• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bolehkah Bayi MPASI dengan Ubi Ungu?

Bolehkah Bayi MPASI dengan Ubi Ungu?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Saat memilih jenis makanan untuk dijadikan makanan pendamping ASI (MPASI) untuk Si Kecil, ibu tentunya ingin memilih yang terbaik. Tidak hanya mempertimbangkan soal rasa, ibu juga ingin memastikan makanan yang ibu pilih aman dan menyehatkan untuk Si Kecil. 

Di antara berbagai jenis ubi jalar, ubi kuning mungkin yang paling umum dijadikan MPASI untuk bayi. Namun, ubi ungu ternyata tidak kalah unggul dibandingkan ubi kuning. Ubi ungu adalah salah satu sumber karbohidrat yang punya banyak nutrisi, sehingga makanan tersebut dianggap menyehatkan dan baik untuk dikonsumsi. Namun, bolehkah ubi ungu dijadikan MPASI bagi bayi?

Baca juga: 6 Makanan Sehat bagi Anak yang Mulai MPASI

Manfaat Ubi Ungu untuk MPASI Bayi 

Jawabannya adalah ya! Selain punya warna yang menarik dan rasa yang enak, ubi ungu dipenuhi dengan berbagai nutrisi baik yang penting untuk pertumbuhan bayi, sehingga bisa menjadi pilihan yang baik untuk MPASI.

Ubi ungu kaya akan kalium, vitamin B6 dan vitamin C. Selain itu, umbi-umbian yang satu ini juga mengandung antosianin, glikoprotein, karoten, dan unsur gizi lainnya yang baik untuk bayi. Berikut manfaat ubi ungu untuk bayi:

  • Mengatasi Sembelit

Ubi ungu kaya selulosa yang meningkatkan gerakan peristaltik usus. Kandungan tersebut juga membersihkan zat racun dalam tubuh manusia, mengeluarkannya dari tubuh dan menjaga agar buang air besar tidak terhalang. Selain itu, kandungan antosianin yang tinggi dalam ubi ungu juga bermanfaat memperkenalkan antimikroba yang membantu membersihkan bakteri dalam usus yang tidak bersahabat.

Itulah mengapa ubi ungu dapat mencegah sembelit secara efektif, sehingga Si Kecil dapat buang air besar dengan lancar.

Baca juga: 4 Penyebab Bayi Dapat Mengalami Konstipasi

  • Meningkatkan Kekebalan

Ubi ungu juga kaya mineral dan musin yang dapat mengurangi disfungsi tubuh manusia, mengeluarkan racun dari tubuh manusia dan meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan memberikan ubi ungu, ibu bisa meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil.

  • Baik untuk Kesehatan Mata

Antosianin adalah antioksidan yang dapat berkontribusi pada sintesis dan regenerasi retina dan retinoid. Kandungan ini banyak ditemukan pada ubi ungu yang bermanfaat untuk perkembangan kesehatan mata bayi. 

Antosianin juga adalah kandungan yang berperan dalam memberi warna cerah dan menarik pada umbi-umbian, sehingga menarik di mata Si Kecil dan membangkitkan rasa ingin tahunya. Fakta menariknya, antosianin adalah antioksidan yang sama yang memberi warna pada blueberry, kismis, dan anggur ungu.

  • Anti Kanker

Ubi ungu kaya akan selenium, unsur mikro yang mudah diserap dalam tubuh bayi. Kandungan ini juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara efektif, sehingga mencegah kanker pada bayi.

Ubi Ungu Aman untuk Bayi

Ubi ungu juga aman untuk dikonsumsi bayi bila dikupas, dipotong kecil-kecil, dan dimasak sampai lunak. Selain itu, meskipun reaksi alergi bisa disebabkan oleh makanan apa pun, ubi ungu sangat jarang menyebabkan alergi. Namun, ibu dianjurkan untuk tetap memperhatikan bayi saat mencoba memberi makanan baru pada nya untuk memantau reaksi alergi.

Cara Menyiapkan MPASI Ubi Ungu untuk Bayi

Keunggulan ubi ungu lainnya yang membuatnya cocok untuk dijadikan MPASI Si Kecil adalah karena umbi-umbian tersebut mudah diolah. Ada banyak pilihan cara yang bisa ibu coba lakukan untuk mengolah ubi ungu menjadi MPASI untuk Si Kecil:

  • Puree Ubi Ungu

Ibu bisa membuat puree ubi ungu dengan cara mencampurkan 3 sendok makan ASI ke dalam ubi ungu yang sudah direbus atau dikukus dan dihaluskan.

  • Jus Ubi Ungu

Selain puree, ibu juga bisa membuat jus ubi ungu untuk Si Kecil. Caranya mudah, cukup campurkan ubi ungu yang sudah dikukus dengan beberapa sendok ASI, lalu blender sampai benar-benar lembut.

  • Camilan Ubi Ungu

Bagi bayi yang sudah lebih besar, ibu bisa membuatkan camilan ubi ungu. Caranya dengan memotong-motong ubi ungu yang sudah dikukus menjadi berbagai macam bentuk, sehingga Si Kecil lebih tertarik untuk memakannya.

Baca juga: Ikan Gabus sebagai Menu MPASI Si Kecil, Ini Cara Mengolahnya

Bila ibu ingin bertanya-tanya mengenai makanan lain sebagai MPASI, tanyakan saja pada ahlinya dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Solid Starts. Diakses pada 2020. Purple Potatoes.
How To Be Healthy. Diakses pada 2020. Can babies eat purple potatoes: benefits and recipes.