Bukan Cuma Materi, Kesehatan Juga Penting saat Tahun Baru Cina

Bukan Cuma Materi, Kesehatan Juga Penting saat Tahun Baru Cina

Halodoc, Jakarta – Menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh menjadi salah satu kunci untuk menjalani aktivitas dengan baik, terutama menjelang perayaan Tahun Baru Cina alias Imlek. Apalagi di tengah kondisi cuaca yang berubah-ubah, suhu tubuh mungkin sulit menyesuaikan, sehingga membuat seseorang mudah jatuh sakit. Nah, agar tetap fit, kamu perlu tahu tips menjaga kesehatan selama perayaan Tahun Baru Cina. Apa saja? Simak penjelasannya

  • Olahraga Rutin

Perubahan cuaca yang sering terjadi bisa membuat seseorang malas untuk berolahraga. Padahal, olahraga sangat dibutuhkan untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar. Cobalah untuk melakukan latihan yang paling sederhana, seperti berjalan kaki.

Baca juga: 5 Menit untuk Hidup Lebih Sehat

Berolahraga bisa membuat tubuh lebih sehat dan siap untuk perayaan tahun baru imlek. Rutin berolahraga bisa membantu mencegah terjadinya peradangan dan penyakit kronis. Selain itu, olahraga juga bisa membantu mengurangi tingkat stres, mempercepat peredaran sel darah putih, dan meningkatkan kemampuan dalam melawan penyakit.

  • Konsumsi Sayuran Hijau

Menjaga kesehatan tubuh juga bisa dilakukan dengan konsumsi sayuran hijau. Pasalnya, sayuran hijau kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, banyak mengonsumsi sayuran hijau juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga terhindar dari penyakit. Tak hanya itu, sayuran juga dikenal sebagai jenis makanan yang tinggi serat, namun rendah kalori. Sehingga, tidak perlu khawatir berat badan meningkat karena mengonsumsi jenis makanan yang satu ini.

  • Cukup Tidur

Persiapan perayaan Imlek memang bisa menyita waktu dan energi. Bahkan sangking menyenangkannya, seseorang bisa lupa waktu saat menyusun persiapan tahun baru ini. Alhasil, tubuh menjadi kurang beristirahat dan menjadi mudah terserang penyakit.

Nah, agar tetap sehat selama perayaan tahun baru Cina, pastikan untuk mencukupi waktu tidur bagi tubuh, ya. Pada orang dewasa, dianjurkan untuk tidur setidaknya 7–8 jam setiap malam. Cukup tidur bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mencegah virus penyebab penyakit menyerang di saat yang tidak tepat. Sebaliknya, orang yang tidur kurang dari 6 jam disebut lebih rentan terserang virus flu atau jenis penyakit lainnya.

  • Menjaga Kebersihan Tubuh

Tak dapat dimungkiri, kebersihan tubuh kerap kali diabaikan dan dianggap tidak berhubungan dengan kondisi kesehatan. Padahal, tidak menjaga kebersihan tubuh bisa menjadi penyebab terjadinya penyakit, lho. Ada ratusan, bahkan ribuan kuman dan bakteri yang bisa saja menempel pada tubuh dan siap menyerang kapan saja. Apalagi jika sampai masuk ke dalam tubuh, misalnya melalui tangan yang digunakan untuk makan.

Baca juga: Pentingnya Menjaga Lingkungan untuk Kesehatan

Maka dari itu, biasakanlah untuk menjaga kesehatan tubuh dengan menjaga kebersihan. Kamu bisa melakukannya dengan mandi setiap hari, dan selalu mencuci tangan setiap sebelum dan sesudah makan. Cuci juga tangan jika merasa kotor atau setelah melakukan aktivitas tertentu.

  • Konsumsi Vitamin

Kekurangan asupan vitamin juga bisa menjadi pemicu seseorang mudah sakit. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin agar tetap sehat selama Imlek. Salah satu yang cukup penting adalah vitamin D, yang baik untuk menjaga kesehatan tulang, jantung, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca juga: 3 Cara Jitu Menjaga Kesehatan Jantung

Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin ini melalui makanan tertentu atau konsumsi suplemen. Biar lebih mudah, beli suplemen atau produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc saja. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!