Bukan Sekadar Nahan Lapar, Ini Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
bukan-sekadar-nahan-lapar-ini-manfaat-puasa-bagi-kesehatan-halodoc

Halodoc, Jakarta – Tidak terasa sebentar lagi bulan Ramadan tiba. Di bulan yang suci tersebut, umat Muslim menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Saat berpuasa, seseorang tidak makan dan minum selama lebih dari setengah hari.

Enggak heran tidak sedikit orang yang menganggap puasa sebagai aktivitas yang berat untuk dilakukan. Tapi kenyataannya, puasa tidak hanya sekadar menahan lapar dan haus, lho. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari menjalani puasa. Yuk, cari tahu manfaat puasa bagi kesehatan di sini.

Ketika berpuasa, tubuh mengalami perubahan akibat tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman sama sekali selama 14 jam. Jadi, wajar saja bila kamu merasa lemas dan pusing saat berpuasa. Kondisi tersebut terjadi karena saat berpuasa, kadar glikogen, glukosa, lemak, dan protein di dalam tubuhmu akan menurun. Tapi, sebenarnya tubuh mampu berpuasa bila diberi asupan terlebih dahulu.

Itulah mengapa kamu dianjurkan untuk tidak melewatkan sahur selama berpuasa. Dengan mengonsumsi sahur, tubuh bisa mendapatkan cadangan energi yang membuatnya mampu bertahan tanpa asupan makanan dan minuman selama sekitar 8–10 jam.

Bila cadangan energi yang dihasilkan dari asupan gula sudah habis, tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi berikutnya. Ini bisa membuat berat badan kamu menurun, lho.

Baca juga: Bakar Lemak Perut Saat Puasa, Bisa!

Enggak terbatas hanya untuk beribadah saja, aktivitas menahan lapar dan haus ini juga baik untuk dilakukan siapa saja secara teratur, lho. Ini karena puasa bisa mendatangkan banyak manfaat kesehatan bila dilakukan dengan cara yang benar.

1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Menurut penelitian, mereka yang berpuasa sebulan sekali memiliki risiko 58 persen lebih rendah terkena penyakit jantung, dibandingkan mereka yang tidak menjalani puasa, lho. Beberapa penelitian lain juga menyatakan bahwa berpuasa bisa mengurangi resistensi insulin yang menjadi pemicu diabetes. Namun demikian, manfaat tersebut masih memerlukan penelitian lebih menyeluruh. Yang perlu diingat, untuk menjaga kesehatan jantung, faktor-faktor lain, seperti pola makan dan olahraga juga memiliki peran penting.

Baca juga: Kesehatan Jantung Terjaga Saat Puasa, Ini Buktinya

2. Membantu Memperbaiki Masalah Kesehatan

Menjalankan puasa diiringi dengan pola makan sehat, sebelum dan sesudahnya bisa membantu memperbaiki beberapa masalah kesehatan, seperti radang usus besar, radang sendi, serta penyakit kulit, seperti eksim dan psoriasis.

3. Mencegah Kanker

Saat berpuasa, laju pembelahan sel dalam tubuh akan melambat seiring faktor pertumbuhan yang menurun akibat terbatasnya asupan. Dengan demikian, puasa dipercaya bisa mencegah atau mengurangi risiko seseorang terkena kanker.

4. Menjaga Berat Badan

Ketika asupan gula yang merupakan sumber energi utama sudah habis, maka tubuh akan membakar lemak untuk mengubahnya menjadi energi. Nah, pembakaran lemak inilah yang dapat membantu mengurangi berat badan, bahkan mengurangi tingkat kolesterol. Bila berat badan tetap terjaga, maka diabetes dan tekanan darah pun juga dapat dikendalikan dengan baik.

Puasa memang dapat membuat berat badan turun secara otomatis, karena kamu tidak makan dan tidak mendapat asupan kalori selama berpuasa. Tapi, hati-hati, berat badan bisa kembali naik begitu kamu berbuka puasa. Sebab ketika berpuasa, kamu hanya kehilangan cairan, bukan berat badan substansial. Apalagi bila kamu kalap saat berbuka puasa.

Karena itu, penting untuk tetap mengendalikan nafsu makan saat kamu tidak berpuasa. Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang dapat memberikan tubuhmu cukup energi, seperti makanan yang mengandung karbohidrat, protein, serat dan lemak dalam jumlah yang seimbang.

Baca juga: 5 Tips Tetap Kuat Tahan Lapar Saat Puasa Tanpa Kekurangan Nutrisi

Itulah beberapa manfaat puasa untuk kesehatan. Jangan lupa download juga Halodoc sebagai teman penolong untuk membantu menjaga kesehatan kamu selama puasa. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa menghubungi dokter untuk membicarakan masalah kesehatan apa saja yang terjadi selama puasa kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.