asam klorogenat pada green coffee juga membuat kamu terhindar dari berbagai penyakit kronis. Contohnya, seperti diabetes hingga penyakit jantung.

Selain mengonsumsi kopi jenis ini, kamu juga bisa cegah penyakit kronis dnegan gaya hidup tertentu. Simak selengkapnya di sini → 5 Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Penyakit Kronis

9.Menjaga kesehatan hati

Manfaat green coffee juga dapat membantu menjaga kesehatan hati dengan mendetoksifikasi limbah pada hati secara alami. Kandungan dalam kopi hijau dapat menghilangkan racun, kelebihan kolesterol, hingga lemak yang tidak perlu dari dalam hati.

Dengan kondisi hati yang baik, maka organ ini dapat berfungsi menjadi lebih optimal sehingga kesehatan tubuh terjaga dengan baik.

10. Menjaga kesehatan otak

Kopi hijau memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan otak. Meningkatkan kesehatan otak membuat kamu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, seperti Alzheimer dan demensia.

Manfaat Green Coffee untuk Kecantikan Rambut dan Kulit

Bukan hanya untuk kesehatan secara menyeluruh, ternyata green coffee juga memiliki manfaat khusus untuk kesehatan rambut dan kulit, loh

Nah, jika kamu memiliki beberapa permasalahan seputar rambut dan kulit, berikut manfaat green coffee yang perlu diketahui: 

1. Mencegah munculnya penuaan dini

Paparan radikal bebas yang berlebih bisa menyebabkan munculnya tanda penuaan dini lebih awal. Hal ini bisa kamu cegah dengan memenuhi kebutuhan antioksidan yang diperlukan pada kulit.

Menurut studi dalam jurnal Biocatalysis and Agricultural Biotechnology, kopi hijau mampu meningkatkan aktivitas antioksidan, kandungan fenolik, serta asam klorogenat yang bisa mengoptimalkan kesehatan kulit.

Kandungan tersebut dapat menjaga kesehatan kulit, khususnya mencegah munculnya tanda penuaan dini. Contohnya seperti kerutan halus, kulit kusam, hingga flek hitam.

2. Meningkatkan hidrasi kulit

Ekstrak biji kopi hijau bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit dengan membuatnya tetap terhidrasi dengan baik. Asam klorogenat tidak hanya menjaga kelembapan kulit, tetapi membantu mengoptimalkan aliran darah menuju kulit.

Dengan optimalnya aliran darah menuju kulit, artinya seluruh nutrisi dan oksigen yang diperlukan kulit dapat terpenuhi dengan baik. Saat kebutuhan nutrisi terpenuhi, maka kulit pun bisa menjadi lebih lembut dan halus.

3. Mencegah kerusakan rambut

Manfaat green coffee lainnya adalah mampu memcegah kerusakan rambut. Paparan polusi udara dan zat lainnya bisa menyebabkan kerusakan pada rambut. Kandungan antioksidan pada kopi hijau membuat rambut menjadi lebih sehat.

4. Membantu pertumbuhan rambut

Jika kamu ingin mengoptimalkan pertumbuhan rambut, tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi kopi hijau. Green coffee mengandung asam klorogenat yang bersifat antioksidan, sehingga baik untuk merangsang pertumbuhan rambut.

5. Terhindar dari infeksi kulit

Antioksidan pada kopi hijau mampu mencegah berbagai gangguan kesehatan pada kulit, seperti infeksi bakteri pada kulit. 

Kopi hijau juga bisa mencegah meningkatnya risiko diabetes yang bisa memicu berbagai penyakit kulit.

Nah, itulah manfaat green coffee untuk kesehatan tubuh, serta kecantikan rambut dan kulit. Jika kamu atau orang tuamu mengalami masalah kesehatan karena efek samping kopi atau masalah lainnya, jangan ragu untuk menanyakan kondisi pada dokter di aplikasi Halodoc.

Melalui fitur chat dengan dokter, kini berbincang dengan dokter bisa dengan mudah kamu lakukan kapan dan di mana saja. Yuk, coba sekarang!

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2023. Green Coffee – Uses, Side Effects, and More.
Coffee Affection. Diakses pada 2023. 10 Green Coffee Bean Extract Benefits (According to Science).
Well Curve. Diakses pada 2023. Green Coffee Benefits, Nutrition & Side Effects.
Medical News Today. Diakses pada 2023. How Does Green Coffee Bean Extract Work?
Emedicine Health. Diakses pada 2023. Green Coffee.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan