• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bukan Cuma Sakit Menelan, Ini Gejala Radang Tenggorokan

Bukan Cuma Sakit Menelan, Ini Gejala Radang Tenggorokan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Sakit tenggorokan adalah rasa sakit, kering, atau gatal di tenggorokan. Nyeri di tenggorokan adalah salah satu gejala yang paling umum. Sebagian besar sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi atau oleh faktor lingkungan seperti udara kering. Meskipun sakit tenggorokan bisa terasa tidak nyaman, tetapi biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Gejala sakit tenggorokan dapat bervariasi tergantung pada apa yang menyebabkannya. Selain sakit menelan, sakit tenggorokan bisa menyebabkan gejala gatal, sensasi tenggorokan terbakar, mulut terasa hambar, tenggorokan kering yang mengganggu. Selengkapnya informasi mengenai radang tenggorokan ada di bawah ini!

Gejala lain yang Mengiringi

Biasanya sakit tenggorokan juga diiringi dengan gejala hidung tersumbat, hidung meler, bersin, batuk, demam, tubuh panas dingin, pembengkakan kelenjar di leher, suara serak, pegal-pegal, sakit kepala, dan kehilangan nafsu makan.

Penyebab sakit tenggorokan biasanya karena infeksi hingga cedera. Berikut ini beberapa penyebab sakit tenggorokan yang umum terjadi:

Baca juga: Tanpa Obat, Ini Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

  1. Pilek, flu, dan infeksi virus lainnya

Virus menyebabkan sekitar 90 persen sakit tenggorokan. Di antara virus yang menyebabkan sakit tenggorokan adalah:

  • flu biasa.

  • mononucleosis, penyakit menular yang ditularkan melalui air liur.

  • campak, penyakit yang menyebabkan ruam dan demam.

  • cacar air, infeksi yang menyebabkan demam dan gatal, ruam bergelombang.

  • gondong, infeksi yang menyebabkan pembengkakan kelenjar ludah di leher.

  1. Radang tenggorokan dan infeksi bakteri lainnya

Infeksi bakteri juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Yang paling umum adalah radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus.

Radang tenggorokan menyebabkan hampir 40 persen dari kasus sakit tenggorokan pada anak-anak. Tonsilitis dan infeksi menular seksual, seperti gonore dan klamidia juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan.

  1. Alergi

Ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap pemicu alergi seperti serbuk sari, rumput, dan bulu hewan peliharaan, ia melepaskan bahan kimia yang menyebabkan gejala, seperti hidung tersumbat, mata berair, bersin, dan iritasi tenggorokan.

Kelebihan lendir di hidung juga bisa masuk ke bagian belakang tenggorokan. Ini disebut postnasal drip dan dapat mengiritasi tenggorokan.

  1. Udara kering

Udara kering dapat menyedot kelembapan dari mulut dan tenggorokan serta membuat tenggorokan terasa kering dan gatal. Kondisi udara biasanya kering di bulan-bulan musim dingin yang bisa menjadi pemicu sakit tenggorokan juga.

Kalau kamu mengalami sakit tenggorokan yang sangat mengganggu, tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa kapan dan di mana saja memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Pencegahan Radang Tenggorokan

Beberapa faktor dapat meningkatkan risiko infeksi radang tenggorokan. Misalnya usia muda, di mana anak-anak paling sering mengalami radang tenggorokan. Kemudian, radang tenggorokan biasanya disebut sakit musiman juga. 

Baca juga: Infeksi Tenggorokan Bisa Sebabkan Adenoiditis

Meskipun radang tenggorokan dapat terjadi kapan saja, tetapi cenderung paling banyak terjadi di musim dingin dan awal musim semi. Bakteri strep tumbuh dalam kelompok-kelompok orang yang beraktivitas dalam jarak dekat. 

Bagaimana langkah pencegahan radang tenggorokan?

  1. Bersihkan tangan

Membersihkan tangan dengan benar adalah cara terbaik untuk mencegah semua jenis infeksi. Itulah mengapa penting untuk membersihkan tangan sendiri secara teratur dan mengajar anak-anak cara membersihkan tangan dengan benar menggunakan sabun dan air atau pembersih tangan berbahan dasar alkohol.

  1. Tutup mulutmu

Ajari anak-anak untuk menutup mulut saat batuk atau bersin.

  1. Jangan berbagi barang pribadi

Jangan berbagi gelas minum atau peralatan makan. Cuci piring dalam air sabun yang panas atau dalam mesin cuci piring.

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2019. Sore Throat 101: Symptoms, Causes, and Treatment.
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Strep Throat.