• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Buah-Buahan yang Dapat Bantu Pertumbuhan Anak

Buah-Buahan yang Dapat Bantu Pertumbuhan Anak

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Saat masa pertumbuhan, anak-anak perlu mengonsumsi buah-buahan. Alasannya jelas, makanan sehat tersebut memberikan banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tumbuh kembang mereka. Ada banyak nutrisi penting yang tidak bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh, melainkan harus didapatkan dari makanan sehat.

Nah, buah-buahan dikenal sebagai makanan super yang menyediakan berbagai macam asupan vitamin dan mineral yang penting untuk pertumbuhan anak, mulai dari vitamin A, B, C, E, kalsium, zat besi, seng sampai asam folat. Berikut buah-buahan untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan anak:

1.Alpukat

Alpukat adalah sumber vitamin E yang baik yang memenuhi 6 persen dari nilai harian yang direkomendasikan. Vitamin E berperan penting dalam membantu pertumbuhan anak, karena bermanfaat untuk melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka. 

Selain itu, buah berwarna hijau cerah tersebut juga mengandung kadar lemak yang lebih tinggi dibandingkan buah lainnya. Kandungan lemak baik dalam alpukat sebagian besar terdiri dari asam oleat, yaitu asam lemak tak jenuh tunggal yang penting untuk perkembangan otak.

Baca juga: Manfaat Alpukat untuk Pertumbuhan Anak

2.Berries

Berbagai jenis buah beri, seperti blueberry, stroberi, blackberry, dan raspberry, semuanya kaya akan nutrisi penting. Semakin gelap pigmen warnanya, semakin bergizi buah beri tersebut. Buah beri mengandung antioksidan tingkat tinggi, terutama vitamin C yang dapat mendorong pertumbuhan sel dan perbaikan jaringan. Vitamin C juga meningkatkan sintesis kolagen, yang merupakan protein paling melimpah di dalam tubuh. Menurut sebuah studi, kolagen dapat meningkatkan kepadatan dan kesehatan tulang, sehingga dapat membantu anak tumbuh lebih tinggi.

Buah beri juga merupakan makanan yang baik untuk otak. Beberapa penelitian uga menunjukkan bahwa ekstrak berry dapat membantu meningkatkan fungsi memori dan kognitif. Jadi, bila ibu ingin meningkatkan kemampuan otak anak, berikan anak lebih banyak buah beri untuk camilan.

3.Apel

Tidak hanya bisa menjauhkan anak dari dokter, nutrisi yang diberikan apel juga membantu anak tetap kuat dan sehat, sehingga mereka bisa melakukan berbagai macam hal yang mereka sukai, seperti memanjat, melompat, dan berolahraga.

Ada banyak manfaat yang bisa diberikan buah apel untuk pertumbuhan anak. Pertama, kandungan pektin dalam apel yang adalah serat makanan untuk membantu merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus sekaligus melawan bakteri jahat yang mencoba hidup di sana.

Kedua, apel juga mengandung mineralnya yang disebut boron yang bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi anak tetap kuat dan sehat. Selain itu, apel juga kaya vitamin C. Hanya dengan mengonsumsi satu buah apel saja sudah dapat memenuhi seperempat kebutuhan vitamin C anak. Apel juga membantu melindungi ibu dan Si Kecil dari berbagai penyakit, seperti serangan jantung, kanker, gangguan penglihatan, diabetes, dan lain sebagainya.

Baca juga: Rutin Konsumsi Apel, Ini Khasiatnya untuk Tubuh

4.Pisang

Tahukah ibu bahwa para atlet banyak mengonsumsi pisang karena kandungan karbohidratnya yang tinggi yang membantu meningkatkan kekuatan otot? Tentu saja Si Kecil tidak makan pisang untuk meningkatkan kekuatan ototnya, namun mereka membutuhan karbohidrat sebagai sumber energi.

Buah berwarna kuning cerah ini juga kaya vitamin B6 yang baik untuk kesehatan kulit, sistem saraf, dan menghasilkan energi yang dibutuhkan dalam tubuh. Selain itu, pisang juga kaya serat makanan, vitamin C, dan kalium yang membantu menjaga kesehatan dan kekuatan jantung Si Kecil.

5.Jeruk

Buah yang satu ini sudah dikenal akan kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Makan satu buah jeruk saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C anak untuk dua hari. Jeruk juga kaya serat, beberapa beta karoten, dan banyak karotenoid. Bila dicampur dengan wortel, jus jeruk dan wortel adalah jus yang baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Baca juga: Si Kecil Susah Makan Buah? Begini Cara Mengatasinya

Nah, itulah buah-buahan yang baik untuk pertumbuhan anak. Bila Si Kecil sakit, tidak usah panik. Hubungi saja dokter melalui aplikasi Halodoc untuk minta saran kesehatan. Ibu juga bisa membeli obat lewat layanan buy medicines yang ada di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Health Begins With Mom. Diakses pada 2020. Top 10 fruits good for kids.
Healthy Height. Diakses pada 2020. 5 Everyday Foods That Help Kids Grow Strong.