Tips Bagi Para Suami Hadapi Mood Swing Ibu Hamil

menghadapi mood swing ibu hamil, perubahan hormon, ibu hamil
KEHAMILAN 27 June 2018

Halodoc, Jakarta – Wanita yang sedang hamil pasti akan mengalami banyak sekali perubahan dalam dirinya. Perubahan tersebut tidak hanya meliputi perubahan fisik, tetapi juga hormon di dalam tubuhnya. Nah, akibat perubahan hormon ini, wanita hamil pasti akan mengalami mood swing yang membuat emosinya meluap-luap. Kondisi seperti ini seringkali membuat suami kewalahan dan bingung untuk menghadapinya.

Baca juga: Siapa Lebih Emosional, Pria atau Wanita?

Sekadar informasi saja, perubahan hormon di dalam tubuh ibu hamil tidak hanya membuat emosinya menjadi tidak stabil, tapi juga membantu menjaga kehidupan janin dalam kandungan. Oleh sebab itu, suami harus bisa memahami betul kondisi tersebut. Nah, berikut ini terdapat beberapa tips bagi para suami menghadapi mood swing ibu hamil:

  1. Bersabar

Saat pasangan suami istri saling beradu pendapat, maka biasanya pasti akan sulit menemukan jalan keluar. Jika kondisi istri sedang hamil, suami harus mau mengalah. Suami harus lebih tabah menghadapi mood swing, sebab kondisi ini tidak akan berlangsung lama. Gunakan rasa empati, toleransi, dan pastinya rasa sayang untuk saat seperti ini. Perlakukan istri sebaik mungkin, sebab istri sedang mengandung buah hati kalian, sehingga kondisi kesehatan fisik dan psikisnya harus selalu baik.

  1. Hindari Rasa Dendam

Suami sangat dilarang menyimpan dendam karena perkataan istri selama hamil. Suami harus ingat bahwa teriakan, tangisan, dan ucapan yang keluar dari mulut istri merupakan akibat dari kondisi hormonal yang mengalami perubahan. Suami harus berusaha untuk merespon perkataan dan perbuatan istri dengan kalimat yang bernada hiburan atau penuh kasih sayang. Suami pun boleh mengajak istri bercanda setelah pertengkaran selesai agar suasana hatinya kembali membaik.

  1. Jaga Pola Makan

Saat hamil, cobalah untuk tidak mengonsumsi makanan tidak sehat di depan istri seperti junk food, minuman beralkohol, dan juga rokok. Untuk sementara waktu, suami dapat menemani istri menjalani hidup sehat dengan menghentikan kebiasaan buruk seperti yang disebutkan tadi. Agar istri senang, suami juga dapat sesekali membawakan makanan kesukaan istri. Namun, pastikan agar makanan tersebut sehat agar tidak menyebabkan masalah.

  1. Cari Tahu Informasi Mengenai Kehamilan

Karena suami tidak merasakan kondisi yang istri alami, ada baiknya suami mencari tahu informasi lengkap mengenai kehamilan. Dengan mengetahui informasi lengkap mengenai kehamilan, maka suami akan menjadi lebih mengerti perubahan-perubahan yang dialami sang istri dan akan mampu menghadapi mood swing dengan lebih bijak. Suami pun dapat ikut memantau perkembangan kehamilan yang sehat, serta berpartisipasi secara langsung demi kesehatan ibu dan calon bayi di dalam kandungan.

  1. Ajak Jalan-Jalan

Apabila suami dan istri sudah sangat penat, tidak ada salahnya pergi jalan-jalan bersama agar semua kepenatan sirna. Saat usia kandungan sudah cukup pun, suami dapat mengajak istri untuk melakukan babymoon. Namun, jika risikonya terlalu berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin, suami dapat mengajak istri untuk sekadar menonton di bioskop, berbelanja, atau olahraga bersama. Yang terpenting ialah selalu membuat istri merasa nyaman dan melupakan stres dan cemas yang ia rasakan.

Baca juga: 4 Manfaat Babymoon bagi Ibu Hamil

Suami juga bisa mengajak istri untuk membicarakan tentang masalah psikis yang dialami dengan dokter atau psikolog lewat aplikasi Halodoc. Tanpa perlu keluar rumah, ibu bisa ngobrol dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

19 July 2018

Nah, agar kesehatan tubuh tetap terjaga selama lembur, ada beberapa makanan yang perlu dikonsumsi saat lembur...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

19 July 2018

Banyak orang yang hanya memakan buah pepaya dan langsung membuang bijinya karena merasa tidak bermanfaat. Jang...

Selengkapnya

IBU & ANAK

19 July 2018

Salah satu hal yang dapat membantu perkembangan anak secara psikis adalah dengan membiarkannya tidur sendiri. ...

Selengkapnya