• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Buah-Buahan yang Baik untuk Pengidap Anemia

Buah-Buahan yang Baik untuk Pengidap Anemia

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Bila kamu mudah merasa lelah dan terlihat pucat, kamu mungkin mengalami anemia. Kondisi ini terjadi ketika tubuh mengalami kekurangan sel darah merah yang sehat. Penyebab anemia bermacam-macam, seperti kehilangan banyak darah, kerusakan sel darah merah atau ketidakmampuan tubuh kamu untuk membuat sel darah merah yang cukup.

Jenis anemia ada banyak, namun yang paling umum adalah anemia defisiensi besi. Jenis anemia ini disebabkan oleh kurangnya zat besi. Tanpa zat besi yang cukup, tubuh tidak bisa menghasilkan hemoglobin, yaitu protein yang dibutuhkan untuk membuat cukup sel darah merah yang kaya akan oksigen. Akibatnya, berbagai organ dan jaringan tubuh kekurangan oksigen untuk bisa berfungsi dengan baik. 

Baca juga: Begini Cara Merawat Anemia Berdasarkan Jenisnya

Beragam Buah yang Baik untuk Pengidap Anemia

Cara untuk meningkatkan asupan zat besi dengan menambahkan asam askorbat atau buah-buahan yang kaya vitamin C. Buah yang baik untuk anemia akan membantu mengatur asupan zat besi yang akhirnya meningkatkan hemoglobin. Jadi, penting untuk menambahkan buah-buahan ke dalam makanan harian kamu untuk meningkatkan jumlah sel darah merah.

Berikut adalah beberapa buah yang baik untuk anemia:

1.Pomegranate

Pomegranate atau dikenal dengan buah delima adalah salah satu buah terbaik untuk meningkatkan jumlah darah dalam tubuh kamu. Buah ini kaya akan zat besi, vitamin A, C, dan E. Kandungan asam askorbat yang terdapat dalam buah ini juga bisa meningkatkan kandungan zat besi dalam tubuh yang mengatur jumlah darah. Minumlah satu gelas jus buah delima buatan sendiri setiap hari untuk mengatasi anemia.

2.Pisang

Pisang juga merupakan pilihan buah yang baik untuk anemia. Kandungan zat besinya mampu merangsang produksi hemoglobin dalam darah. Selain itu, pisang juga merupakan sumber asam folat yang baik yang merupakan vitamin B kompleks yang dibutuhkan untuk membuat sel darah merah.

3.Apel

Tidak heran bila ada ungkapan “makan apel setiap hari bisa menjauhkan kamu dari dokter”. Apel adalah buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya bisa membantu mengatasi anemia. Buah ini kaya zat besi dengan berbagai nutrisi baik lainnya yang diperlukan untuk merangsang produksi hemoglobin. Jadi, makanlah setidaknya satu buah bapel yang tidak dikupas setiap hari.

4.Prune

Prune adalah buah plum yang dikeringkan tanpa proses fermentasi. Buah ini juga termasuk buah yang baik untuk anemia, karena mengandung vitamin C dan zat besi, dua nutrisi kunci untuk meningkatkan hemoglobin. Selain itu, prune juga merupakan sumber magnesium yang berperan besar dalam stimulasi sel darah merah. Magnesium juga membantu mengatur transportasi oksigen dalam tubuh.

5.Jeruk

Zat besi tidak bisa diserap sepenuhnya oleh tubuh tanpa bantuan vitamin C, dan jeruk sudah dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C. Jadi, bagi kamu yang rentan mengalami anemia, makanlah setidaknya satu buah jeruk setiap hari agar terhindar dari gangguan kesehatan tersebut.

Baca juga: 8 Manfaat Jeruk, Buah Kaya Vitamin C

6.Persik

Selain jeruk, buah persik juga kaya akan vitamin C dan zat besi sehingga menjadi buah yang baik untuk anemia. Vitamin C bisa membantu penyerapan zat besi yang selanjutnya mencegah duplikasi sel darah merah yang rusak. 

Baca juga: Inilah Makanan Penambah Darah untuk Mencegah Anemia

Nah, itulah beberapa jenis buah yang baik untuk anemia. Bila kamu merasa cepat lelah atau gejala anemia yang kamu alami makin lama makin buruk, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Sekarang, kamu bisa berobat ke dokter tanpa perlu antre dengan buat janji di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
NDTV Food. Diakses pada 2021. Fruits for Anaemia: Load Up on these 6 Fruits to Boost Your Haemoglobin.
Healthline. Diakses pada 2021. Best Diet Plan for Anemia.