• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Camilan yang Aman Dikonsumsi saat Menjalani Diet Keto

Camilan yang Aman Dikonsumsi saat Menjalani Diet Keto

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Camilan yang Aman Dikonsumsi saat Menjalani Diet Keto

Halodoc, Jakarta - Kamu pasti tahu ada banyak sekali jenis diet yang bisa kamu pilih. Tujuannya sudah pasti sama, untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Salah satunya adalah diet keto, jenis diet yang dilakukan dengan cara mengurangi asupan karbohidrat tetapi meningkatkan asupan lemak. Kabarnya, jenis diet satu ini lebih ampuh untuk menurunkan berat badan. 

Namun, ada pula yang beranggapan bahwa diet keto tidak disarankan untuk dilakukan, karena bisa berpotensi membahayakan kesehatan. Nah, pertanyaan berikutnya yang mungkin muncul dalam benak adalah, “Bolehkah mengonsumsi camilan ketika sedang diet?” Memang benar, camilan menjadi pemicu terbesar kenaikan berat badan, inilah mengapa orang yang sedang diet cenderung tidak ngemil.

Padahal, camilan masih tetap diperlukan oleh tubuh. Tidak hanya membantu memenuhi kebutuhan nutrisi, camilan juga bisa menjadi penopang energi sebelum jam makan tiba, sehingga pola makan pun bisa lebih teratur. Meski begitu, jenis dan porsinya juga perlu diperhatikan alias tidak asal. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Diet Keto

Jadi, tetap boleh ngemil meski kamu sedang menjalani diet keto. Berikut ini beberapa jenis camilan yang bisa dikonsumsi untuk kamu yang sedang menjalani diet rendah karbohidrat ini:

  • Keju 

Camilan satu ini terbilang sederhana dan sangat mudah ditemukan. Tidak perlu diolah, kamu bahkan bisa langsung mengonsumsinya. Keju memiliki kandungan karbohidrat sebesar 1,3 gram/100 gram, dengan kadar lemak sebesar 33 gram/100 gram dan protein sebesar 25 gram/100 gram.

  • Telur

Sama seperti keju, telur juga menjadi camilan diet keto yang paling mudah. Cukup dengan merebusnya, kamu sudah bisa mendapatkan kenikmatan dari telur. Kandungan karbohidratnya pun lebih rendah jika dibandingkan dengan lemak atau protein.

Baca juga: Apakah Diet Keto Aman untuk Dilakukan?

  • Kacang-kacangan

Memang, kacang baik dikonsumsi jika kamu sedang diet. Akan tetapi, tidak semua kacang direkomendasikan untuk diet keto, lho. Kacang Brazil, kacang pecan, dan kacang Macadamia menjadi tiga pilihan yang tepat untuk diet keto, karena kandungan karbohidratnya hanya berkisar antara 4–5 gram/100 gram.

  • Alpukat

Buah satu ini memang sangat bagus untuk diet, termasuk diet keto. Tidak hanya rendah karbohidrat, alpukat juga kaya akan kandungan vitamin C, K, B5, folat, B6, E, dan potasium. Belum lagi kandungan lemak sehatnya yang terbilang tinggi.

  • Buah Beri

Buah beri memiliki kandungan karbohidrat hanya 5–6 gram/100 gram, sehingga sangat direkomendasikan untuk kamu yang sedang menjalani diet keto. Jenis yang bisa kamu pilih adalah stroberi, rasberi, atau blackberry. Tidak hanya rendah karbohidrat, buah beri juga kaya antioksidan yang sangat bagus untuk menangkal radikal bebas.

Baca juga: Penjelasan Panduan Aman Diet Keto untuk Pemula

  • Mentimun dan Seledri

Dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya, mentimun, dan seledri menjadi dua pilihan yang sangat direkomendasikan sebagai camilan sehat diet keto. Mentimun mengandung 3 gram/100gram karbohidrat. Sementara itu, seledri hanya mengandung 1 gram/100 gram karbohidrat. Kalau kamu tidak suka mengonsumsi mentah, kamu bisa menjadikan kedua bahan ini minuman yang sangat menyehatkan. 

  • Cokelat

Cokelat yang disarankan untuk diet keto adalah mengandung setidaknya 70 persen kakao. Hindari konsumsi cokelat hitam dengan kandungan kakao kurang dari 70 persen, karena memiliki kandungan karbohidrat yang terbilang tinggi.

Nah, itu tadi beberapa jenis camilan yang aman dikonsumsi jika kamu sedang menjalani diet keto. Jangan asal pilih diet, kamu harus tanya dulu pada ahli gizi, karena berbeda orang beda pula jenis diet yang bisa dilakukan. Tanyakan semua hal tentang diet langsung pada ahli gizi melalui aplikasi Halodoc. Kapan saja, dokter spesialis di aplikasi Halodoc siap membantu memberikan solusi terbaik untuk semua persoalan kesehatanmu.



Referensi: 
Diet Doctor. Diakses pada 2020. Keto Snacks - the Best and the Worst.
WebMD. Diakses pada 2020. What is a Ketogenic Diet?
Medical News Today. Diakses pada 2020. Best Keto Snacks: Benefits and Nutrition.