Bukan 30-an, Kanker Serviks Bisa Muncul di Usia 20-an?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Bukan 30-an, Kanker Serviks Bisa Muncul di Usia 20-an?

Halodoc, Jakarta – Bagi para wanita, menjaga kebersihan intim menjadi hal yang cukup penting untuk menghindari berbagai gangguan penyakit yang menyerang vagina. Tidak hanya itu, banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari bagian intim wanita dari berbagai penyakit, salah satunya adalah rutin mengonsumsi buah dan sayuran serta banyak mengonsumsi air putih.

Baca juga: Perubahan Gaya Hidup bagi Pengidap Kanker Serviks

Ya, kebiasaan ini dapat menghindari wanita dari penyakit kanker serviks. Tidak hanya pada orang yang sudah menginjak usia dewasa, kanker serviks juga dapat dialami oleh wanita yang masih muda. Yuk, ketahui apa saja yang meningkatkan risiko kanker serviks pada wanita muda.

Faktor Penyebab Kanker Serviks Menyerang Wanita Muda

Serviks adalah bagian bawah rahim yang terhubung ke vagina. Fungsi dari serviks untuk menghasilkan lendir yang membantu sperma untuk sampai ke sel telur saat berhubungan intim. Serviks merupakan bagian tubuh yang rentan mengalami penyakit kanker. 

Kanker serviks menjadi salah satu jenis penyakit kanker yang dapat muncul pada sel-sel leher rahim. Kanker serviks adalah jenis kanker yang cukup berbahaya bagi wanita karena menyebabkan komplikasi hingga kematian.

Penyebab utama dari kanker serviks adalah human papillomavirus, yang dikenal dengan HPV. Lalu, apa penyebab kanker serviks menyerang wanita muda? Penyebab utamanya berhubungan seks di usia muda di mana squamocolumnar junction merupakan bagian yang diserang HPV karena belum terbentuk sempurna.

Baca juga: Penting untuk Wanita, Ini 4 Cara Mencegah Kanker Serviks

Ketahui pula beberapa faktor risiko lainnya yang meningkatkan seseorang alami kanker serviks, seperti:

1. Kebiasaan Merokok

Memiliki kebiasaan merokok meningkatkan risiko wanita mengalami kanker serviks. Kandungan kimia dalam tembakau memberikan dampak yang kurang baik pada tubuh salah satunya adalah menekan sistem imunitas tubuh. Dengan begitu, wanita yang memiliki kebiasaan merokok rentan alami kanker serviks dibandingkan wanita yang tidak merokok.

2. Kurang Mengonsumsi Buah dan Sayur

Sebaiknya ubah pola makan yang dijalani menjadi pola makan sehat. Rutin mengonsumsi sayuran dan buah memenuhi nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk menghindari kondisi tubuh dari berbagai gangguan penyakit, salah satunya kanker serviks.

3. Berat Badan Berlebih

Wanita yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas rentan alami kanker serviks. Tidak ada salahnya untuk menjalani olahraga dengan rutin agar kamu dapat memiliki berat badan yang ideal dan terhindar dari berbagai gangguan penyakit yang disebabkan oleh obesitas.

Wanita Muda, Lakukan Hal ini Mencegah Kanker Serviks

Pencegahan kanker serviks paling efektif adalah tidak melakukan hubungan seksual saat usia dini. Apabila berhubungan seksual, sebaiknya gunakan pengaman dan hindari berhubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan.

Pencegahan lainnya adalah menerima vaksin HPV. Selain itu, perubahan gaya hidup yang sehat membantu untuk mencegah penyakit kanker serviks. Melakukan tes pap smear bagi kamu yang aktif dalam kegiatan seksual nyatanya cukup penting untuk mengetahui potensi munculnya penyakit kanker serviks lebih dini. 

Baca juga: Ini Cara Deteksi Dini Kanker Serviks

Jangan lupa untuk jaga pola makan dengan nutrisi dan gizi yang seimbang, rajin berolahraga untuk menghindari kondisi obesitas, kelola stres dengan baik, dan jangan lupa untuk berhenti merokok serta berhenti mengonsumsi alkohol.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. Cervical Cancer Symptoms
Web MD. Diakses pada 2019. Cervical Cancer