Bukan Cuma Makanan dan Olahraga, Puasa juga Menyehatkan Kulit

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Bukan Cuma Makanan dan Olahraga, Puasa juga Menyehatkan Kulit

Halodoc, Jakarta – Ketika ingin memiliki kulit yang sehat seringkali kita langsung mencari produk perawatan kulit atau membuat masker dari bahan alami. Padahal ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit yang sehat, contohnya dengan berpuasa. Puasa wajib dilakukan oleh umat Muslim setiap bulan ramadhan. Tapi kamu juga bisa melakukan hal ini sesekali di luar bulan ramadhan untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatan.

Baca Juga: Jangan Khawatir Sakit, 6 Manfaat Berpuasa

Puasa dikenal mampu melancarkan pencernaan, mengurangi gula darah dan mendetoksifikasi tubuh. Nah, manfaat detoks dari puasa ini yang mampu membuat kulit menjadi sehat. Berikut ini sejumlah manfaat puasa untuk kesehatan kulit yang perlu diketahui, yaitu:

  1. Mengobati Masalah Jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang sering dialami oleh remaja hingga orang dewasa. Jerawat timbul akibat tersumbatnya minyak di dalam pori-pori yang bercampur dengan bakteri. Puasa bisa dijadikan solusi atas masalah jerawat ini. Proses detoksifikasi yang terjadi selama kita berpuasa mampu membersihkan bakteri maupun racun yang ada dalam tubuh kita. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jangan lupa untuk rutin membersihkan wajah setelah bangun tidur maupun sebelum tidur. 

  1. Mendetoksifikasi Tubuh

Manfaat utama berpuasa adalah dapat mendetoksifikasi tubuh. Selama berpuasa tubuh otomatis akan terdetoksifikasi dari racun. Racun dalam tubuh juga akan dikeluarkan secara bertahap lebih cepat dari biasanya. Proses detoksifikasi ini membuat kulit lebih bersih, segar, kenyal, serta semakin cerah.

Baca Juga: Biar Enggak Lemas Saat Puasa, Ikuti 4 Tips Ini

  1. Mencegah Iritasi Kulit

Faktanya, selama berpuasa, kontak antara kulit dengan zat-zat berbahaya untuk tubuh dan kulit dapat terminimalisir. Ketika kulit terpapar dengan zat berbahaya, maka bisa segera sembuh dalam waktu kurang dari 48 jam. Kalau kamu mengalami iritasi kulit yang tidak kunjung membaik, sebaiknya segera periksakan ke dokter kulit agar ditangani dengan tepat. Sebelum mengunjungi rumah sakit, jangan lupa buat janji dengan dokter lewat aplikasi Halodoc

Melalui Halodoc, kamu dapat mengetahui estimasi waktu giliran masuk, sehingga kamu tidak harus duduk lama-lama di rumah sakit. Tinggal pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu lewat aplikasi.

  1. Membuat Kulit Lebih Cerah

Proses detoksifikasi yang terjadi selama puasa membuat tubuh lebih cepat dalam memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Namun, hal ini juga tidak lepas dari makanan yang kamu konsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi saat sahur dan berbuka puasa. Nutrisi ini membantu proses regenerasi sel kulit menjadi lebih cepat dan sehat. 

Kalau kamu punya permasalahan kulit yang kering atau kusam, cobalah konsumsi buah saat sahur dan berbuka. Proses detoksifikasi ini memungkinkan kulit menerima nutrisi dari makanan yang dikonsumsi secara maksimal.

Baca Juga: Diet Sambil Puasa, Begini Caranya

Itulah sejumlah manfaat puasa untuk kesehatan kulit kita. Walaupun kamu harus menahan haus dan lapar selama seharian, tapi manfaat yang diterima pasti setimpal dengan usaha yang sudah kamu lakukan. 

Referensi :
Telegraph. Diakses pada 2019. How fasting can improve your skin.
Thrive Global. Diakses pada 2019. The Unexpected Benefits of Fasting: 3. Clearer Skin.