Tak Perlu Mahal, Ini 5 Olahraga Murah & Ringan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   21 Agustus 2017
Tak Perlu Mahal, Ini 5 Olahraga Murah & Ringan yang Bisa Dilakukan di RumahTak Perlu Mahal, Ini 5 Olahraga Murah & Ringan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Halodoc, Jakarta - Bila menginginkan tubuh yang sehat, salah satu cara yang bisa dilakukan selain mengatur pola makan dan mengonsumsi makanan yang bergizi adalah dengan berolahraga. Ada sebagian orang yang berpersepsi jika ingin melakukan olahraga harus membayar mahal di pusat kebugaran. Padahal faktanya tidak demikian. Olahraga bisa kamu lakukan di mana saja termasuk di rumah tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Namun bagi kamu yang tidak rajin berolahraga, rasanya untuk menggerakkan badan saja pasti sungguh malas.

Sudah terbukti banyak sekali manfaat dari olahraga yang bisa dirasakan untuk kesehatan bila secara rutin melakukannya, diantaranya meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan fungsi otak, mengurangi stres, dan menurunkan kolesterol. Bagi kamu yang ingin melakukan olahraga mudah di rumah, berikut ini 5 olahraga yang bisa kamu lakukan.

1.  Naik Turun Tangga
Tips olahraga yang pertama kamu bisa lakukan, yaitu naik-turun tangga. Bila rumah kamu bertingkat dua, kamu bisa memanfaatkannya untuk berolahraga. Dengan menaiki tangga bisa membakar dua kalori per menit. Bila kamu tidak memiliki tangga di rumah, kamu bisa menyiasati dengan mengusahakan untuk selalu menggunakan tangga daripada menggunakan lift setiap kali mengunjungi pusat perbelanjaan atau saat di kantor.

2.  Lompat Tali
Tips olahraga lain yang bisa dilakukan di rumah adalah lompat tali. Pasti sebagian dari kamu saat masih kecil pernahkan bermain lompat tali? Banyak yang mempersepsi jika lompat tali diperuntukkan oleh anak-anak. Padahal faktanya lompat tali tidak hanya untuk anak-anak saja. Lompat tali termasuk olahraga kardio yang bisa membantu menguatkan otot paha, bokong, lengan, dan bahu. Bila kamu melakukan lompat tali setiap 1 menit bisa membakar 10-15 kalori.

3.  Lompat Jongkok
Untuk melakukan olahraga mudah di rumah, kamu bisa melakukan lompat jongkok. Lakukan berulang selama 30 kali dengan istirahat 30 detik di antara set. Dengan melakukan lompat jongkok, kamu bisa membakar 100 kalori. Cara melakukannya yakni berjongkoklah namun jangan sampai bagian tumit menyentuh lantai. Kemudian ayunkan kedua tangan kamu sambil berdiri tegak. Bila kamu hanya memiliki waktu sebentar, lakukan selama 10 menit.

4.  Lari
Lari adalah salah satu olahraga yang murah namun dan memberikan banyak manfaat bila kamu melakukannya. Modal untuk melakukan lari adalah sepatu yang nyaman. Bila kamu tidak memiliki treadmill di rumah, kamu bisa melakukannya dengan berlari mengelilingi kompleks rumah sebelum atau sepulang kamu bekerja.

5.  Angkat Beban
Jenis olahraga mudah di rumah lain yang bisa kamu lakukan adalah angkat beban. Tips olahraga ini bisa membantu menguatkan otot-otot tubuh bagian atas kamu. Dalam melakukannya, kamu bisa menggunakan barbel.  Bila kamu tidak punya barbel di rumah, kamu bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan botol bekas air mineral yang bisa diisi pasir atau beras.


Bila kamu memerlukan saran lebih untuk melakukan olahraga di rumah, tak usah ragu untuk menggunakan berbagai pilihan metode komunikasi chat, video call dan voice call dari aplikasi HalodocDiskusi masalah kesehatan pun menjadi cepat, aman dan nyaman bersama Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!

 

BACA JUGA: Hindari Cedera, Lakukan Pemanasan Sebelum dan Sesudah Lari Berikut Ini

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan