• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bukan Cuma untuk Sembelit, Ini 6 Manfaat Pepaya

Bukan Cuma untuk Sembelit, Ini 6 Manfaat Pepaya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Selama ini, manfaat pepaya yang lebih dikenal banyak orang adalah untuk melancarkan pencernaan. Itulah mengapa buah berbentuk lonjong ini sering dikonsumsi di kala mengalami sembelit. Namun, enggak hanya bisa mengusir sembelit, pepaya sebenarnya adalah buah super yang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan lain.

Baca juga: Sembelit Bikin Perut Tak Nyaman, Coba Konsumsi Tomat

Buah pepaya memiliki nutrisi yang lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, serat, vitamin, kalsium hingga antioksidan. Salah satu vitamin yang banyak ditemukan dalam pepaya adalah vitamin C. Satu buah pepaya mengandung setidaknya 235 miligram vitamin C. Jumlah tersebut 2–3 kali lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuh perharinya. Selain itu, buah yang masih termasuk dalam famili caricaceae ini juga mengandung vitamin A, vitamin B1, B3, B5, vitamin E, vitamin K, likopen, serat, kalsium, potassium, folat, magnesium, serta rendah kalori. Pepaya juga mengandung antioksidan sehat yang dikenal sebagai karotenoid, terutama jenis yang disebut likopen.

Melihat banyaknya nutrisi yang dimiliki pepaya, tidak heran jika mengonsumsi buah tersebut bisa memberi banyak manfaat untuk tubuh, yaitu sebagai berikut:

1. Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas adalah molekul reaktif yang diciptakan dalam proses metabolisme tubuh kamu. Molekul ini bisa meningkatkan stres oksidatif yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Nah, antioksidan yang dimiliki pepaya, seperti karotenoid dapat menetralkan radikal bebas.

Studi mencatat bahwa fermentasi pepaya dapat mengurangi stres oksidatif pada orang  tua dan orang-orang yang mengidap prediabetes, hipotiroidisme ringan, dan penyakit hati. Banyak juga peneliti yang percaya bahwa radikal bebas yang berlebihan di otak adalah salah satu faktor penyebab penyakit Alzheimer. Pepaya terbukti efektif menurunkan risiko Alzheimer.

2. Mencegah Kanker

Enzim papain dalam pepaya sedang diteliti sebagai enzim yang dapat digunakan dalam terapi melawan kanker. Selain itu, pepaya juga dipercaya dapat mengurangi risiko kanker karena kandungan likopennya mampu mengurangi radikal bebas penyebab kanker.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Memperbanyak konsumsi pepaya juga bisa meningkatkan kesehatan jantung kamu, lho. Studi menunjukkan bahwa buah-buahan yang kaya likopen dan vitamin C dapat membantu mencegah penyakit jantung. Antioksidan dalam pepaya juga dapat melindungi jantung kamu dan meningkatkan efek perlindungan dari kolesterol HDL "baik".

Baca juga: 3 Cara Jitu Menjaga Kesehatan Jantung

4. Melawan Peradangan

Peradangan kronis adalah akar dari banyak penyakit. Beberapa hal yang dapat menyebabkan peradangan terjadi adalah makanan yang tidak sehat dan pilihan gaya hidup. Namun, studi menunjukkan bahwa buah yang kaya antioksidan seperti pepaya dapat membantu mengurangi peradangan.

5. Menjaga Keremajaan Kulit

Buah yang berasal dari Mexico ini juga memiliki kandungan nutrisi yang bisa membuat kulit tetap sehat dan awet muda. Enzim papain dalam pepaya dapat membantu melembutkan dan merevitalisasi kulit. Vitamin A dan C dari pepaya juga dapat membantu mengurangi kerutan dan memudarkan bintik-bintik hitam. Bukan cuma itu saja, vitamin C juga bisa membantu tubuh menghasilkan kolagen berguna untuk mengurangi keriput.

Baca juga: Rahasia Awet Muda dengan Makanan yang Enak

6. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Berkat berbagai macam vitamin yang dimilikinya seperti vitamin A, C dan E, manfaat buah pepaya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi. Kamu pun akan terhindar dari penyakit infeksi seperti pilek dan flu.

Nah, ternyata ada banyak sekali kan manfaat kesehatan yang dimiliki buah pepaya. Karena itu, kamu disarankan untuk mengonsumsi buah ini secara rutin. Kamu bisa mengonsumsi buah ini secara langsung setelah dipotong-potong maupun dijadikan jus. 

Biar kamu enggak gampang sakit, kamu juga bisa menjaga kesehatan tubuhmu dengan mengonsumsi vitamin dan suplemen. Beli vitamin dan suplemennya di Halodoc saja. Caranya sangat mudah, tinggal order lewat aplikasi, dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. 8 Evidence-Based Health Benefits of Papaya.