• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bracket Behel Terlepas, Apa Tindakan yang Harus Dilakukan?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bracket Behel Terlepas, Apa Tindakan yang Harus Dilakukan?

Bracket Behel Terlepas, Apa Tindakan yang Harus Dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 17 November 2021
Bracket Behel Terlepas, Apa Tindakan yang Harus Dilakukan?

“Pengguna behel atau kawat gigi sebaiknya lakukan perawatan yang tepat untuk behel. Behel bisa mengalami masalah, seperti bracket behel yang lepas. Jika kondisi ini terjadi, sebaiknya segera kunjungi dokter gigi dan perbaiki bracket yang terlepas. Jika kondisi ini diabaikan, maka dapat membuat perawatan behel yang dilakukan tidak maksimal.”

Halodoc, Jakarta – Behel atau kawat gigi menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki posisi gigi atau mengatasi masalah gigi serta mulut. Umumnya, di awal pemasangan kawat gigi, kondisi ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman. Mulai dari nyeri pada mulut hingga kesulitan mengunyah makan.

Kamu juga perlu memperhatikan perawatan gigi dan jenis makanan yang dikonsumsi saat menggunakan behel. Salah merawat dan mengonsumsi makanan berisiko menyebabkan bracket behel terlepas. Lalu, jika sudah begini apa tindakan yang sebaiknya dilakukan? Yuk, simak ulasannya dalam artikel ini!

Lakukan Ini Jika Bracket Behel Terlepas

Jika kamu menggunakan behel, sebaiknya ketahui cara tepat merawat gigi dengan baik. Hal ini dilakukan untuk menghindari gangguan yang bisa terjadi pada behel, seperti bracket behel yang terlepas atau longgar.

Bracket behel bisa longgar hingga terlepas akibat salah mengonsumsi jenis makanan. Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh pengguna behel, seperti makanan yang keras, popcorn, makanan yang lengket, hingga makanan yang kenyal.

Tidak hanya itu, kebiasaan buruk seperti menggigit jari dan kuku juga memicu gangguan pada bracket. Perubahan gerakan gigi (mengunyah) dan cedera pada mulut juga memicu bracket behel terlepas atau longgar.

Jika bracket behel yang kamu gunakan terlepas, sebaiknya jangan abaikan kondisi ini. Hal yang perlu kamu lakukan segera mengunjungi dokter gigi dan lakukan perbaikan pada bracket behel yang terlepas. 

Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc dan buat janji dengan dokter gigi di rumah sakit terdekat. Dengan begitu, perbaikan dan pemasangan bracket behel yang lepas bisa berjalan dengan lancar. Jangan lupa untuk download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Lalu, apa yang terjadi jika bracket behel yang terlepas diabaikan oleh penggunanya? Saat bracket behel terlihat longgar, kondisi ini sebenarnya cukup berbahaya karena dapat membuat kamu tersedak jika bracket terlepas dan tertelan.

Selain itu, kondisi behel yang tidak optimal membuat kamu harus menjalani perawatan dan penggunaan kawat gigi semakin lama. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan untuk memastikan perawatan yang kamu jalani berjalan secara optimal.

Perawatan Tepat bagi Pengguna Behel

Pada awal penggunaan, behel menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman. Namun, berjalannya waktu, kondisi ini akan semakin membaik dan kamu semakin terbiasa dengan adanya behel pada gigi.

Untuk mengatasi rasa nyeri dan tidak nyaman, biasanya dokter akan menyarankan untuk mengonsumsi obat pereda nyeri agar kondisi semakin membaik. Lalu, bagaimana cara merawat behel ke depannya?

Hal yang perlu kamu lakukan saat menggunakan behel adalah memastikan makanan yang kamu konsumsi lembut dan kecil-kecil. Makanan yang tersangkut atau tertinggal pada behel dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi.

Pastikan kamu selalu menyikat gigi setelah makan untuk mengurangi risiko kerusakan gigi. Kamu bisa menggunakan benang gigi untuk membersihkan dan merawat behel setelah makan.Penggunaan sikat gigi interdental juga bisa membantu kamu membersihkan bagian bawah dan area sekitar bracket behel. 

Lama penggunaan kawat gigi atau behel pada tiap penggunanya berbeda-beda. Bisa dalam jangka waktu 2 – 3 tahun. Untuk itu, selalu jaga kesehatan gigi dan mulut. Jangan lupa melakukan pemeriksaan gigi dan behel secara rutin pada dokter gigi. Dengan begitu, berbagai keluhan dan masalah yang kamu alami terkait dengan behel atau kawat gigi dapat diatasi dengan baik.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Very Well Health. Diakses pada 2021. What to Do About Loose Braces.
American Dental Association. Diakses pada 2021. What (and How) to Eat When You’re Having Dental Issues.
Healthline. Diakses pada 2021. How Braces Straighten Teeth in Children and Adults.