• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bumil, Perhatikan 6 Tips Ini saat Membeli Baju Hamil
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bumil, Perhatikan 6 Tips Ini saat Membeli Baju Hamil

Bumil, Perhatikan 6 Tips Ini saat Membeli Baju Hamil

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 09 Desember 2022

“Dalam memilih baju hamil, sebaiknya yang terbuat dari bahan yang nyaman dan dapat digunakan hingga menyusui kelak. Dengan begitu, tidak banyak uang yang dikeluarkan untuk pakaian.”

Bumil, Perhatikan 6 Tips Ini saat Membeli Baju HamilBumil, Perhatikan 6 Tips Ini saat Membeli Baju Hamil

Halodoc, Jakarta – Saat mendapatkan kehamilan pertama, banyak wanita yang membeli segalanya sebagai persiapan. Salah satu barang yang pasti dibeli termasuk baju hamil. Namun, sebaiknya ibu tidak impulsif dalam membeli baju dan memilih yang terbaik agar awet dan tetap nyaman digunakan.

Berbagai Tips untuk Memilih Baju Hamil

1. Hindari Bahan Sintetis

Dalam memilih baju hamil, sebaiknya menghindari bahan sintetis seperti nilon dan akrilik. Alangkah lebih baik memilih bahan alami, seperti linen, sutra, katun, dan wol. Bahan sintetis dapat mengurangi sirkulasi udara, sehingga menahan panas tubuh pada kulit.

Selain itu, bahan sintetis juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit saat hamil dan menimbulkan ruam serta peradangan. Sebelum membeli pakaian, sebaiknya lihat labelnya dan pastikan mengandung paling tidak 75 persen bahan alami.

2. Pilih Pakaian yang Bisa Meregang

Saat menggunakan pakaian yang ketat, ibu mungkin merasa tidak nyaman saat melakukan berbagai aktivitas. Bahkan, baju yang terlalu ketat dapat menghambat sirkulasi darah hingga menyebabkan rasa sakit dan bengkak.

Maka dari itu, sebaiknya pilih pakaian yang sedikit elastis. Pilih pakaian yang dengan bahan yang elastis dipadukan dengan katun, agar lebih mudah dikenakan dan tidak membatasi gerakan atau sirkulasi darah dalam tubuh.

3. Cari Pakaian yang Ramah untuk Menyusui

Pakaian yang dibeli sebaiknya bisa digunakan baik saat hamil atau setelahnya. Nah, pilihlah baju hamil yang juga bisa digunakan untuk menyusui kelak. Cari baju yang memiliki kemudahan untuk menyusui atau memiliki kancing di bagian depan. Cara ini juga dapat mengurangi pengeluaran yang berlebihan terhadap pakaian.

4. Jangan Lupakan Pakaian Dalam

Ibu juga perlu mendapatkan pakaian dalam yang nyaman dan mendukung kehamilan bahkan hingga menyusui nantinya. Banyak bra yang memiliki fungsi ganda, nyaman digunakan saat hamil dan mampu mendukung untuk menyusui. Pilih juga celana dalam yang bisa meregang mengikuti pinggang yang semakin membesar.

5. Tetap Pilih yang Sederhana

Saat membeli baju hamil, pilihlah pakaian yang serbaguna dan bahkan bisa terlihat profesional atau kasual. Pertimbangkan untuk membeli barang seperti ini sebagai pelengkap agar dapat dikenakan saat ke kantor.

Beberapa contoh pakaian yang perlu dimiliki adalah celana jins, celana panjang hitam, serta kemeja berkancing. Padukan berbagai pakaian yang dimiliki agar terlihat tetap rapih namun nyaman saat digunakan meski perut semakin membesar.

6. Pertimbangkan Membeli Pakaian yang Reversibel

Saat ibu mendapatkan pakaian yang bisa dibalik, artinya mendapatkan dua barang dengan membeli hanya satu. Tentu saja hal ini dapat menghemat uang dan juga ruangan di lemari pakaian. Kabar baik lainnya adalah mencuci baju jadi lebih sedikit.

Sekarang ibu tahu beberapa tips dalam membeli baju hamil yang perlu dipertimbangkan. Sebaiknya pilih yang bisa digunakan saat hamil hingga menyusui nantinya. Jangan hanya memilih desain yang terbaik, tetapi juga dengan bahan yang nyaman untuk dikenakan.

Apabila masih memiliki pertanyaan lainnya terkait cara memilih baju hamil, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban langsung dari ahlinya. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mustela. Diakses pada 2022. 6 Tips For Finding The Best Maternity Clothes.
Very Well Family. Diakses pada 2022. Everything You Need to Know About Maternity Clothes.
PBC Expo. Diakses pada 2022. Tips on buying maternity clothes.