• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Agar Cepat Tidur Setelah Minum Kopi di Malam Hari
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Agar Cepat Tidur Setelah Minum Kopi di Malam Hari

Cara Agar Cepat Tidur Setelah Minum Kopi di Malam Hari

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 11 November 2021
Cara Agar Cepat Tidur Setelah Minum Kopi di Malam Hari

“Cara agar bisa cepat tidur di malam hari adalah menghindari hal-hal yang bisa memicu insomnia, salah satunya konsumsi kopi secara berlebih. Pasalnya, kopi memiliki kandungan kafein yang merupakan zat stimulan otak dan saraf. Kafein berlebih bisa meningkatkan risiko gangguan tidur di malam hari alias insomnia.

Halodoc, Jakarta – Salah satu cara agar bisa tidur cepat adalah menghindari konsumsi kopi di malam hari. Pasalnya, kopi memiliki kandungan kafein, yaitu zat stimulan yang bisa membuat kinerja otak dan saraf menjadi lebih aktif. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa kopi, atau minuman yang mengandung kafein lainnya sering dijadikan pertolongan saat kantuk menyerang. 

Namun, bagaimana jika konsumsi kafein harian dilakukan secara berlebih dan pada malam hari? Hal ini bisa menyebabkan gangguan pada kualitas tidur, bahkan membuat seseorang menjadi susah tidur. Semakin lama, hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan tidur di malam hari alias insomnia. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara agar cepat tidur setelah minum kopi yang bisa dicoba!

Baca juga: Minum Kopi saat Sakit, Apa Dampaknya?

Cara Agar Bisa Cepat Tidur di Malam Hari 

Konsumsi kopi berlebihan di malam hari bisa memicu insomnia. Namun, ada cara agar bisa cepat tidur yang bisa coba diterapkan, di antaranya: 

  1. Matikan Perangkat Elektronik 

Cahaya lampu dan perangkat elektronik bisa membuat tubuh semakin “segar”, sebab bunyi maupun aktivitas dari perangkat elektronik memiliki dampak yang tidak berbeda jauh dengan stimulan dari kafein. Hal ini bisa mencegah otak untuk memerintahkan tubuh beristirahat dan berujung pada peningkatan risiko insomnia. 

  1. Meditasi atau Yoga 

Salah satu cara agar bisa cepat tidur adalah membuat tubuh merasa rileks, dengan ataupun tanpa konsumsi kopi sebelumnya. Nah, kamu bisa mencoba meditasi atau yoga jika mengalami gangguan tidur, sebab kedua cara ini bisa membantu menenangkan tubuh dan pikiran sehingga lebih mudah terlelap.

Baca juga: Cek Fakta: Amankah Minum Kopi setelah Vaksin COVID-19?

  1. Olahraga Ringan 

Membuat tubuh merasa Lelah bisa menjadi salah satu cara cepat tidur di malam hari. Coba terapkan olahraga ringan, misalnya berjalan kaki, beberapa jam sebelum tidur agar terhindar dari risiko insomnia setelah minum kopi.

  1. Buku dan Musik 

Membaca buku dan mendengarkan music bisa membantu membuat tubuh lebih rileks. Kamu bisa mencoba untuk membaca buku atau mendengarkan lagu favorit sebelum tidur di malam hari.

  1. Mandi 

Mandi air hangat merupakan salah satu cara agar bisa cepat tidur setelah minum kopi. Mandi dengan air hangat bisa membantu tubuh lebih cepat tidur dan meningkatkan kualitas tidur.

  1. Atur Suhu Ruangan 

Rasa nyaman merupakan hal yang bisa membantu tubuh merasa rileks. Maka dari itu, cobalah untuk mengatur suhu ruangan agar memudahkan tidur di malam hari. 

Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini Bahayanya Kebanyakan Minum Kopi

Jika gangguan tidur atau insomnia berlanjut, coba hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Sampaikan keluhan yang dialami melalui Video/Voice Call atau Chat dan dapatkan rekomendasi terbaik dari ahlinya. Download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2021. The Effects of Caffeine on Your Body.
Slumber Yard. Diakses pada 2021. How To Sleep After Drinking Coffee.