• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Camilan yang Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Camilan yang Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur

Camilan yang Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 23 Mei 2022

“Sebaiknya perhatikan jenis makanan yang dikonsumsi saat kamu mengalami gangguan tidur. Pisang, oatmeal, kiwi, dan kacang-kacangan adalah makanan yang bisa kamu andalkan untuk meningkatkan kualitas tidur.”

Camilan yang Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur

Halodoc, Jakarta – Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan kamu tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik, mulai dari kondisi kesehatan, tingkat stres, hingga lingkungan yang kurang nyaman untuk beristirahat. Bukan itu saja, beberapa jenis makanan juga dapat menyebabkan kamu kesulitan tidur, seperti misalnya terlalu banyak mengonsumsi kafein.

Tidak ada salahnya mulai sekarang untuk mengenali berbagai makanan atau camilan yang bisa membantu kamu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Yuk, simak ulasannya, di sini!

Camilan yang Bisa Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Memenuhi kebutuhan tidur adalah hal penting yang perlu dilakukan oleh setiap orang. Saat tidur, tubuh dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga kamu tidak akan mudah sakit. Selain itu, tidur yang cukup juga membuat suasana hati menjadi lebih baik. Bahkan, tidur cukup bisa membantu kamu menurunkan tingkat stres yang kamu alami.

Ada berbagai faktor yang bisa memicu gangguan tidur, seperti kurang nyamannya lingkungan untuk beristirahat, mengalami penyakit tertentu, kebiasaan tidur yang kurang baik, hingga mengonsumsi obat-obatan tertentu. Bukan itu saja, beberapa jenis makanan juga dapat memicu seseorang mengalami gangguan tidur, seperti terlalu banyak mengonsumsi kafein, alkohol, hingga berbagai jenis makanan dengan gula tambahan.

Untuk menghindari gangguan tidur dan mendapatkan tidur yang berkualitas, sebaiknya pastikan kamu memilih makanan atau camilan yang tepat. Berikut ini makanan yang bisa membantu tingkatkan kualitas tidur, seperti:

1. Pisang

Selain mengenyangkan, pisang memiliki kandungan magnesium di dalamnya. Magnesium bermanfaat dalam mengatur sistem ketepatan waktu dan memiliki manfaat untuk mengatur waktu tidur.

Bukan hanya magnesium, pisang juga memiliki kandungan potasium yang bisa memengaruhi kualitas tidur, khususnya pada wanita. Jadi, tidak ada salahnya untuk memperbanyak asupan pisang pada siang hari atau menjadikan pisang camilan pada malam hari ketika kamu merasa lapar.

2. Oatmeal

Jika kamu merasa lapar tengah malam, tidak ada salahnya mengonsumsi oatmeal sebagai camilan sehat kamu. Oatmeal mengandung magnesium yang bisa membantu kamu meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

Tidak ada salahnya menambahkan potongan pisang ke dalam oatmeal yang akan kamu konsumsi. Dengan begitu, manfaatnya bisa kamu rasakan secara optimal.

3. Yogurt

Yogurt memiliki kandungan kalsium tinggi di dalamnya. Dengan memenuhi kebutuhan kalsium, kamu bisa lebih mudah untuk tidur dan mendapatkan tidur yang berkualitas. Pastikan kamu mengonsumsi yogurt tanpa tambahan gula agar manfaatnya bisa kamu rasakan dengan baik.

4. Kacang-kacangan

Ada beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa membantu kamu untuk lebih mudah tidur dan mendapatkan tidur yang berkualitas, seperti kacang kenari dan mete. Kedua jenis kacang ini memiliki kandungan magnesium dan potasium di dalamnya sehingga baik untuk meningkatkan kualitas tidur.

5. Kiwi

Kamu juga bisa memasukkan buah kiwi ke dalam daftar diet untuk meningkatkan kualitas tidur. Buah kiwi memiliki kandungan antioksidan dan serotonin yang tinggi sehingga membantu kamu memiliki tidur yang berkualitas. Serotonin merupakan senyawa kimia pada otak yang membantu mengatur siklus tidur sehingga kamu akan memiliki tidur yang berkualitas dan teratur.

6. Susu Hangat

Jangan lupa untuk mengonsumsi susu hangat sebelum tidur agar tidur malam kamu berkualitas. Sebab dengan memenuhi kebutuhan vitamin D, kamu akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. 

7. Teh Kamomil

Selain susu, kamu juga bisa mengonsumsi teh kamomil sesaat sebelum waktu tidur. Teh kamomil mengandung flavonoid termasuk apigenin. Kandungan apigenin terhubung dengan reseptor otak yang membantu seseorang untuk mengurangi insomnia dan meningkatkan kualitas tidur.

Itulah beberapa jenis camilan dan minuman yang bisa dikonsumsi sesaat sebelum tidur untuk meningkatkan kualitas tidur. Jika kamu mengalami gangguan tidur yang tidak membaik, sebaiknya segera tanyakan langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Sleep Foundation. Diakses pada 2022. Healthy Bedtime Snacks To Eat Before Sleep.

Well Good. Diakses pada 2022. 7 Midnight Snacks That RDs Say Can Help Lull You Back To Sleep.