• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bolehkah Anak Minum Es saat Sakit Gigi?

Bolehkah Anak Minum Es saat Sakit Gigi?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Banyak orang mengeluhkan rasa sakit yang ditimbulkan saat mengalami gangguan pada gigi. Orang yang mengalaminya dapat merasakan sakit pada seluruh tubuh. Hal tersebut mampu menyebabkan seluruh kegiatan harian menjadi terganggu. Sakit gigi bisa menyerang orang dewasa dan juga anak-anak karena kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Saat sakit gigi menyerang, banyak orang yang berusaha mencari solusi cepat agar rasa sakit yang timbul dapat diredam. Beberapa orang memilih cara dengan mengonsumsi air es agar serangan yang terjadi menjadi lebih baik. Saat anak sakit gigi, bolehkan ia minum es?

Baca juga: Cara Alami dan Mudah Redakan Sakit Gigi

Minum Es saat Anak Sakit Gigi

Banyak orang yang tahu jika salah satu cara untuk membuat sakit gigi menjadi lebih baik adalah dengan mengompres area yang mengalaminya. Namun, bagaimana dengan minum es saat sakit gigi timbul, terlebih lagi jika dilakukan oleh anak-anak?

Seseorang yang mengisap es batu dapat merasakan jika sakit gigi yang menyerangnya akan menjadi lebih baik setelahnya. Es batu dapat digunakan sebagai obat saat mengisapnya dan membiarkan es tersebut terus berada di area sakit hingga mencair secara perlahan yang dapat menghilangkan rasa sakit. Es dapat berguna untuk menekan saraf di bagian gusi meskipun hanya untuk sementara.

Namun, beberapa orang termasuk juga anak-anak, mengonsumsi es saat sakit gigi memang karena menginginkannya. Hal tersebut boleh dilakukan asal dapat memastikan jika minum es saat sakit gigi dapat menghilangkan dampak buruknya dan tidak menambah area tersebut menjadi lebih sensitif. Jika dirasa minum es dapat membuat gangguan menjadi lebih parah, cobalah untuk menggunakan sedotan agar cairan tidak melewati gigi dan langsung masuk ke tenggorokan.

Meski begitu, anak-anak sebaiknya menghindari untuk mengonsumsi es saat sakit gigi jika memiliki gigi yang sangat sensitif. Saat seseorang memiliki gigi yang hipersensitif, sakit gigi yang terjadi dapat menjadi lebih parah ketika mengonsumsi es. Akhirnya, rasa sakit yang timbul menjadi semakin parah alih-alih dari tujuan sebelumnya agar menjadi lebih baik.

Namun, jika ibu masih memiliki pertanyaan atau merasa kebingungan, dokter dari Halodoc dapat menjelaskannya lebih rinci. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan.

Baca juga: Obat Sakit Gigi Alami, Ampuh atau Tidak untuk Nyeri?

Cara Mengobati Sakit Gigi pada Anak

Lalu, apa saja yang dapat dilakukan untuk mengobati sakit gigi pada anak?

  1. Meminta Anak Memberitahu Area yang Sakit

Hal pertama yang dapat ibu lakukan jika anak mengalami sakit gigi adalah bertanya terkait area yang menimbulkan rasa sakit. Setelah ditunjukkan, ibu juga dapat memintanya menjelaskan rasa sakit yang dialaminya. Jika Si Kecil belum dapat berbicara dengan jelas, ibu dapat mencari area yang membengkak atau kemerahan di sekitar gusi dan pipi. Dengan begitu, ibu bisa masuk ke langkah selanjutnya.

  1. Mencoba Pembersihan dengan Floss

Ibu juga dapat membantu anak untuk menghilangkan sisa makanan yang tersangkut di antara gigi dengan floss. Pastikan untuk selalu berhati-hati dan perlahan saat membersihkan dengan benang karena dapat menyebabkan gusi mengalami iritasi.

  1. Minta Anak untuk Berkumur dengan Air Garam

Cara selanjutnya agar sakit gigi dapat teratasi adalah meminta anak untuk berkumur dengan air garam. Cara membuatnya adalah mencampurkan satu sendok teh berisi garam dengan air hangat. Kumur-kumur air tersebut selama 30 detik, lalu muntahkan cairan tersebut. Dengan melakukan ini, segala bakteri yang ada di dalam mulut akan terbunuh dan membuat penyembuhan lebih cepat.

  1. Menempelkan Kompres Dingin

Ibu juga dapat mengompres bagian pipi anak yang membengkak dengan es agar rasa sakit dapat diatasi. Cara melakukannya hanya dengan membungkus es dengan handuk atau kain kecil, lalu tempelkan pada area yang sakit. Tempelkan kompres tersebut selama 15 menit agar memberikan efek positif.

Baca juga: Benarkah Enggak Boleh Minum-Minuman Panas saat Sakit Gigi?

Itulah pembahasan mengenai boleh tidaknya anak untuk mengonsumsi minuman es saat sakit gigi. Dengan mengetahui fakta terkait hal tersebut, ibu dapat memberikan saran yang baik pada anak agar lebih cepat sembuh. Sehingga, sakit gigi yang menyerang tidak terjadi secara berlarut-larut.

Referensi:
Kid’s Dentistree. Diakses pada 2020. What to Do if Your Child Has a Toothache.
Alan Golden. Diakses pada 2020. What Should I Do If My Child Has A Toothache?