Sulit Bangun Sahur? Ini 7 Tipsnya

Sulit Bangun Sahur? Ini 7 Tipsnya
DIET 18 June 2017

Halodoc, Jakarta – Sahur merupakan aktivitas yang dilakukan oleh umat islam yang pada dini hari bagi yang akan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Hukumnya memang sunah atau tidak wajib, tapi sahur ini akan memengaruhi aktivitas dan kekuatan tubuh selama puasa seharian. Jika tidak sahur biasanya kamu akan merasa lemas menjalankan ibadah puasa. Sebagian orang masih merasa sulit untuk bangun sahur, dikarenakan kebiasaan tidur larut malam dan tidak terbiasa bangun pada sepertiga malam. Kamu tidak bisa menyepelekan sahur karena sahur yang menentukan puasa seharian. Inilah 7 tips yang ampuh dan mudah ini menjadi rekomendasi untuk kamu yang kesulitan untuk bangun sahur.

1.  Set Alarm
Pasang alarm dan letakkan jauh-jauh atau taruh di dalam gelas agar suara dering smartphone mu terdengar lebih keras dan pastinya akan membuat terbangun.

2.  Niat
Niatkan diri adalah hal pertama yang dilakukan dalam melakukan aktivitas apapun. Coba kamu niatkan sejak malam untuk bangun lebih awal untuk sahur. Dengan niat yang sungguh-sungguh, niscaya kamu akan bisa bangun sahur lebih awal.

3.  Jangan Konsumsi Makanan Berat Berlebihan
Jangan konsumsi makanan berat berlebihan khususnya pada malam hari atau sebelum tidur. Jika kamu makan secara berlebihan akan berpengaruh pada tubuh dan membuat kamu malas bangun.

4.  Tidur Lebih Awal
Tidur lebih awal membuat kamu bisa bangun sahur dengan cepat, karena tubuh telah beristirahat dengan cukup sehingga tidak susah untuk bangun lebih awal.

5.  Minta Bantuan Orang Rumah
Cobalah minta bantuan orang rumah untuk membangunkan sahur. Tips bangun sahur ini tentu membantu kamu selama bulan puasa, karena anggota keluarga lain di rumah biasanya memasang alarm serta bangun lebih awal.

6.  Hindari Kafein
Kafein adalah zat stimulan yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan menghilangkan rasa kantuk. Oleh karena itu hati-hati dalam memilih makanan dan minuman saat berbuka hindari yang mengandung kafein. Hidangan seperti coklat, teh, dan kopi diketahui bisa memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi untuk mengganggu rutinitas dan pola tidur.

7.  Jangan Olahraga Malam    
Agar terhindar dari rasa lemas dan tetap bugar selama berpuasa sebagian orang memilih untuk berolahraga menjelang atau setelah berbuka puasa. Perlu diketahui olahraga yang dilakukan terlalu dekat dengan jam tidur tidak baik. Alasannya karena olahraga malam memicu perubahan komposisi hormon dalam tubuh. Aktivitas fisik seperti olahraga memicu pelepasan hormon adrenalin yang bisa membuat seseorang semakin terjaga.


Tips bangun sahur di atas semoga membantu kamu untuk bangun sahur lebih awal, tidak lagi kesulitan untuk bangun. Lebih bersemangat dalam melaksanakan ibadah puasa terutama pada saat sahur. Agar puasa tidak terasa lemas tetap menjalani kegiatan sehari-hari tanpa terbebani keadaan puasa.


Kamu ingin berdiskusi atau berbicara dengan dokter spesialis terbaik tentang 7 tips bangun sahur di atas dan mengetahui cara bangun sahur tanpa rasa malas serta semangat saat sahur? Kamu bisa melakukannya melalui aplikasi kesehatan terkini yang memudahkan seperti Halodoc. Dengan aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang tips bangun sahur yang benar agar segera bangun dari tidur selain itu kamu juga bisa melakukan chat, video call atau voice call. Segera download aplikasi Halodoc pada Google Play dan App Store sekarang juga pada smartphone kamu untuk menggunakannya dan kamu pun bisa merasakan manfaat kemudahan berdiskusi atau berbicara dengan dokter tanpa perlu datang ke rumah sakit.


Baca Juga: Konsumsi 3 Makanan Sehat Ini Saat Sahur & Buka Puasa


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

12 December 2017

Mata ikan biasanya terjadi di telapak kaki dan terjadi akibat adanya gesekan atau tekanan terus menerus pada t...

READ MORE

KECANTIKAN

12 December 2017

Ketika kamu duduk bersila terlalu lama, tidur sambil menindih tangan dengan kepala, dan lain sebagainya bisa s...

READ MORE

OLAHRAGA

12 December 2017

Setelah bangun tidur, hal paling baik untuk dilakukan adalah melakukan peregangan. Peregangan dapat mengembali...

READ MORE