• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bukan Hanya Kaya Serat, Ini 4 Manfaat Melon untuk Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bukan Hanya Kaya Serat, Ini 4 Manfaat Melon untuk Kesehatan

Bukan Hanya Kaya Serat, Ini 4 Manfaat Melon untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 11 November 2021
Bukan Hanya Kaya Serat, Ini 4 Manfaat Melon untuk Kesehatan

“Melon tidak hanya bermanfaat untuk pencernaan melainkan juga menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan tulang, meningkatkan kontrol gula darah, serta menyehatkan kulit. Melon mengandung sumber vitamin mulai dari vitamin K, kalium, tembaga, sehingga memang sangat baik untuk kesehatan.”

Halodoc, Jakarta – Pada dasarnya semua buah-buahan kaya akan serat, sehingga baik dikonsumsi. Terkhusus buah melon, memiliki segudang kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan. Melon rendah sodium, lemak jenuh, dan kolesterol, serta kaya akan vitamin K, C, B6 kalium, dan tembaga. 

Ingin tahu lebih lanjut manfaat melon? Simak ulasannya berikut!

1. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Secara umum, diet kaya buah dan sayuran dikaitkan dengan penurunan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Terkhusus lagi bila makanan yang dimakan tersebut rendah sodium dan memiliki asupan kalium yang cukup sehingga dapat berpengaruh terhadap regulasi tekanan darah.

Melon adalah buah yang rendah sodium dan kaya potasium, sehingga dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah yang sehat. Jika kamu ingin meningkatkan asupan kalium, coba tambahkan melon ke dalam makanan.

2. Menjaga Kesehatan Tulang 

Melon mengandung beberapa nutrisi penting untuk memperbaiki dan memelihara tulang yang kuat, termasuk folat, vitamin K, dan magnesium. Mengonsumsi makanan yang mengandung folat, seperti melon, dapat meningkatkan kesehatan tulang dengan memastikan kadar homosistein tetap dalam kisaran normal. Meskipun begitu, butuh penelitian lebih lanjut untuk menarik kesimpulan pasti tentang hubungan antara folat dan kesehatan tulang.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan buah-buahan, seperti melon, secara teratur dapat menjaga kadar gula darah tetap sehat. Meskipun melon mengandung karbohidrat yang dapat meningkatkan gula darah untuk sementara, melon juga menyediakan serat dan nutrisi lain yang dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah dari waktu ke waktu.

4. Menyehatkan Kulit

Makan melon dapat mendukung kesehatan kulit karena kandungan vitamin C yang tinggi. Asupan vitamin C berperan penting untuk produksi kolagen yang tepat, sedangkan protein strukturalnya berperan penting untuk memperbaiki dan memelihara jaringan kulit. Karena vitamin C adalah antioksidan kuat, beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Itulah manfaat melon yang menarik untuk diketahui. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bukan hanya karena kandungan seratnya yang membuat melon menjadi sehat dikonsumsi, tetapi juga karena kandungan lainnya.

Selain dengan mengonsumsi buah-buahan sehat seperti melon, kamu juga bisa menjaga kesehatan dengan mengonsumsi suplemen kesehatan. Nah, kamu bisa membeli keperluan kesehatanmu dengan mudah melalui aplikasi Halodoc. Tanpa perlu keluar rumah, pesananmu akan diantarkan ke tempat tujuan dalam waktu kurang dari satu jam. Praktis kan? Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 10 Surprising Benefits of Honeydew Melon.
Medical West Hospital.org. Diakses pada 2021. Summer Melons.