• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bukan Cuma Menyehatkan Jantung, Ini 5 Manfaat Bersepeda

Bukan Cuma Menyehatkan Jantung, Ini 5 Manfaat Bersepeda

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Bukan Cuma Menyehatkan Jantung, Ini 5 Manfaat Bersepeda

“Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang banyak diminati belakangan ini. Bersepeda menjadi salah satu jenis olahraga kardio yang memiliki segudang manfaat baik bagi tubuh. Lantas, apa saja manfaat bersepeda?”

Halodoc, Jakarta – Bersepeda selama 10 menit per hari saja mampu melepaskan hormon endorfin dalam tubuh. Kebiasaan baik ini juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, serta sirkulasi darah dalam tubuh.

Jika dilakukan secara rutin, manfaat bersepeda tidak hanya sampai di situ saja, lo. Berikut ini beberapa manfaat bersepeda lainnya yang bisa kamu rasakan: 

Baca juga: Waspada, Terlalu Lama Bersepeda Sebabkan Gangguan Prostat

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Bersepeda selama 30 menit setiap hari mampu menjaga berat badan ideal, sekaligus menurunkan berat badan bagi pengidap obesitas. Bersepeda mampu membakar lemak dalam tubuh dengan meningkatkan metabolisme di dalamnya.

Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat mengombinasikan bersepeda dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang. Selain itu, durasi, jarak, dan kecepatan akan memengaruhi banyak sedikitnya kalori yang terbakar.

2. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Bersepeda ibarat latihan kardio. Jika dilakukan secara rutin, risiko penyakit kardiovaskular akan menurun. Olahraga ini dinilai dapat meningkatkan kinerja otot jantung, serta mengurangi timbunan lemak dalam darah.

Jika jantung mampu bekerja dengan baik, otomatis kamu akan terhindar dari penyakit hipertensi. Bisa dibilang, bersepeda memiliki efek yang baik bagi pengidap hipertensi, sama dengan mengonsumsi obat.

Baca juga: Bersepeda Bisa Mengecilkan Paha, Ini Penjelasannya

3. Menjaga Kesehatan Sendi

Manfaat bersepeda selanjutnya adalah, menjaga kesehatan sendi dan mengatasi kekakuan pada tubuh bagian bawah yang berkaitan dengan usia. Berkaitan dengan intensitasnya, kamu bisa menyesuaikan dengan kekuatan dan kebutuhan.

4. Meningkatkan Koordinasi Gerak Tubuh

Manfaat selanjutnya adalah meningkatkan kekuatan, koordinasi gerak tubuh, serta keseimbangan. Koordinasi gerak tubuh yang baik pada seseorang dapat menurunkan risiko jatuh dan patah tulang di kemudian hari.

5. Menjaga Kesehatan Mental

Bersepeda dapat memicu tubuh untuk memproduksi hormon dopamin. Hormon tersebut mampu memicu perasaan bahagia, meredakan stres, depresi, dan kecemasan yang kamu alami.

Baca juga: 5 Mitos Bersepeda pada Malam Hari yang Tak Banyak Diketahui

Itulah beberapa manfaat bersepeda yang dapat kamu rasakan jika rutin melakukannya. Guna menunjang kesehatan tubuh, jangan lupa dibarengi dengan pola hidup sehat lainya, ya.

Jika dalam praktiknya kamu mengalami cedera, segera buat janji temu dengan dokter di rumah sakit terdekat melalui aplikasi Halodoc. Atasi segera sebelum cedera bertambah parah. Yuk, download aplikasinya di sini.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi:

NCBI. Diakses pada 2021. How does exercise treatment compare with antihypertensive medications? A network meta-analysis of 391 randomised controlled trials assessing exercise and medication effects on systolic blood pressure

Health Harvard. Diakses pada 2021. The top 5 benefits of cycling.

Better Health. Diakses pada 2021. Cycling – health benefits.