• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Buah-buahan yang Mampu Meredakan Tekanan Darah Tinggi

Buah-buahan yang Mampu Meredakan Tekanan Darah Tinggi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Tekanan darah tinggi adalah kondisi yang perlu diwaspadai, karena bisa memicu berbagai penyakit serius. Salah satu cara mewaspadainya dengan memerhatikan pola makan sehari-hari. Misalnya, mengonsumsi buah-buahan yang mampu meredakan tekanan darah tinggi. 

Semua jenis buah-buahan kaya nutrisi dan baik bagi kesehatan. Namun, ada beberapa buah yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi, dan menjaganya tetap stabil. Tentu saja, jika kamu mengimbanginya dengan menerapkan pola makan sehat dan olahraga rutin, ya. 

Baca juga: Mana yang Lebih Berbahaya, Hipotensi atau Hipertensi?

Buah untuk Meredakan Tekanan Darah Tinggi

Ada beberapa buah yang bisa dikonsumsi untuk membantu meredakan dan mencegah tekanan darah tinggi. Namun, perlu diketahui bahwa buah-buahan tersebut bukanlah obat untuk tekanan darah tinggi. 

Fungsinya hanya sebagai tambahan untuk menjaga kesehatan, dan membantu meredakan sekaligus mencegah tekanan darah tinggi. Berikut ini beberapa buah yang dimaksud:

1.Pisang

Pisang kaya akan kalium, vitamin B6, vitamin C, serat, mangan, antioksidan, dan magnesium. Buah ini bisa membantu menjaga tekanan darah tetap stabil. Jika kamu sedang menjaga kadar gula darah, pilihlah pisang yang belum terlalu matang, karena memiliki kandungan gula yang lebih rendah dan serat yang lebih tinggi.

2.Jeruk

Selain baik untuk daya tahan tubuh karena tinggi vitamin C, jeruk juga bisa membantu meredakan tekanan darah tinggi. Sebab, jeruk tidak hanya kaya vitamin C, tetapi juga mengandung banyak kalium, vitamin A, folat, antioksidan, dan thiamin, yang sangat berperan dalam kesehatan pembuluh darah.

Baca juga: 5 Tips Aman Berpuasa Bagi Pengidap Hipertensi

3.Bit

Sama seperti pisang, bit juga tinggi kalium, sehingga cocok menjadi salah satu buah penurun darah tinggi yang dapat dikonsumsi. Sebab, kalium meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Buah bit juga mengandung senyawa nitrat, yang berperan dalam fungsi pembuluh darah.

4.Buah Beri

Buah beri, terutama stroberi dan blueberry memiliki kandungan antioksidan flavonoid yang tinggi. Antioksidan jenis ini mampu mengurangi risiko terkena darah tinggi. 

5.Alpukat

Selain sumber lemak baik, alpukat juga bisa membantu meredakan tekanan darah tinggi. Buah ini mengandung kalium, yang baik untuk pembuluh darah, serat, antioksidan, folat, vitamin B6, vitamin C, asam pantotenat, dan vitamin K.

6.Semangka

Mengonsumsi buah semangka tidak hanya menyegarkan tetapi juga mampu membantu mengatur tekanan darah. Buah ini juga tinggi kalium serta mengandung senyawa magnesium, vitamin A, dan vitamin C.  

Baca juga: Ternyata Ini Manfaat Puasa untuk Pengidap Hipertensi

7.Kiwi

Sama halnya seperti jeruk, kiwi juga sumber vitamin C dan bisa membantu meredakan tekanan darah tinggi.

8.Delima

Selain tampilannya yang cantik, buah delima juga baik untuk menjaga tekanan darah. Hal ini karena kadar kalium yang terkandung di dalamnya. Buah ini juga mengandung vitamin K, serat, vitamin C, dan folat. 

Itulah buah yang bisa membantu meredakan tekanan darah tinggi. Perlu diingat bahwa buah-buahan tersebut tidak mampu menggantikan obat hipertensi, dan perlu diimbangi dengan penerapan gaya hidup sehat lainnya.

Jadi, jika kamu mengidap tekanan darah tinggi, pastikan untuk rutin memeriksakan diri ke dokter, atau bicarakan dengan dokter di aplikasi Halodoc, untuk mendapatkan resep obat yang sesuai. Selain minum obat, kamu juga perlu mengatur pola makan menjadi lebih sehat. 

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Fifteen Good Foods for High Blood Pressure.
Healhtline. Diakses pada 2020. The 17 Best Foods for High Blood Pressure.
Healthline. Diakses pada 2020. 14 Healthy Foods That Are High in Potassium.