• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Camilan Sehat yang Dianjurkan saat Asam Lambung Naik

Camilan Sehat yang Dianjurkan saat Asam Lambung Naik

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Camilan Sehat yang Dianjurkan saat Asam Lambung Naik

“Gejala asam lambung membuat pengidapnya merasa tidak nyaman. Untuk meringankan gejala asam lambung, kamu bisa mengonsumsi beberapa camilan sehat untuk meringankan gejala. Pisang, brokoli, hingga kacang almond dapat menjadi camilan sehat yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan asam lambung naik.”

Halodoc, Jakarta – Penyakit asam lambung bisa dialami siapa saja, termasuk anak-anak. Kondisi ini terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan sehingga menyebabkan sensasi panas pada dada. Pengidap asam lambung tidak disarankan mengonsumsi makanan dalam jumlah yang besar untuk menghindari gejala asam lambung.

Mengonsumsi camilan atau snack dalam porsi kecil dianjurkan untuk mencegah asam lambung. Sebaiknya jangan asal mengonsumsi camilan. Ketahui jenis camilan sehat yang dianjurkan saat asam lambung naik agar kesehatan kembali membaik. Berikut ini ulasannya.

Baca juga: Hindari 6 Makanan Ini saat Asam Lambung Naik

Camilan Sehat bagi Pengidap Asam Lambung

Mengonsumsi camilan menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pengidap asam lambung untuk mencegah kambuhnya penyakit ini. Namun, jangan asal memilih camilan, ya! Pilihlah camilan sehat untuk meredakan gejala dan mengatasi asam lambung naik.

Berikut ini beberapa camilan sehat yang dianjurkan bagi pengidap asam lambung ketika asam lambung naik, yaitu:

  1. Buah

Siapa bilang pengidap asam lambung tidak boleh mengonsumsi buah? Buah menjadi camilan sehat yang aman untuk dikonsumsi oleh pengidap asam lambung. Namun, hindari jenis buah-buahan sitrus yang memiliki rasa asam.

Melon, semangka, hingga pisang menjadi beberapa pilihan buah yang aman dikonsumsi pengidap asam lambung. Ketiga jenis buah tersebut rendah asam sehingga tidak memicu asam lambung naik.

Buah pisang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi untuk memperkuat sistem pencernaan. 

  1. Sayuran Hijau

Kamu juga bisa mengonsumsi sayuran hijau, seperti kale atau brokoli sebagai camilan sehat saat mengalami asam lambung. Kamu bisa mengukus atau menjadikan kedua jenis sayuran hijau sebagai salad sayur. 

Kandungan alkali dalam sayuran hijau tersebut bermanfaat bagi saluran pencernaan. Selain itu, sayuran hijau memiliki kandungan lemak dan gula rendah untuk membantu menurunkan risiko gejala asam lambung.

Baca juga: Penyakit Asam Lambung Kambuh, Apa yang Harus Dilakukan?

  1. Yoghurt

Yoghurt membantu kamu meringankan gejala asam lambung yang naik. Kandungan probiotik dalam yoghurt juga bisa meningkatkan imun tubuh sehingga kesehatan tubuh lebih maksimal.

Pilihlah jenis yoghurt plain atau tanpa tambahan gula dan perasa untuk merasakan manfaat yang lebih optimal.

  1. Oatmeal

Kamu bisa jadikan oatmeal sebagai camilan sehat saat mengidap asam lambung. Kandungan serat pada oatmeal dinilai efektif untuk mencegah perburukan asam lambung. Kamu bisa mencampur oatmeal dengan buah, tetapi pastikan tidak menggunakan buah dengan rasa asam, seperti stroberi, bluberi, atau kranberi.

  1. Kacang Almond

Kacang almond memiliki kandungan alkali cukup tinggi yang dapat menurunkan gejala asam lambung. Selain mengandung alkali, kacang almond memiliki kandungan serat cukup tinggi untuk meringankan gejala asam lambung yang kamu rasakan.

  1. Jahe

Kamu bisa mengonsumsi jahe untuk meringankan gejala asam lambung yang dialami. Jahe memiliki sifat antiinflamasi untuk mengatasi gangguan pencernaan yang kamu rasakan. Kamu dapat mengonsumsi jahe dalam bentuk minuman atau menambahkan jahe pada makanan yang dikonsumsi.

Baca juga: Pola Makan yang Salah Bisa Memicu GERD

Itulah camilan sehat untuk mengatasi asam lambung naik. Jika gejala asam lambung yang kamu rasakan semakin memburuk dari hari ke hari, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada dokter. 

Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung mengenai pertolongan pertama pada penyakit asam lambung di rumah. Caranya mudah dan praktis, cukup download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play.

Referensi:
AARP. Diakses pada 2021. 5 Top Foods to Stave Off Acid Reflux Symptoms.
Everyday Health. Diakses pada 2021. 7 Low Acid Foods to Add to Your Reflux Diet.
Gastroenterology Consultants. Diakses pada 2021. Acid Reflux Diet: 8 Foods To Eat & Avoid.
Johns Hopkins. Diakses pada 2021. GERD Diet: Foods That Help with Acid Reflux (Heartburn).