• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bolehkah Tetap Berolahraga saat Alami Nyeri Haid?

Bolehkah Tetap Berolahraga saat Alami Nyeri Haid?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Beberapa wanita saat haid mengalami gejala seperti nyeri, kembung, kelelahan, dan sakit kepala. Pasalnya, dengan berolahraga membantu mengurangi gejala nyeri haid dan gejala lainnya. Olahraga memiliki manfaat untuk kesehatan, dan menjadikannya rutinitas, baik selama menstruasi ataupun tidak. 

Hanya saja, banyak wanita yang melewatkan olahraga selama menstruasi berlangsung. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai alasan. Padahal, sebenarnya olahraga tetap perlu dilakukan meski sedang menstruasi. Lantas, apa manfaat berolahraga saat sedang alami nyeri haid?

Baca juga: Nyeri Haid Bisa Diatasi dengan Pijatan, Benarkah?

Manfaat Berolahraga saat Haid

Manfaat fisik dan mental dari olahraga tidak berhenti hanya karena kamu sedang menstruasi. Pada kenyataannya, berolahraga membantu meringankan beberapa keluhan umum yang menyertai menstruasi, seperti nyeri haid. 

Menstruasi adalah waktu yang kompleks jika dilihat dari sudut pandang hormonal. Baik hormon progesteron dan estrogen berada pada titik terendah selama siklus menstruasi, yang membuat seseorang merasa lelah dan kurang energik. Menghindari olahraga tidak membuat kamu merasa lebih baik.

Selama menstruasi, gunakan kesempatan untuk mencoba beberapa olahraga. Sementara itu, inilah manfaat yang dapat dirasakan:

  • Meningkatkan Mood

Olahraga membantu mengurangi perasaan depresi. Sehingga dengan berolahraga suasana hati akan terangkat. Terutama saat kamu mengalami perasaan sedih, mudah tersinggung, atau marah selama menstruasi. 

  • Mengurangi Kelelahan

Perubahan hormonal dalam tubuh mampu meningkatkan sensasi kelelahan pada orang selama menstruasi. Aktivitas fisik meningkatkan tingkat energi. 

  • Mengurangi Nyeri Haid

Inilah manfaat yang diharapkan semua wanita. Perlu diketahui, orang yang berolahraga 3 hari seminggu dengan durasi 30 menit selama 8 minggu, mengalami lebih sedikit nyeri haid dibandingkan mereka yang tidak berolahraga. Artinya, olahraga selama dan sebelum menstruasi mampu mengurangi gejala nyeri haid. 

Olahraga selama haid tidak harus intensitas kuat atau waktu yang lama. Bahkan berjalan kaki selama 15 menit sehari bisa memberikan manfaat untuk meredakan nyeri. Selain itu, olahraga adalah pilihan yang menyehatkan secara umum. Kegiatan ini membantu menjaga berat badan dan memelihara kesehatan jantung dan paru-paru. 

Jadi ingatlah, bahwa olahraga adalah pilihan yang bermanfaat ketika sedang menstruasi atau saat tidak menstruasi.

Baca juga: 5 Makanan yang Dapat Meredakan Nyeri Haid

Pilihan Olahraga yang Baik saat Menstruasi

Beberapa hari pertama menjelang dan selama haid mungkin paling tidak nyaman. Terutama jika kamu cenderung mengeluarkan banyak darah. Itulah mengapa gerakan ringan dan olahraga harus menjadi aktivitas yang dilakukan. Berikut ini ide olahraga yang bisa dilakukan saat sedang menstruasi:

  • Jalan Kaki atau Olahraga Kardio Ringan

Lajukan olahraga kardiovaskular atau aerobik pada intensitas yang lebih ringan dari biasanya. Misalnya, berjalan kaki atau aerobik yang lebih singkat. 

  • Yoga dan Pilates

Dua hingga tiga hari menjelang menstruasi adalah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga yoga. Kegiatan ini bisa membantu merilekskan tubuh dan berpotensi mengurangi gejala seperti kram, nyeri payudara, serta kelelahan dan nyeri otot. 

Jika nyeri haid sudah mereda selama menstruasi, rutinitas olahraga seperti biasa dan teratur bisa dilanjutkan. Berhati-hatilah dengan penyesuaian yang dilakukan tubuh selama menstruasi. Jika ternyata tubuh tidak mampu, maka sebaiknya istirahatkan diri. 

Baca juga: Tetap Aktif saat Nyeri Haid, Ini Tips Ampuhnya

Perlu dipahami, bahwa olahraga teratur bermanfaat bagi tubuh dan pikiran. Tidak ada alasan ilmiah mengapa seseorang harus berhenti olahraga selama menstruasi. Rutin berolahraga membantu meredakan nyeri atau keluhan lainnya selama menstruasi. 

Hal yang penting diingat, intensitas olahraga perlu dikurangi selama menstruasi, terutama jika kamu merasa lelah. Jika kamu mengalami kendala kesehatan berkaitan dengan menstruasi, segera tanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Can You Exercise on Your Period?
Medical News Today. Diakses pada 2020. Should you exercise during your period?