Tips Cerdas Agar Anak Makan dengan Lahap

IBU & ANAK 21 November 2017

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan orang tua pernah mengalami masa-masa dimana si kecil susah sekali disuruh makan atau bahkan tidak mau makan sama sekali. Kondisi ini bisa menyebabkan orang tua frustrasi dan hampir menyerah. Karena rasa cemas jika kebutuhan gizi dalam tubuh anak tidak terpenuhi, akhirnya membuat orang tua terus mencari berbagai cara agar anaknya mau makan. Nah, coba deh, lakukan cara-cara berikut untuk meningkatkan nafsu makan si kecil.

Dalam masa pertumbuhannya, si kecil perlu mengonsumsi banyak makanan bergizi agar dapat memiliki berat badan yang normal, bertambah tinggi dan sehat. Beberapa nutrisi penting juga diperlukan untuk perkembangan otak dan tulangnya agar ia bisa aktif bermain dan mampu belajar dengan baik. Ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan si kecil tidak nafsu makan, seperti tampilan makanan yang kurang menarik, rasa yang kurang merangsang lidah anak, atau pengaruh obat-obatan yang diminum anak. Coba deh, ibu lakukan cara-cara berikut untuk meningkatkan nafsu makan anak. Siapa tahu anak akan langsung makan dengan lahap.

  • Biasakan Sarapan

Langkah pertama yang bisa ibu lakukan adalah dengan membiasakan si kecil untuk sarapan. Dengan mendorong anak untuk sarapan, ibu memberikan si kecil asupan energi yang diperlukannya untuk dapat melakukan berbagai kegiatan dengan lincah dan semangat. Sarapan juga dapat merangsang metabolisme tubuh untuk bekerja secara optimal setelah perutnya kosong saat malam hari. Mendisiplinkan anak untuk sarapan dapat menjadi cara agar ia dapat makan dengan teratur.

  • Ajak Si Kecil Melakukan Aktivitas Fisik

Mengajak si kecil bermain dan melakukan kegiatan yang mengeluarkan banyak tenaga, seperti lompat tali, kejar-kejaran, berenang dan lain-lain akan membuat si kecil cepat merasa lapar. Jika sudah lapar, si kecil akan cenderung bernafsu untuk makan dan mencoba apapun masakan yang dibuat ibu.

  • Jangan Memaksa

Hindari cara memaksa untuk membuat anak makan. Cara tersebut akan membuat anak merasa stress ketika tiba waktunya makan, sehingga makan menjadi hal yang tidak menyenangkan.

  • Sajikan Makanan dengan Tampilan Menarik

Ibu bisa membuat tampilan makanan menjadi lebih menarik agar anak mau makan. Misalnya, membuat makanan menjadi ‘meriah’ dengan kombinasi sayuran berwarna-warni, atau ibu bisa menggunakan nasi, sayur-sayuran dan daging untuk membentuk tokoh kartun yang disukainya. Dengan begitu, ibu dapat membuat anak memakan berbagai jenis makanan yang bergizi. 

  • Beri Anak Makan Sering Dalam Porsi Kecil

Menyajikan satu piring penuh makanan mungkin akan membuat si kecil tidak bernafsu untuk makan. Nah, ibu bisa mengakalinya dengan membagi makanan dalam porsi yang kecil dan bergizi tinggi. Menyiapkan makanan dalam porsi kecil lebih mudah, dan anak pun akan lebih mampu untuk menghabiskannya. Tapi ibu perlu memberi makan pada anak lebih sering jika ingin menggunakan cara ini.

  • Aroma yang Menggiurkan

Ketertarikan anak untuk makan bisa dirangsang melalui indera penciumannya. Setelah selesai memasak, ibu bisa langsung mengajak anak untuk makan selagi makanan masih mengeluarkan aroma harum dan hangat. Atau coba dengan cara menghangatkan kembali makanan sebelum menyajikan kepada anak agar ia mau makan.

  • Ajak Anak Ikut Memasak

Libatkan anak mulai dari ketika ibu berbelanja makanan sampai proses memasak, hingga menyajikan makanan. Tanyakan kepada anak, makanan apa yang ingin ia makan agar ibu bisa tahu makanan kesukaannya. Lalu, ajak dia ikut ‘memasak’ dengan memberinya tugas mencuci sayur-sayuran. Selagi ia mencuci sayuran, ibu bisa sambil menjelaskan kepadanya bahwa sayuran itu enak dan baik untuk tubuh. Ketika makanan sudah jadi, mintalah si kecil untuk membawakannya ke meja makan. Dengan cara tersebut, anak dapat melihat proses makanan dibuat dan menjadi tertarik untuk makan.

Selamat mencoba ya dan semoga berhasil membuat si kecil makan dengan lahap. Jika ibu ingin mengetahui lebih informasi seputar nutrisi anak dan tips menghadapi tingkah laku anak, langsung saja hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Ibu bisa berdiskusi dan meminta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat untuk dapat kapan saja dan dimana saja. Selain itu, Halodoc juga memudahkan ibu untuk membeli vitamin dan produk kesehatan yang dibutuhkan. Tidak perlu keluar rumah, hanya tinggal order dan pesanan akan diantar ke tempat tujuan dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

19 July 2018

Nah, agar kesehatan tubuh tetap terjaga selama lembur, ada beberapa makanan yang perlu dikonsumsi saat lembur...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

19 July 2018

Meski rasanya lezat, camilan dalam kemasan dapat membahayakan tubuh. Antara lain: mengganggu tekanan darah, gu...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

19 July 2018

Makan malam bikin gemuk, masa sih? Agar kamu enggak penasaran, simak penjelasan tentang makan malam berikut in...

Selengkapnya