• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bukan Hanya Dewasa, Penyakit Wilson Juga Bisa Serang Anak

Bukan Hanya Dewasa, Penyakit Wilson Juga Bisa Serang Anak

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Penyakit Wilson adalah penyakit langka yang menyebabkan penumpukan tembaga di hati, otak, dan organ vital lainnya. Tembaga adalah senyawa penting yang dibutuhkan  dalam perkembangan saraf, tulang, kolagen dan pigmen kulit. Biasanya, tembaga diperoleh dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Ketika jumlahnya berlebih, maka tembaga diekskresikan melalui zat yang diproduksi di hati, yaitu empedu.

Pada seseorang yang mengidap penyakit Wilson, tembaga tidak mampu diekskresikan dengan benar dan terakumulasi. Penyakit Wilson lebih sering diidap oleh orang dewasa atau remaja. Namun, anak-anak juga berisiko mengidap penyakit ini. Ini alasan mengapa anak-anak dapat mengidap penyakit Wilson. 

Baca Juga: Diagnosis Penyakit Wilson dengan Pemeriksaan Ini

Mengapa Anak-Anak Dapat Mengidap Penyakit Wilson?

Perubahan atau mutasi pada gen pada anak-anak adalah penyebab utama penyakit Wilson. Anak-anak yang memiliki satu salinan gen ini bisa menjadi pembawa penyakit. Melansir dari About Kids Health, sekitar satu dari 100 orang membawa gen ini. Seorang anak yang dilahirkan dari kedua orangtua yang memiliki salinan gen dapat mengembangkan penyakit Wilson. 

Jika orangtua membawa gen penyakit Wilson, anak memiliki kemungkinan 25% untuk mengidap penyakit ini. Jadi, penyakit Wilson adalah salah satu penyakit genetik dan jarang disebabkan oleh kondisi lainnya. Apabila ibu punya pertanyaan terkait hal ini, ibu bisa mendiskusikannya bersama dokter Halodoc. Lewat aplikasi, ibu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Baca Juga: Hati-Hati, Penyakit Wilson Dapat Picu Gangguan Kejiwaan

Gejala Penyakit Wilson pada Anak-Anak

Penyakit Wilson tidak menimbulkan gejala sampai seorang anak dilahirkan. Hati sering menjadi organ pertama yang akan terpengaruh ketika jumlah tembaga berlebihan. Gejala yang akan dialami, yaitu:

  • Pembesaran hati atau limpa;
  • Penyakit kuning (jaundice);
  • Mudah memar;
  • Kelemahan dan kelelahan.

Ketika penyakit ini memengaruhi sistem saraf pusat terpengaruh, gejala yang akan timbul, yaitu:

  • Kebingungan atau delirium;
  • Kesulitan berjalan (ataksia) atau masalah koordinasi fisik lainnya;
  • Perubahan emosi atau perilaku;
  • Gerakan lambat atau tidak terkendali;
  • Gangguan bicara;
  • Tremor pada lengan atau tangan.

Jika Si Kecil mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mengetahui perawatan yang tepat. Sebelum mengunjungi rumah sakit, kini ibu bisa membuat janji dengan dokter terlebih dahulu melalui aplikasi Halodoc. Tinggal pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu lewat aplikasi.

Perawatan Penyakit Wilson

Tujuan utama perawatan penyakit Wilson berfokus untuk mengurangi jumlah tembaga dalam tubuh. Perawatan ini harus dilakukan seumur hidup dan pengidapnya harus minum obat secara teratur. Anak-anak dengan penyakit Wilson dapat memiliki kesehatan yang baik jika penyakit ini terdeteksi dan diobati sejak dini. Jenis perawatan yang bisa dilakukan, yaitu  meliputi:

  1. Obat-Obatan

Terdapat berbagai jenis obat dapat digunakan. Penicillamine dan trientine hydrochloride adalah dua obat yang mampu mengikat tembaga di  dalam hati dan melepaskannya ke dalam aliran darah. Tembaga kemudian disaring oleh ginjal dan dilepaskan dari tubuh melalui urine.

Zinc acetate adalah obat ketiga yang menghalangi tembaga agar tidak terserap dalam saluran usus. Namun, zinc acetate bekerja terlalu lambat untuk penyakit Wilson yang sudah cukup parah. Zink acetate dapat dikombinasikan dengan penicillamine atau trientine hydrochloride tetapi harus diminum secara terpisah.

Baca Juga: 5 Komplikasi yang Terjadi Jika Terkena Penyakit Wilson

  1. Konsumsi Makanan Rendah Tembaga

Diet rendah tembaga juga dapat direkomendasikan. Makanan yang harus dihindari contohnya coklat, buah kering, jamur, kacang, kerang dan lain-lain. 

  1. Transplantasi Hati

Transplantasi hati dapat dipertimbangkan hati sudah mengalami kerusakan parah akibat kondisi tersebut.

Kalau ibu ingin tahu lebih lanjut seputar pola makan yang harus dijalani pengidap penyakit Wilson, ibu bisa berdiskusi bersama ahli gizi Halodoc terkait hal ini. Lewat aplikasi, ibu dapat menghubungi ahli gizi kapan saja dan di mana saja.

Referensi :
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Wilson's disease.
Riley Children’s Health. Diakses pada 2020. Wilson’s Disease.
About Kids Health. Diakses pada 2020. Wilson disease.