• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Buka Puasa dengan Madu Cocok untuk Pengidap Sakit Maag

Buka Puasa dengan Madu Cocok untuk Pengidap Sakit Maag

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Terdapat beragam cara bagi pengidap maag untuk dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Cara terampuh tentunya dengan menerapkan pola hidup sehat dan memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. 

Nah, menyoal maag dan puasa, ada satu hal menarik yang bisa kita simak. Ternyata, madu bisa dimanfaatkan untuk mengatasi maag saat berpuasa. Kira-kira, apa alasannya ya? 

Baca juga: 4 Tips Cegah Maag Kambuh saat Puasa

Madu Atasi Maag, Kok Bisa?

Madu memiliki beragam keistimewaan dalam tubuh. Madu merupakan bahan alami yang dinilai efektif untuk membantu mengatasi masalah pencernaan. Contohnya, tukak lambung atau diare. Tak hanya itu saja, menurut penelitian madu juga bisa membantu meringankan gejala refluks asam.

Nah, berikut beberapa manfaat untuk pencernaan menurut studi US National Library of Medicine National Institutes of Health, “Honey - A nutrient with medicinal property in reflux oesophagitis”

  • Madu merupakan sumber antioksidan dan penangkal radikal bebas yang berpotensi merusak sel-sel yang melapisi saluran pencernaan.  Madu dapat mencegah berbagai kerusakan yang ada di saluran pencernaan dengan menghilangkan radikal bebas.

  • Madu dapat mengurangi peradangan di kerongkongan.

  • Tekstur madu memungkinkannya untuk melapisi selaput lendir kerongkongan dengan lebih baik. Hal inilah yang akan membuat kerongkongan lebih sehat dan terlindungi.

Tak hanya itu saja, studi lain menyebutkan, tekstur madu yang kental bisa membantu asam lambung tidak naik. Menarik, bukan? 

Lalu, bagaimana sih cara memanfaatkan madu untuk mengatasi maag atau asam lambung? Caranya sederhana kok. Konsumsilah satu sendok teh madu. Ada alternatif lainnya, kamu juga bisa mencampurkan madu.

Ada satu lagi yang perlu diperhatikan, khususnya bagi mereka yang mengidap kondisi diabetes. Ingat, madu bisa memengaruhi kadar gula darah. Oleh sebab itu, tanyakan pada dokter sebelum memanfaatkan madu untuk mengatasi maag saat berpuasa. Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc.

Baca juga: Minum Madu Saat Sahur, Ini Manfaatnya 

Tak Cuma Madu, Ada Aturan Lain

Hal yang perlu digarisbawahi, konsumsi madu tanpa diikuti kebiasaan sehat lainnya tak akan ampuh untuk mengatasi maag saat berpuasa. Oleh sebab itu, pengidap maag harus cermat saat mengonsumsi makanan dan minum ketika sahur dan berbuka. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan:

Panduan Makan Pengidap Maag

  1. Konsumsi makanan atau karbohidrat yang lambat dicerna saat sahur, untuk mencegah mudah lapar dan lemas di siang hari.

  2. Cobalah konsumsi pisang, buah ini sumber bagi nutrisi, seperti karbohidrat dan magnesium.

  3. Konsumsi kurma sebagai sumber yang bagus untuk karbohidrat, serat, kalium dan magnesium. 

  4. Makanlah mendekati imsak saat sahur dan segera berbuka saat maghrib.

  5. Bila ingin makan di malam harinya, makanlah dalam porsi sedikit, tetapi sering.

  6. Kurangi makan-makanan yang digoreng dan berlemak.

  7. Cobalah konsumsi kacang almond karena mengandung protein dan serat.

  8. Jangan lupa konsumsi obat yang diresepkan oleh dokter saat sahur dan berbuka.

Baca juga: 5 Kebiasaan Tak Sehat saat Puasa

Panduan Minum Pengidap Magg

  1. Minum banyak air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Pada dasarnya, orang dewasa memerlukan sekitar dua liter per hari, atau setidaknya 8 gelas per hari, atau setara 250 mililiter tiap gelasnya. Jadi, bukan sembarang delapan gelas per hari saja.

  2. Strategi 2-4-2, minumlah 2 gelas saat sahur dan menjelang imsak. Lalu, 4 gelas dari buka puasa sampai makan malam. Kemudian, 2 gelas lagi saat menjelang tidur.

  3. Cobalah konsumsi susu saat sahur, hal ini dapat mengurangi gejala maag dan ulkus peptik.

  4. Hindari minuman jus buah yang asam. 

Mau tahu lebih jauh mengenai cara mengatasi maag saat berpuasa? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
National Library of Medicine National Institutes of Health. Diakses pada 2020.  Honey - A nutrient with medicinal property in reflux oesophagitis”.
Healthline. Diakses pada 2020. Can You Use Honey to Treat Acid Reflux?
Livestrong.com. Diakses pada 2020. Honey and Acid Reflux.
Al Arabiya Network. Diakses pada 2020. Beat heartburn and headaches: End Ramadan on a healthy, happy note.