• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bukan Sekadar Bumbu Dapur, Ini Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Bukan Sekadar Bumbu Dapur, Ini Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Bukan Sekadar Bumbu Dapur, Ini Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

“Bumbu dapur aromatik, lengkuas, ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan. Rempah ini kaya akan antioksidan, sehingga bisa melawan efek radikal bebas. Selain itu, manfaat lengkuas yang lainnya adalah bisa melindungi dari infeksi, meredakan peradangan dan nyeri, hingga meningkatkan kesuburan pria.”

Halodoc, Jakarta – Bicara soal bumbu dapur untuk masakan Nusantara, tentunya lengkuas tidak boleh ketinggalan. Namun, tahukah kamu bahwa rempah ini juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh? Yuk, simak lebih lanjut pembahasan seputar manfaat lengkuas!

Baca juga: Catat, Ini 7 Bumbu Dapur yang Memiliki Antioksidan Tinggi

Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Lengkuas sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai penyakit. Berikut ini beberapa manfaat lengkuas bagi kesehatan yang perlu diketahui:

  1. Kaya Antioksidan

Mungkin belum banyak yang tahu, bahwa lengkuas adalah rempah yang kaya akan antioksidan. Hal ini membuat lengkuas mampu membantu melawan penyakit dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

  1. Melindungi dari Infeksi

Minyak atsiri yang diekstrak dari lengkuas dapat melawan berbagai infeksi mikroorganisme. Menurut studi pada 2007 di jurnal Food Microbiology, menambahkan lengkuas segar ke dalam resep dapat mengurangi risiko vibriosis, infeksi yang disebabkan oleh makan kerang yang kurang matang.

  1. Meredakan Peradangan dan Nyeri

Studi pada 2015 yang diterbitkan di Nutrition Journal mengungkapkan bahwa tanaman dari keluarga Zingiberaceae, termasuk lengkuas, mampu meredakan peradangan dan nyeri. Namun, penelitian lebih lanjut tentang efek pengurang rasa sakit dari lengkuas secara khusus diperlukan.

Baca juga: Bukan Bumbu Dapur Biasa, Ini 11 Manfaat Kunyit Secara Medis

  1. Mencegah Kanker Tertentu

Senyawa galangin dalam lengkuas dipercaya dapat membantu melindungi tubuh dari jenis kanker tertentu, seperti kanker usus besar, kanker payudara, kanker kulit, dan kanker hati. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui khasiat tersebut.

  1. Meningkatkan Kesuburan Pria

Sebuah penelitian terhadap hewan pada 2014 di Iranian Journal of Reproductive Medicine, menunjukkan bahwa lengkuas dapat meningkatkan kesuburan pria. Para peneliti menemukan bahwa jumlah dan motilitas sperma meningkat pada tikus yang diberi ekstrak lengkuas. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk menentukan efek lengkuas pada kesuburan pria.

Baca juga: Berbagai Rempah untuk Menjaga Kecantikan Kulit

Itulah pembahasan mengenai manfaat lengkuas bagi kesehatan. Dapat disimpulkan bahwa rempah ini memiliki banyak potensi manfaat, tetapi masih perlu banyak penelitian ilmiah untuk membuktikannya.

Bila kamu ingin tahu lebih lanjut seputar manfaat rempah ini, atau memiliki keluhan kesehatan di tengah pandemi, gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter, ya.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Food Microbiology. Diakses pada 2021. Inhibitory Activity Of Thai Condiments On Pandemic Strain Of Vibrio Parahaemolyticus.
Nutrition Journal. Diakses pada 2021. Zingiberaceae Extracts For Pain: a Systematic Review And Meta-Analysis.
Iranian Journal of Reproductive Medicine. Diakses pada 2021. Molecullar and Biochemical Effect Of Alcoholic Extract Of Alpinia Galanga On Rat Spermatogenesis Process.
Healthline. Diakses pada 2021. Galangal Root: Benefits, Uses, and Side Effects.
NetMeds. Diakses pada 2021. Galangal: Health Benefits, Nutrition, Uses In Ayurveda, Recipes, Side Effects.