Bolehkah Konsumsi Obat Batuk Saat Ibu Menyusui?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Bolehkah Konsumsi Obat Batuk Saat Ibu Menyusui?

Halodoc, Jakarta – Batuk yang menyerang saat masa menyusui memang sangat membingungkan. Di satu sisi, batuk yang tidak diobati bisa menjadi semakin parah dan mengganggu, bahkan bisa menular pada Si Kecil. Di sisi lain, ibu merasa khawatir memengaruhi ASI yang dikonsumsi bayi. Namun jangan khawatir, ibu menyusui ternyata boleh konsumsi obat batuk, lho. 

Saat batuk menyerang, ibu menyusui harus pintar-pintar memilih jenis obat yang dikonsumsi. Hal itu penting dilakukan untuk menghindari kandungan berbahaya dalam obat yang bisa memengaruhi ASI. Ada beberapa jenis kandungan dalam obat batuk yang harus ibu hindari, sebab kandungan obat tersebut bisa mengalir ke dalam ASI dalam jumlah kecil. Kandungan itu juga bisa masuk ke dalam tubuh bayi. Sebaiknya, selalu bicarakan dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk konsumsi obat batuk selama menyusui. 

Baca juga: 7 Jenis Batuk yang Perlu Diketahui

Ganti dengan Obat Batuk Alami 

Kandungan yang ada di dalam obat batuk bisa memengaruhi ASI, bahkan masuk ke dalam tubuh bayi. Namun, sebenarnya ada beberapa jenis obat batuk yang tergolong aman untuk dikonsumsi ibu menyusui. Agar lebih aman dan jelas, pastikan untuk bertanya dan membicarakan hal ini pada dokter. Tujuannya untuk menghindari dan tidak membahayakan produksi ASI. 

Jika ibu masih ragu dan enggan untuk mengonsumsi obat batuk saat menyusui, coba ganti dengan obat batuk alami. Nyatanya, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala batuk, misalnya dengan banyak minum air putih, cukup beristirahat, melakukan terapi uap, dan berkumur dengan air garam.

Baca juga: 4 Gangguan Kesehatan yang Sering Dialami Ibu Menyusui

Batuk saat masa menyusui juga bisa diredakan dengan mengonsumsi air hangat yang dicampur dengan madu dan perasan air lemon. Rutinlah konsumsi ramuan ini agar gejala batuk yang mengganggu bisa segera hilang. Namun, sebaiknya ibu menyusui yang memiliki riwayat penyakit lambung lebih berhati-hati saat mengonsumsi air lemon. Selain itu, ada berbagai jenis obat alami lain yang bisa dicoba untuk meredakan batuk, di antaranya: 

  • Madu 

Madu sudah lama dikenal ampuh mengatasi gejala batuk. Obat alami ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gejala batuk pada ibu menyusui. Ibu bisa mengonsumsi madu secara langsung atau mencampurkannya dengan air hangat.  Batuk selama menyusui juga bisa diatasi dengan mencampurkan madu dengan teh hangat dan perasan jeruk lemon. Rutin mengonsumsi ramuan ini bisa membantu melegakan tenggorokan. 

  • Nanas 

Selain madu, mengonsumsi nanas juga bisa membantu mengatasi gejala batuk pada ibu menyusui. Buah nanas mengandung bromelain yang diduga dapat membantu mengeluarkan lendir dari dalam tenggorokan serta meredakan batuk.

  • Yogurt

Batuk menyerang saat menyusui? Cobalah untuk mengonsumsi yogurt. Jenis minuman fermentasi ini dikenal memiliki kandungan probiotik yang merupakan bakteri baik bermanfaat. Probiotik tidak bekerja langsung untuk menghilangkan batuk, tetapi probiotik dapat mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh, sehingga penyembuhan bisa terjadi segera. Konsumsi probiotik juga bisa membantu menyeimbangkan bakteri yang hidup di usus. Namun, sebaiknya konsumsi yogurt tidak dilakukan secara berlebihan karena bisa membuat dahak di tenggorokan semakin kental. 

Baca juga: Mitos & Fakta Tentang Menyusui

Ibu bisa minta saran dokter seputar obat batuk yang aman dikonsumsi di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dengan dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips memilih obat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Health. Diakses pada 2019. Breastfeeding and Medicines.
NHS UK. Diakses pada 2019. Can I Take Cough and Cold Remedies while I'm Breastfeeding?
Healthline. Diakses pada 2019. The Best Natural Cough Remedies.
Web MD. Diakses pada 2019. Cough Relief: How to Lose a Bad Cough.