Bukan Bumbu Dapur Biasa, Ini 11 Manfaat Kunyit Secara Medis

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
manfaat kunyit, kunyit untuk kesehatan

Halodoc, Jakarta -  Kunyit, salah satu rempah-rempah yang berasal dari Asia ini memiliki warna dan aroma yang khas. Selain dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, kunyit juga bermanfaat dalam mengatasi masalah kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat kunyit dalam meredakan penyakit yang kamu alami.

Baca juga: Benarkah Kunyit dapat Atasi Masalah Tukak Lambung?

1. Tukak Lambung

Kunyit memiliki senyawa kurkumin yang dapat memperbaiki gangguan pencernaan dengan meningkatkan kerja mukosa lambung, sekaligus melindungi lambung dari iritasi akibat asam lambung yang tinggi.

2. Ruam Kulit

Kunyit memiliki kandungan anti-inflamasi yang ampuh dalam meredakan ruam kulit. Tak hanya sampai disitu saja, kunyit juga akan mencegah kulit terkena dampak negatif radikal bebas yang dapat memperparah kondisi ruam kulit.

3. Maag

Penyakit maag memiliki beberapa penyebab, yaitu dinding lambung yang rapuh, asam lambung yang tinggi, stres, serta pola makan tidak teratur. Dengan mengonsumsi bahan alami yang satu ini secara teratur, kamu akan terhindar dari maag. Jangan lupa untuk melakukan pola hidup sehat, ya.

4. Dismenore

Dismenore, atau yang lebih dikenal dengan kram perut saat haid terjadi karena kontraksi yang kuat pada otot-otot rahim. Untuk mengatasinya, kamu dapat mengonsumsi kunyit. Kandungan aktif kurkumin dalam kunyit berfungsi sebagai anti-inflamasi yang mampu menenangkan kontraksi yang terjadi pada otot rahim dan usus. 

5. Kanker

Kurkumin yang terkandung dalam kunyit memiliki kemampuan untuk membunuh sel kanker, tetapi tidak membuat sel-sel yang sehat ikut mati. Dengan begitu, kunyit dapat digunakan untuk mengatasi kanker dapat membunuh lebih banyak sel kanker ketimbang prosedur kemoterapi. 

Baca juga: Kunyit Bisa Atasi Kanker, Begini Hasil Risetnya

6. Mengendalikan Gula Darah

Kurkumin yang terkandung dalam kunyit dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Kunyit juga membantu meningkatkan fungsi hormon insulin, menstabilkan kadar gula darah, dan meredakan gejala diabetes pada pengidapnya.

7. Alzheimer

Kurkumin, yaitu zat kimia yang terkandung di dalam kunyit ampuh untuk memecah plak amiloid beta yang mengendap pada tubuh pengidap alzheimer. 

8. Asam Lambung

Dengan mengonsumsi kunyit, tubuh akan memiliki sistem pencernaan yang lebih sehat. Kunyit mengandung senyawa yang bermanfaat untuk melindungi dan melapisi dinding lambung dengan cara meningkatkan produksi lendir.

9. Meredakan Perut Kembung

Buang gas adalah tanda jika pencernaan dalam keadaan baik-baik saja. Namun, jika buang gas sudah berlebihan, berarti ada yang salah dengan perutmu. Dengan mengonsumsi kunyit, kurkumin akan membantu otot organ pencernaan bergerak lancar dan mengurangi tekanan gas dalam perut. Kunyit akan menghentikan produksi asam berlebihan yang menjadi penyebab perut kembung.

10. Meredakan Nyeri

Kunyit mengandung sifat analgesik yang lebih kuat dari aspirin. Dengan begitu, kunyit dapat digunakan sebagai pereda nyeri gigi, sakit kepala, demam, hingga nyeri sendi. Sifat kunyit yang dapat meredakan nyeri ini beradal dari kandungan diuretik di dalamnya.

11. Mengatasi Mual

Mual dapat terjadi karena beberapa hal, mulai dari stres hingga adanya infeksi pada pencernaan. Jika mual terkait dengan masalah pada pencernaan, kandungan phytochemical pada kunyit akan menghasilkan antioksidan yang berfungsi mengatasi rasa mual.

Baca juga: 5 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan

Nah, beragam manfaat kunyit di atas dapat dengan mudah kamu dapatkan jika kamu rutin mengosumsinya. Jika kamu ingin mengetahui banyak hal tentang tips-tips kesehatan atau kecantikan, jangan lupa untuk mendownload aplikasi Halodoc di smartphone-mu. Beragam tips-tips kesehatan dan kecantikan yang menarik dapat dengan mudah kamu dapatkan dengan sekali klik kapan dan di mana saja. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. 10 Proven Health Benefits of Turmeric and Curcumin.
Goodness.Me. Diakses pada 2019. Turmeric: 7 Surprising Health Benefits.