Ini Bumbu Dapur yang Bermanfaat untuk Kecantikan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ini Bumbu Dapur yang Bermanfaat untuk Kecantikan

Halodoc, Jakarta – Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk merawat kecantikan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Bukan hanya buah dan sayuran, bumbu dapur juga bisa disulap jadi bahan perawatan kecantikan, lho. Apa saja jenis bumbu dapur untuk kecantikan, manfaat, dan cara menggunakannya? Kamu bisa mengetahuinya dalam pembahasan berikut.

1. Biji Merica

Biji merica memiliki sifat menghangatkan tubuh, melancarkan peredaran darah, dan antibakteri. Itulah sebabnya biji merica bisa digunakan sebagai bahan scrub yang berguna untuk menyingkirkan komedo membandel di permukaan kulit hidung dan dagu.

Baca juga: Ketahuilah Urutan Membersihkan Wajah yang Benar

Cara menggunakannya adalah campurkan 1 sendok makan biji merica yang telah digiling dengan 1 sendok teh yoghurt, lalu oleskan ke area kulit yang berkomedo. Diamkan sekitar 7 menit, lalu bilas wajah hingga bersih. Sebaiknya gunakan biji merica yang digiling sendiri, ketimbang merica bubuk yang dijual di pasaran. Sebab biasanya merica seperti itu sudah dicampur dengan bahan lain.

2. Kunyit

Pernah menemukan produk bedak dingin atau lulur yang dibuat dari ekstrak kunyit? Bukanlah hal yang asing lagi memang jika kunyit digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan sejak lama. Rempah berwarna kuning ini mengandung curcumin, yang memiliki sifat antikanker dan antioksidan. Selain itu, kunyit juga bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit dari kotoran dari debu dan polusi yang menempel.

3. Jahe

Selain nikmat diolah menjadi minuman hangat, jahe juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, lho. Bumbu dapur yang satu ini cocok dijadikan sebagai skin tonic, karena dapat menstimulasi sirkulasi di kulit dan mengembalikan vitalitas kulit, tanpa menyebabkan iritasi.

Untuk menjadikannya sebagai bahan perawatan kulit, kamu bisa mengoleskan irisan jahe segar pada area kulit wajah yang sudah dibersihkan, terutama di bagian yang paling berminyak dan paling sering berjerawat seperti dahi, pipi, dan dagu. Diamkan selama kira-kira 20 menit hingga ekstrak jahe meresap di kulit, lalu bilas wajah hingga bersih.

Baca juga: Terlihat Sepele, Jangan Lupakan 6 Hal Ini Saat Pakai Lipstick

4. Biji Pala

Biji pala memiliki kandungan antiinflamatori yang dapat mencegah peradangan pada kulit. Itulah sebabnya rempah ini dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti dermatitis. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter di aplikasi Halodoc terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk menggunakan biji pala sebagai pengobatan utama ataupun pendamping untuk dermatitis. 

Sebab setiap pengobatan untuk dermatitis dapat berbeda-beda pada setiap pengidap, tergantung jenis, penyebab, dan tingkat keparahan yang dialami. Jadi, jika mengalami gejala dermatitis, buatlah janji dengan dokter di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc, untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Selain dapat digunakan untuk obat dermatitis, biji pala juga ternyata mampu mencerahkan kulit dan menyamarkan noda bekas jerawat, lho. Caranya, campurkan biji pala yang telah dihaluskan dengan madu, lalu oleskan pada wajah, terutama area yang memiliki bekas jerawat. Agar hasilnya optimal, lakukan perawatan ini secara rutin.

5. Kayu Manis

Efek menghangatkan yang dimiliki kayu manis, membuat rempah ini kerap dijadikan sebagai bahan balsem atau krim otot. Secara umum, kayu manis memiliki manfaat untuk memperlancar peredaran darah dan antibakteri, sehingga bagus jika digunakan sebagai perawatan kulit berjerawat.

Baca juga: 3 Tanda Salah Membeli Foundation

Untuk menggunakannya, kamu bisa oleskan bubuk kayu manis yang telah dicampur dengan sedikit air ke area wajah yang mengalami jerawat. Perawatan ini dapat membantu meredakan peradangan pada jerawat dan membuatnya lebih cepat kering.

6. Cengkeh

Cengkeh merupakan salah satu bumbu dapur yang juga bermanfaat untuk kecantikan, lho. Hal ini karena cengkeh mengandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan dan bersifat antimikroba. Tidak tanggung-tanggung, antioksidan yang terkandung dalam cengkeh terbilang paling tinggi dibanding rempah-rempah lainnya. 

Jika digunakan pada kulit wajah, cengkeh dapat bermanfaat sebagai cleanser yang efektif untuk membersihkan kulit dari sisa riasan, kotoran, dan bakteri. Selain itu, aroma yang menenangkan pada cengkeh juga dapat berfungsi sebagai aromaterapi yang bikin relaks.

Referensi:
The Healthy. Diakses pada 2019. 7 Spices Worth Adding to Your Beauty Routine.
Bustle. Diakses pada 2019. These 9 Spices & Herbs For Good Skin Could Change How You Look At Cinnamon & Ginger.