• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Buah Persik Kaya Vitamin C, Apa Manfaatnya untuk Tubuh?

Buah Persik Kaya Vitamin C, Apa Manfaatnya untuk Tubuh?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Buah Persik Kaya Vitamin C, Apa Manfaatnya untuk Tubuh?

“Vitamin C menjadi salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dengan mengonsumsi buah-buahan, salah satunya buah persik. Dengan mengonsumsi buah persik, kamu dapat menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan risiko kanker, mempercepat pemulihan tubuh, hingga mengontrol berat badan.”

Halodoc, Jakarta – Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin C setiap harinya kesehatan kulit, sistem kekebalan tubuh, serta kesehatan jantung akan menjadi lebih baik.

Mengonsumsi berbagai jenis buah yang mengandung vitamin C bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Buah persik atau peach menjadi salah satu jenis buat yang kaya vitamin C. Nah, tidak ada salahnya simak ulasan dalam artikel ini mengenai manfaat buah persik yang kaya vitamin C bagi tubuh.

Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin C

Peneliti, Mark Moyad, MD, MPH dari University of Michigan, mengatakan saat kebutuhan vitamin C dalam tubuh sudah terpenuhi dengan baik, hal ini menandakan tubuh telah mendapatkan keseluruhan nutrisi yang ideal. Menurutnya, dengan memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh akan menjadi lebih sehat dan menurunkan risiko berbagai gangguan kesehatan, seperti gangguan jantung, stroke, hingga mengoptimalkan kekebalan tubuh.

Lalu, bagaimana memenuhi kebutuhan vitamin C setiap harinya? Mengonsumsi buah dan sayuran adalah cara alami yang bisa kamu lakukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C setiap harinya. Ada berbagai jenis buah yang bisa kamu konsumsi, salah satunya adalah buah persik atau peach.

Manfaat Mengonsumsi Buah Persik

Buah persik adalah buah dengan kandungan vitamin C cukup tinggi. Buah persik juga memiliki kandungan vitamin A, E, K serta kalium yang baik untuk kesehatan. Selain itu, dalam satu buah persik yang setara dengan 147 gram, terdapat 68 kalori, 2 gram serat, serta 1,3 gram protein di dalamnya. 

Dengan mengonsumsi buah persik, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat bagi tubuh, yaitu:

  1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Menurut ahli diet, Maxine Smith, RDN, LD, buah persik memiliki kandungan serat yang tidak larut sehingga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, buah ini bisa membantu kamu untuk mengatasi sembelit yang kamu alami. 

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Buah persik kaya akan vitamin C. Vitamin ini merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat membantu tubuh terhindar dari berbagai paparan radikal bebas yang salah satu jenisnya dapat memicu penyakit kanker.

Selain memenuhi kebutuhan antioksidan dari buah persik, kamu juga perlu menghentikan kebiasaan merokok dan menjalani gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit kanker.

  1. Mempercepat Pemulihan Tubuh

Saat kamu mengalami keluhan kesehatan atau luka pada tubuh, sebaiknya cobalah untuk mengonsumsi buah persik. Kandungan vitamin C dalam buah persik membantu tubuh memperkuat sistem imun tubuh sehingga mempercepat pemulihan. 

  1. Membantu Mengontrol Berat Badan

Buah persik memiliki kandungan yang bisa membantu kamu untuk mengontrol berat badan, seperti serat. Mengonsumsi buah persik membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Bahkan, 85 persen kandungan dalam buah persik adalah air.

Itulah beberapa manfaat buah persik yang kaya vitamin C bagi tubuh. Kamu bisa bertanya langsung pada dokter ahli gizi melalui aplikasi Halodoc untuk mencari tahu cara memenuhi kebutuhan vitamin C yang tepat setiap hari. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Nourish by WebMD. Diakses pada 2021. The Benefits of Vitamin C.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. All the Health Benefits of Eating Peaches.
Medical News Today. Diakses pada 2021. The Health Benefits of Peaches.
Web MD. Diakses pada 2021. The Health Benefits of Peaches.
Healthline. Diakses pada 2021. 10 Surprising Health Benefits and Uses of Peaches.