21 March 2018

Bukan Kemayu, Ini Alasan Pria di Korea Suka Merawat Kulit

Bukan Kemayu, Ini Alasan Pria di Korea Suka Merawat Kulit

Halodoc, Jakarta – Dibandingkan pria, wanita lebih identik dan “dimaklumi” saat melakukan serangkaian perawatan wajah dan kulit. Namun ternyata, menjaga kesehatan dan kecantikan kulit tak hanya perlu dilakukan oleh wanita, lho. Pria juga disarankan untuk memperhatikan kesehatan kulit.

Melakukan perawatan kulit dan wajah sebenarnya sudah lama diterapkan oleh pria di Korea Selatan. Bukan kemayu, nyatanya mereka memiliki alasan sendiri untuk merawat kulit. Salah satunya adalah untuk menunjang penampilan. Mengutip berbagai sumber, pria di Korea Selatan mengaku lebih percaya diri dan merasa diperhatikan saat ia memiliki kulit yang terawat. Hal itu yang kemudian menjadi alasan para pria melakukan perawatan.

Bahkan sebuah penelitian menemukan bahwa pria di Korea Selatan menggunakan uangnya untuk melakukan dan berbelanja produk perawatan kulit. Bahkan dibanding pria lain, mereka cenderung memiliki pengeluaran yang lebih banyak untuk memenuhi produk perawatan kulit.

Sebuah data menunjukkan bahwa pria di Korea Selatan bahkan bisa menghabiskan uang  hingga 400 ribu rupiah untuk membeli produk kecantikan. Meski tidak terlalu fantastis, namun angka ini jauh lebih besar dibanding pengeluaran pria dari belahan dunia lain. Menurut data yang sama, selain di Negeri Ginseng, pria hanya mengeluarkan uang tak lebih dari 50 ribu rupiah untuk membeli produk perawatan kulit, yang hanya seputar facial wash atau alat cukur.

Terus Berkembang  

Tren menjaga  kecantikan kulit di kalangan pria Korea Selatan nyatanya terus tumbuh dan berkembang. Bahkan, menurut sebuah perusahaan investasi asal Amerika, Franklin Templeton, kebutuhan produk kecantikan untuk kategori perawatan wajah pria terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Penelitian itu menemukan bahwa jenis produk kecantikan yang paling banyak terjual adalah toner, essence, pensil alis, masker dan BB cream.

(Baca juga: Alasan Pria Juga Butuh Perawatan Wajah)

Meski masih terdengar asing, tak dapat dimungkiri bahwa melakukan perawatan wajah pun perlu untuk dilakukan pria. Alasannya adalah karena sebagian besar pria biasanya lebih banyak melakukan aktivitas di luar ruangan dibanding wanita. Hal itu membuat kulit pria membutuhkan perlindungan lebih untuk menghindari dampak dari sengatan sinar matahari.

Selain itu, faktanya pria memiliki jenis kulit yang lebih rentan mengalami penumpukan komedo dan masalah lain terutama di bagian wajah yang lebih banyak mengeluarkan minyak dibanding wanita. Sejumlah ahli menambahkan, kulit pria ternyata lebih tebal hingga 25 persen daripada wanita, hal ini tentu menjadi alasan mengapa pria perlu untuk melakukan perawatan untuk menjaga kesehatan kulit.

Cara Merawat Kulit Pria

Karena kondisi dan kebutuhan yang berbeda, cara perawatan kulit pria pun berbeda pula dengan wanita. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, yuk ikuti tips merawat wajah untuk pria berikut!

  • Menggunakan tabir surya, produk ini bermanfaat sebagai pelindung dari paparan sinar UV yang bisa merusak kulit, menimbulkan garis halus, kerut, hingga bintik gelap.
  • Gunakan pelembab (moisturizer), tujuannya untuk mencegah kulit pecah-pecah, kering, gatal, atau kusam. Sebaiknya, pilih produk pelembab yang ringan dan bisa melindungi kulit untuk waktu yang lama.
  • Bersihkan wajah setiap hari, setidaknya kegiatan membersihkan wajah dilakukan dua kali sehari. Dengan begitu keringat dan kotoran yang menempel di wajah tak akan menutupi pori-pori kulit.
  • Gunakan scrub dan krim mata, cobalah untuk menggunakan produk scrub seminggu sekali agar sel kulit mati dan infeksi yang muncul bisa terangkat. Sedangkan krim mata bermanfaat untuk mencegah dehidrasi, garis, dan kerutan di sekitar mata.

Punya masalah kesehatan dan butuh saran ahli? Hubungi dokter pakai aplikasi Halodoc saja! Dokter bisa dihubungi lewat Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!