• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bukannya Jadi Kuat, Ini Dampak Punya Otot Besar Secara Instan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bukannya Jadi Kuat, Ini Dampak Punya Otot Besar Secara Instan

Bukannya Jadi Kuat, Ini Dampak Punya Otot Besar Secara Instan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 20 Juni 2022

“Membesarkan otot tidak bisa dilakukan secara instan, melainkan perlu dibangun secara perlahan dengan mengonsumsi makanan bernutrisi dan meningkatkan kekuatannya dengan olahraga.”

Bukannya Jadi Kuat, Ini Dampak Punya Otot Besar Secara Instan

Halodoc, Jakarta – Memiliki otot yang besar  menjadi impian sebagian pria. Otot besar dan tubuh yang kekar bisa meningkatkan kepercayaan diri mereka. Hal yang perlu digarisbawahi, otot yang besar tak bisa didapatkan dengan cara instan. Lagi pula massa otot yang terlalu besar juga malah bisa berdampak buruk pada kesehatan. Simak penjelasannya di sini.

Bahaya Membesarkan Otot Secara Instan

Seorang pria asal Rusia melakukan cara instan untuk mendapat otot lengan yang besar. Alih-alih berolahraga, ia malah memutuskan untuk menyuntik zat kimia yang diracik sendiri ke lengannya. Ia disebut memiliki obsesi untuk membentuk otot bisepnya agar terlihat seperti milik seorang binaragawan.

Zat yang ia racik itu terbuat dari campuran minyak zaitun, lidokain dan benzyl alkohol. Dia membuat racikan tersebut dengan tujuan memberi efek seperti synthol, tapi dengan harga yang lebih murah.

Perlahan tapi pasti, suntikan tersebut memberikan efek nyata. Ukuran otot pria tersebut pun berubah seperti otot tokoh kartun  Popeye. Otot miliknya menjadi semakin merah dan memiliki garis urat berwarna ungu. Aksi pria ini pun mendapat banyak perhatian baik dari warganet maupun dari pihak medis.

Pasalnya dengan lengan baru, berat badannya mengalami peningkatan dari 62 kg menjadi 68 kg. Namun, karena bukan tersusun dari jaringan otot, lengan besarnya tidak menjadi sesuatu yang kuat malah berisiko diamputasi.

Cara Sehat Mendapatkan Otot Besar

Alih-alih menggunakan cara instan, cobalah untuk membesarkan otot dengan cara yang sehat. Berikut beberapa cara yang sehat untuk mendapatkan otot besar:

1. Makan Setiap Tiga Jam

Mengonsumsi makanan yang tepat pada waktu yang tepat sangat penting untuk membantu kamu meningkatkan massa otot. Nah, untuk mendapatkan otot besar dengan mudah, kamu dianjurkan untuk menyantap sarapan, makan siang, dan makan malam, ditambah dengan makan setelah berolahraga, sebelum tidur, dan dua camilan di antaranya. Dengan pola makan tersebut, kamu akan terhindar dari godaan makan banyak. 

Makan lebih sering tapi dalam porsi kecil akan membantu mengurangi ukuran perut kamu, daripada menyantap makanan besar beberapa kali. Kamu akan merasa kenyang lebih cepat, pinggang menjadi lebih ramping, dan keinginan kamu untuk ngemil berkurang.

2. Konsumsi Protein Setiap Waktu Makan

Nutrisi yang sudah dikenal berperan besar dalam meningkatkan massa otot adalah protein. Untuk mendapatkan otot besar, kamu perlu mengonsumsi 1 gram protein per 454 gram berat badan. Artinya kamu perlu mengonsumsi 200 gram protein per hari bila berat badan kamu 91 kilogram.

Cara termudah untuk memenuhi jumlah kebutuhan protein di atas adalah dengan makan sumber protein utuh setiap waktu makan. Sumber protein utuh, antara lain daging merah, ayam, ikan, telur, susu, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

3. Makan Karbohidrat Hanya Setelah Olahraga

Meskipun karbohidrat diperlukan untuk memberikan energi, kebanyakan orang mengonsumsi nutrisi tersebut lebih banyak daripada yang mereka butuhkan. Jadi, batasi asupan karbohidrat kamu hanya setelah berolahraga.

4. Konsumsi Lemak Sehat

Lemak sehat bisa mengembalikan kehilangan lemak dan lebih sehat karena dicerna dengan lambat. Pastikan kamu mengonsumsi lemak secara seimbang, konsumsi lemak sehat setiap kali makan, dan hindari lemak trans dan margarin untuk mendapatkan otot besar.

5. Minum Air

Melakukan latihan kekuatan membuatmu kehilangan banyak cairan tubuh melalui keringat. Bila tidak digantikan, kondisi tersebut bisa mengganggu pemulihan otot, yang pada akhirnya tidak membantu meningkatkan massa otot. Selain mencegah dehidrasi, minum banyak air putih setelah berolahraga juga bisa mengurangi rasa lapar.

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan massa otot agar bisa punya otot sebesar Popeye. Pastikan kamu membarengi pola makan sehat di atas dengan olahraga yang berfokus untuk melatih otot ya. Bila kamu masih punya pertanyaan seputar diet dan nutrisi untuk memperbesar otot, langsung hubungi ahlinya saja melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa tanya dokter dan minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Mirror. Diakses pada 2022. Real-life Popeye ‘risks death’ unless lumps of hardened jelly removed from fake biceps.
Everyone Active. Diakses pada 2022. Eight Tips To Help You Build Muscle Mass.