• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bolehkah Lakukan Double Cleansing pada Kulit Wajah Kering?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bolehkah Lakukan Double Cleansing pada Kulit Wajah Kering?

Bolehkah Lakukan Double Cleansing pada Kulit Wajah Kering?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 02 November 2022

“Jika kamu memiliki jenis kulit wajah yang kering, pastikan kamu menggunakan produk yang tepat saat melakukan double cleansing. Hal ini dilakukan untuk mencegah kulit wajah menjadi lebih kering.”

Bolehkah Lakukan Double Cleansing pada Kulit Wajah Kering?Bolehkah Lakukan Double Cleansing pada Kulit Wajah Kering?

Halodoc, Jakarta – Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, tentunya kamu perlu merawat kulit dan menjaga kebersihannya. Apalagi jika kamu sering menggunakan riasan pada wajah, sebaiknya jangan asal saat membersihkannya karena dapat memicu berbagai gangguan pada kulit wajah.

Membersihkan kulit wajah dengan proses double cleansing memang disarankan. Namun, bagaimana jika kamu memiliki jenis kulit kering pada wajah? Yuk, simak ulasan mengenai double cleansing pada kulit wajah kering yang tepat berikut ini!

Double Cleansing untuk Kulit Wajah Kering

Double cleansing adalah proses membersihkan wajah dengan dua pembersih yang berbeda. Biasanya produk pertama akan memiliki bahan dasar minyak atau oil cleanser. Sedangkan, pembersih yang kedua menggunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit wajah. 

Tujuan membersihkan wajah dengan dua proses seperti ini agar wajah dapat bersih secara optimal. Oleh karena itu, ini tidak akan meninggalkan kotoran atau debu pada kulit wajah yang dapat memicu gangguan kesehatan pada kulit wajah.

Lalu, bagaimana dengan wajah yang kering? Bagi pemilik kulit wajah yang kering, melakukan pembersihan wajah ganda dapat membuat kulit lebih kering atau iritasi. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa melakukan proses pembersihan wajah ini.

Kamu disarankan untuk memastikan jenis pembersih yang sesuai dengan jenis kulit. Pilihlah produk pembersih wajah yang lembut, menghidrasi, menenangkan, dan bebas dari pewangi atau parfum. 

Selain produk yang berbahan dasar minyak, kamu juga bisa menggunakan micellar water. Produk ini sangat efektif untuk menghilangkan kotoran, debu, hingga riasan wajah. Penggunaan micellar water juga tidak menghilangkan kelembapan alami kulit sehingga tidak memicu kulit bertambah kering.

Kamu juga bisa melakukan pembersihan ganda saat kamu menggunakan riasan wajah yang waterproof dan perawatan wajah dengan bahan dasar minyak. Namun, jika kamu tidak menggunakan riasan wajah dan tanpa produk wajah dengan bahan dasar minyak setiap hari, double cleansing sebaiknya tidak dijadikan rutinitas. 

Cara Melakukan Double Cleansing

Sebelum melakukan pembersihan wajah ganda, pastikan kamu mencuci tangan terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa memilih untuk membersihkan wajah menggunakan cleansing balm, oil cleanser, atau micellar water.

Bersihkan wajah secara perlahan, hingga riasan wajah dan kotoran pada wajah menghilang. Pada bagian ini, kamu tidak perlu mencampur produk pembersih wajah dengan air. 

Namun, setelah riasan wajah dan kotoran mulai menghilang, kamu bisa membilas pembersih wajah yang pertama menggunakan air hangat. Hindari air bilasan yang terlalu panas karena dapat memicu kulit kering. Sedangkan, air yang terlalu dingin membuat pembersih wajah berbahan dasar minyak sulit dibersihkan.

Setelah wajah bersih, keringkan wajah dengan handuk wajah yang lembut. Kemudian, kamu bisa untuk melanjutkan ke proses pembersihan wajah yang kedua.

Pada proses yang kedua, kamu bisa menggunakan sabun wajah, facial foam, atau gel cleanser. Sebelum menggunakan produk tersebut, pastikan wajah dalam kondisi yang basah. Tuang sabun wajah pada telapak tangan, kemudian ratakan pada kedua telapak tangan.

Kemudian, bersihkan dan pijat wajah secara perlahan. Jangan lupa bagian-bagian seperti dahi hingga bagian leher juga bisa kamu bersihkan menggunakan sabun wajah. Setelah semua bagian wajah telah dibersihkan, bilas dengan air hingga benar-benar bersih.

Setelah itu keringkan lagi wajah menggunakan handuk wajah yang lembut. Agar kulit tidak semakin kering, kamu bisa langsung menggunakan pelembap wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Kamu bisa tanyakan langsung pada dokter kulit mengenai perawatan wajah yang tepat untuk kulit wajah yang kering. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Double Cleansing Method Explained: Should You Try It?
Cosmopolitan. Diakses pada 2022. Double Cleansing: What It Is and How to Do It for Clearer Skin.
Healthline. Diakses pada 2022. A Beginner’s Guide to Double Cleansing.