• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bolehkah Melakukan Hubungan Intim Mendekati Tanggal Persalinan?

Bolehkah Melakukan Hubungan Intim Mendekati Tanggal Persalinan?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Memasuki kehamilan trimester 3, ibu mungkin bertanya-tanya, masih bolehkah melakukan hubungan intim sambil menunggu kelahiran Si Kecil? Katanya, melakukan hubungan intim mendekati hari persalinan juga bermanfaat sebagai induksi alami, sehingga memudahkan proses menuju persalinan. Benarkah demikian?

Seks sudah diketahui aman dilakukan selama masa kehamilan, dengan catatan kehamilan ibu sehat dan tidak mengalami masalah. Aktivitas seksual tersebut bukan hanya meningkatkan suasana hati ibu hamil, tapi juga memberikan manfaat kesehatan. Meski begitu, ada hal-hal yang perlu ibu ketahui terlebih dahulu bila ingin melakukan hubungan intim pada kehamilan trimester 3.

Baca juga: Ini yang Dilarang Dilakukan Ibu Hamil di Trimester Ketiga

Amankah Hubungan Intim Menjelang Persalinan?

Seks saat hamil paling baik dilakukan pada trimester kedua kehamilan, karena pada masa itu, gejala-gejala yang membuat ibu tidak nyaman pada trimester pertama perlahan akan mulai menghilang. Kekuatan dan vitalitas ibu akan kembali pulih pada trimester kedua, sehingga ibu dapat lebih menikmati melakukan hubungan seks dengan pasangan. 

Bila kehamilan ibu sehat dan tidak ada anjuran dari dokter untuk menjauhi seks, ibu pun masih boleh melakukan hubungan intim pada usia kehamilan 40 minggu atau kehamilan trimester 3.

Meski begitu, perut yang sudah sangat besar dan payudara yang lebih sensitif membuat ibu tidak terlalu nyaman untuk melakukan hubungan intim pada masa kehamilan ini. Selain itu, di hari-hari menjelang persalinan,

banyak wanita hamil yang kehilangan gairah untuk melakukan hubungan intim. 

Namun, bila ibu sedang ingin melakukan hubungan intim, jangan khawatir untuk melakukannya. Bagaimanapun juga, ini mungkin bisa menjadi kesempatan terakhir ibu untuk menikmati hubungan intim dengan pasangan. Sebab, setelah melahirkan, dokter akan menganjurkan ibu untuk tidak berhubungan intim dulu selama 4-6 minggu.

Baca juga: Berhubungan Intim setelah Melahirkan, Perhatikan Ini

Bisakah Hubungan Intim pada Kehamilan Trimester 3 Memicu Persalinan?

Jawabannya adalah tergantung pada kondisi masing-masing ibu hamil. Bila leher rahim dan rahim ibu hamil sudah siap untuk persalinan dan tanggal jatuh tempo sudah dekat, seks pada usia 40 minggu bisa membantu melancarkan persalinan. Namun, bila kondisi ibu hamil dan leher rahim belum cukup siap, maka berhubungan intim tidak membantu apa-apa.

Meski begitu, bila waktu persalinan sudah datang dan ibu tidak kunjung merasakan kontraksi, ibu bisa mencoba untuk berhubungan intim dengan pasangan. Faktanya, berhubungan seks pada waktu menjelang atau saat jatuh tempo dapat memudahkan persalinan dengan cara berikut:

  • Merangsang rahim saat ibu mengalami orgasme.
  • Memicu pelepasan oksitosin, yang merupakan hormon yang berperan dalam pengaturan kontraksi.
  • Melebarkan serviks dan membukanya, karena adanya prostaglandin dalam sperma, yaitu hormon yang memicu persalinan, melembutkan dan mematangkan serviks.

Bila ibu ingin berhubungan intim untuk menginduksi persalinan secara alami, cobalah posisi seks yang tidak memberi tekanan pada perut, seperti posisi spooning atau doggy style.

Baca juga: 6 Tips Posisi Aman Berhubungan Saat Hamil Tua

Manfaat dan Risiko Hubungan Intim Menjelang Persalinan

Seks mendekati tanggal persalinan memberikan manfaat yang sama seperti yang diberikannya selama masa kehamilan. Aktivitas seksual tersebut membantu ibu hamil merasa lebih rileks, meningkatkan kualitas tidur, bahkan meredakan beberapa ketidaknyamanan akibat kehamilan untuk sementara waktu. 

Seks juga bisa menjadi cara yang menyenangkan bagi ibu hamil untuk beristirahat sejenak dari pikiran-pikiran yang mungkin membuat ibu khawatir menjelang persalinan.

Melakukan hubungan intim pada kehamilan trimester 3 juga tidak memiliki risiko kesehatan. Sangat aman untuk berhubungan intim selama kehamilan, termasuk pada usia kehamilan 40 minggu.

Namun, berhubungan intim pada masa kehamilan ini mungkin akan terasa berbeda bila dibandingkan dengan sebelumnya. Ibu hamil mungkin akan menemukan sedikit bercak bila serviks sudah mulai matang. Pasangan juga akan merasakan perbedaan tersebut.

Keputihan yang banyak yang wajar dialami ibu hamil pada akhir masa kehamilan dapat membuat kondisi vagina menjadi ekstra licin, sehingga pasangan mungkin lebih sulit untuk mempertahankan ereksinya. Untuk mengatasi masalah ini, pastikan pasangan sudah benar-benar siap sebelum melakukan penetrasi.

Itulah penjelasan mengenai hubungan intim pada kehamilan trimester 3. Ada baiknya ibu juga berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter bila ingin melakukan hubungan intim menjelang tanggal persalinan. Ibu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk membicarakan hal ini. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang.

Referensi:
What To Expect. Diakses pada 2020. Sex When You're 40 Weeks Pregnant
The Health Site. Diakses pada 2020. Is it safe to have sex just before labour?