15 August 2018

Bukan Sekadar Lifestyle, Bowling Bisa Latih Otot Lengan

Bowling, manfaat bowling

Halodoc, Jakarta – Bowling adalah salah satu jenis olahraga yang dipertandingkan pada Asian Games 2018 nanti. Ini adalah jenis olahraga yang dimainkan dengan menggelindingkan bola khusus menggunakan satu tangan. Bola ini digelindingkan ke arah sepuluh buah pin yang telah disusun menjadi bentuk segitiga jika dilihat dari atas.

Baca juga: Enggak Cuma Mengurangi Stres, Ini Manfaat Olahraga Bowling

Manfaat Bowling untuk Kesehatan

Selain untuk kompetisi dan gaya hidup (lifestyle), bowling juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja?

1. Melatih Kekuatan Otot dan Sendi

Ada banyak gerakan tubuh yang diperlukan saat bermain bowling, termasuk gerakan tangan, kaki, mata, dan tubuh. Bahkan untuk mengarahkan bola bowling ke pin, dibutuhkan koordinasi otot-otot tubuh terutama saat mengayunkan dan melempar bola. Gerakan ini bisa memberikan latihan yang cukup untuk tendon, ligamen, otot, dan persendian di lengan, sehingga bisa melatih kekuatan otot dan sendi tubuh.

2. Menurunkan Berat Badan

Olahraga ini juga bisa menjadi cara untuk menurunkan berat badan. Sebab, para ahli menyebutkan bahwa bermain bowling bisa membakar setidaknya 150-300 kalori. Semakin lama melakukannya, semakin banyak kalori yang akan terbakar.

3. Koordinasi Tangan dan Mata

Melemparkan bola bowling dan memukul pin membutuhkan koordinasi mata dan tangan yang sangat baik. Hal inilah yang bisa melatih dan mempertajam fokus, konsentrasi, serta melatih koordinasi mata dan tangan.

4. Mengurangi Stres

Biasanya, seseorang bermain bowling bersama teman-teman. Adanya interaksi dengan orang lain inilah yang bisa membantu mengurangi stres yang dialami. Sehingga tak jarang, bermain bowling bisa menjadi solusi untuk mengurangi stres dan mempererat hubungan sosial.

5. Melatih Fleksibilitas dan Keseimbangan Tubuh

Bermain bowling bisa membuat tubuh lebih fleksibel. Ini karena saat bermain bowling, tubuh akan membungkuk, melompat, merangkak, memutar, dan gerakan lain yang dibutuhkan untuk melempar bola ke arah pin. Itu mengapa olahraga ini bisa melatih fleksibilitas dan keseimbangan tubuh.

6. Menyehatkan Jantung

Gerakan tubuh saat bermain bowling membantu kinerja otot-otot jantung, sehingga bisa menyehatkan jantung. Selain itu, adrenalin yang dirasakan selama pertandingan atau bermain bowling juga bisa meningkatkan denyut jantung.

Baca juga: Bisa Dicoba, 5 Olahraga untuk Kesehatan Jantung

7. Menurunkan Risiko Penyakit

Terutama penyakit yang berhubungan dengan penyakit kardiovaskular. Ini karena saat bermain bowling, kamu akan banyak bergerak dan berkeringat, sehingga bisa menurunkan risiko penyakit. Bahkan, sebuah studi menyebutkan bahwa bermain bowling bisa melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh, sehingga bisa menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kolesterol. Selain itu, bermain bowling juga bisa meningkatkan kepadatan tulang dan membantu tubuh dalam memanfaatkan oksigen dengan lebih baik.

Baca juga: Mana yang Lebih Sehat: Olahraga Sendiri atau Berkelompok?

Meski bermain bowling banyak manfaat, hal ini baru bisa didapatkan jika kamu rutin melakukan olahraga bowling, setidaknya dua kali dalam seminggu. Hal lain yang perlu diingat adalah, jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelah berolahraga. Tujuannya untuk mempersiapkan otot-otot tubuh dan mencegah terjadinya cedera saat berolahraga.

Itulah fakta tentang olahraga bowling yang perlu diketahui. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar bowling, jangan ragu bertanya pada dokter Halodoc. Sebab melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter tepercaya kapan saja dan dimana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!