• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Busui, Ini 5 Pilihan Makanan untuk Meningkatkan Kualitas ASI
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Busui, Ini 5 Pilihan Makanan untuk Meningkatkan Kualitas ASI

Busui, Ini 5 Pilihan Makanan untuk Meningkatkan Kualitas ASI

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 17 Juni 2022

“ASI tidak lancar kerap menjadi masalah yang dialami sebagian besar ibu menyusui (busui). Cara mengatasinya bisa dengan mengonsumsi makanan bergizi, seperti daun katuk, bayam, dan daun kelor.”

Busui, Ini 5 Pilihan Makanan untuk Meningkatkan Kualitas ASI

Halodoc, Jakarta – Hingga genap berusia 6 bulan, ASI masih menjadi makanan utama bayi. Sebab, ASI memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil. Selain itu, ASI juga mengandung kekebalan tubuh alami yang dapat melindungi sang buah hati dari berbagai jenis penyakit.

Banyak atau sedikitnya ASI sebenarnya bekerja sesuai dengan permintaan. Mudahnya, semakin sering bayi menyusu langsung atau ibu memompa ASI, semakin meningkat produksinya. Namun, terkadang produksi ASI juga mengalami penurunan. Ini bisa terjadi karena ibu mengalami kelelahan, stres, atau kurangnya asupan makanan bergizi.

Makanan untuk Menambah Kualitas ASI

Tak hanya produksinya, ibu juga harus memperhatikan kualitas ASI yang diberikan untuk sang buah hati. Sebab, tentu pemenuhan gizi dan tumbuh kembang Si Kecil akan semakin optimal dengan ASI berkualitas. Ibu bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut untuk meningkatkan kualitas ASI. 

  1. Daun Katuk

Makanan penambah kualitas ASI pertama adalah daun katuk. Memiliki nama latin Sauropus androgynus, daun katuk menjadi jenis tanaman yang sudah dipercaya khasiatnya sebagai peningkat produksi dan kualitas ASI sejak lama. Daun satu ini memang bisa dikonsumsi dalam bentuk mentah atau diolah menjadi sayur dengan rasa yang sangat enak. 

Setidaknya, terdapat kandungan serat, protein, antioksidan, dan vitamin pada daun katuk. Belum lagi sederetan mineralnya seperti seng, mangan, zat besi, fosfor, magnesium, dan kalium. Konsumsi daun katuk diduga mampu merangsang kerja hormon oksitosin dan prolaktin untuk ASI yang lebih banyak dan berkualitas.

  1. Daun Kelor

Selain daun katuk, jenis tanaman lain yang diyakini dapat membantu meningkatkan produksi dan kualitas ASI adalah daun kelor. Tanaman satu ini memiliki kandungan mineral, vitamin, glikosida, maupun asam amino yang memang sangat penting untuk ibu menyusui. Sama halnya dengan daun katuk, daun kelor juga telah banyak dimanfaatkan sebagai makanan yang baik untuk menyusui. 

  1. Kelabat

Makan penambah kualitas ASI selanjutnya adalah kelabat atau lebih dikenal dengan fenugreek. Jenis tanaman ini juga dipercaya baik untuk meningkatkan kualitas ASI.  Caranya dengan merangsang saluran dan kelenjar ASI untuk dapat memproduksi lebih banyak ASI dan pastinya lebih berkualitas. Namun, berbeda dengan daun katuk maupun daun kelor yang bisa diolah menjadi sayuran, kelabat hadir dalam bentuk bubuk maupun suplemen siap konsumsi.

  1. Bayam

Ibu pasti sudah tidak asing lagi dengan sayuran hijau satu ini. Bayam memang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik. Selain vitamin, bayam juga merupakan jenis sayuran dengan kandungan zat besi yang cukup tinggi. Bukan rahasia umum bahwa selama menyusui, ibu membutuhkan asupan nutrisi penting, tak terkecuali zat besi. Jadi, sudah pasti mengonsumsi bayam selama menyusui akan memenuhi asupan gizi tersebut, untuk ibu maupun sang buah hati.

  1. Jahe

Makanan penambah kualitas ASI terakhir adalah jahe. Tak banyak yang tahu bahwa jahe juga mampu meningkatkan produksi sekaligus kualitas ASI. Ternyata, jahe memiliki beberapa kandungan aktif yang dapat merangsang sekaligus melancarkan ASI ibu. Sebagai pelancar ASI, jahe banyak dikonsumsi dalam bentuk teh. Ibu juga dapat mengonsumsi jahe sebagai bumbu tambahan dalam masakan. 

Itu tadi beberapa makanan penambah kualitas ASI yang bisa ibu konsumsi saat menyusui sang buah hati. Jika ibu memiliki keluhan kesehatan atau hendak melakukan pemeriksaan medis, ibu bisa langsung mengakses aplikasi Halodoc dan memanfaatkan fitur Janji Medis. Kapan saja, melakukan pemeriksaan kesehatan pastinya jauh lebih mudah. Setuk, segera download aplikasi Halodoc!

Referensi:
Verywell Family. Diakses pada 2022. The Health Benefits of Fenugreek.
Verywell Family. Diakses pada 2022. Foods to Increase Breast Milk Supply.
Parents. Diakses pada 2022. 5 Foods That Could Help Increase Your Breast Milk Supply.