• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bopeng Bekas Jerawat, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Bopeng Bekas Jerawat, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Siapa yang tidak pernah merasakan masalah jerawat? Jerawat nyatanya menjadi masalah kulit yang paling umum terjadi, ya. Pada beberapa orang, jerawat di muka biasanya meninggalkan luka yang cukup dalam pada lapisan kulit. Kondisi ini disebut bopeng, bentuknya biasanya cekung seperti lekukan atau lubang.

Bopeng ini terjadi ketika lapisan kulit bagian dalam mengalami kerusakan, dan sayangnya tidak bisa menghilang dengan sendirinya. Namun, ada banyak cara yang bisa dipilih untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat, di antaranya:

  • Menggunakan Krim Wajah

Sebelum memutuskan untuk pergi ke klinik kecantikan, biasanya wanita memilih menggunakan krim yang dibuat khusus untuk menyembuhkan bekas luka sebagai tindakan pertolongan pertama untuk menghapus bopeng bekas jerawat. Krim ini bekerja dengan mengurangi gejala yang muncul, seperti kemerahan dan gatal, dan membantu meningkatkan kelembapan kulit. 

Namun, khasiat dari krim ini baru bisa dirasakan berbulan-bulan atau bertahun-tahun setelah digunakan. Hal ini juga bergantung pada bahan yang dipakai untuk membuat krim tersebut. Sama halnya dengan krim wajah, menggunakan masker membutuhkan waktu lama hingga akhirnya bopeng bekas jerawat berkurang. 

Baca juga: Cara Mudah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

  • Pijat Wajah

Cara kedua yang bisa dipilih adalah melakukan pijat wajah. Namun, pijat ini sebenarnya tidak bisa menghilangkan bopeng bekas jerawat secara langsung. Meskipun begitu, kalau kamu telah menjalani terapi perawatan kulit sebelumnya, melakukan pijat wajah bisa menjadi pelengkap terapi tersebut. Tidak hanya itu, pijat wajah juga membantu mengurangi inflamasi dan meningkatkan sirkulasi pada kulit. 

Sebenarnya, pijat wajah cenderung tidak menimbulkan efek samping dan tidak berbahaya. Meski begitu, kamu juga harus tahu bahwa efektivitas dari pijat wajah untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat pun belum terjamin, sehingga kamu membutuhkan terapi menghilangkan jerawat yang lain. 

Baca juga: Ini 5 Bahan Alami untuk Hilangkan Bekas Jerawat

  • Dermabrasi

Perawatan wajah ini bisa membuat kulit wajah kamu terlihat lebih merata tanpa harus menggunakan bahan kimia. Penggunaannya dibantu dengan bius lokal, bergantung pada ukuran bopeng bekas jerawat yang membutuhkan terapi. Melalui perawatan ini, kulit wajah akan tampak merata, sehingga banyak dipilih untuk menghilangkan bekas jerawat yang mengganggu. Namun, terapi ini harus dilakukan oleh ahlinya, jadi kamu bisa bertanya jawab dulu dengan dokter spesialis kecantikan kulit. Gunakan aplikasi Halodoc agar tanya jawab kamu bisa dilakukan kapan saja. 

  • Laser Fraksional

Terapi menggunakan laser banyak dilirik untuk menghilangkan bopeng, termasuk terapi laser fraksional. Perawatan ini bertujuan untuk merangsang terjadinya regenerasi kulit pada bekas luka, dengan mengarahkan sinar laser pada jaringan parut dari bekas luka bopeng pada wajah. Nantinya, laser akan membakar lapisan kulit bopeng bagian luar dan menstimulasi terjadinya pertumbuhan sel baru, sehingga bopeng pun akhirnya terlihat lebih samar. 

Baca juga: Bekas Jerawat Menghitam, Ini 6 Cara Menanganinya

  • Lapisan Laser Ablatif

Perawatan ini disebut-sebut sebagai metode perawatan laser yang paling invasif. Cara kerjanya dengan menghilangkan lapisan tipis pada kulit. Biasanya, dibutuhkan waktu antara 1 sampai 2 minggu untuk perawatan dan pemulihannya. Namun, hasilnya mampu bertahan hingga bertahun-tahun, sehingga kamu tidak perlu lagi melakukan perawatan wajah lainnya. Perlu diingat, metode ini memiliki risiko, seperti pembengkakan dan perubahan warna kulit wajah menjadi kemerahan.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi bopeng jerawat yang bisa dipilih. Setiap orang membutuhkan penanganan yang berbeda-beda, sesuai dengan tingkat keparahannya. Jadi, selalu tanyakan dulu pada dokter sebelum memutuskan perawatan wajah yang tepat. 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2020. How to Get Rid of Pockmarks.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Pockmarks: Treatments and Home Remedies.
Stylecraze. Diakses pada 2020. How to Get Rid of Pockmarks? Is It Possible to Get Rid of Them?