Ikut Mudik, Begini Cara Agar Perjalanan Bebas Stres

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ikut Mudik, Begini Cara Agar Perjalanan Bebas Stres

Halodoc, Jakarta – Mudik tentu menjadi perjalanan yang menyenangkan. Betapa tidak, setelah menjalankan puasa sebulan lamanya, setelah bekerja di tanah rantau, kamu akhirnya bisa kembali ke kampung halaman, bersua dengan saudara dan orang tua, mungkin bahkan keponakan yang sedang lucu-lucunya. Ini, tentu saja, tidak bisa menggantikan apa pun yang kamu miliki sekarang.

Meski begitu, perjalanan mudik bisa menjadi yang terburuk dan paling tidak menyenangkan. Kamu harus tahu, bukan hanya kamu seorang yang punya kampung halaman, yang ingin merasakan euforia mudik, baik dengan kendaraan umum maupun berkendara sendiri. Bisa jadi, mudik akan membuat kamu cemas dan stres, dan ini tentu saja bukan hal yang baik. Oleh karena itu, lakukan hal berikut ini supaya perjalanan bebas stres.

  • Lakukan Hal yang Menyenangkan

Perjalanan mudik kali ini bisa saja panjang dan sangat melelahkan. Artinya, jika kamu tidak nyaman, stres bisa menjadi berkepanjangan. Yuk, coba lakukan hal bermanfaat selama kamu sedang berada di perjalanan! Ini bisa membantu mengurangi kecemasan dan stres yang kamu alami.

Baca juga: Tips Menghilangkan Stres dalam Waktu Singkat

Bagaimana caranya? Mudah saja. Kamu bisa dengar musik selama perjalanan, turut bernyanyi untuk meredam cemas. Bisa juga dengan membaca untuk membunuh waktu. Nyamil sembari bercanda dan mengobrol dengan teman seperjalanan pun tak kalah menyenangkannya. Kamu bisa bertukar cerita dan lupa bahwa perjalanan mudik kali ini sebenarnya melelahkan.

  • Istirahat Itu Penting!

Terkadang, kesenangan dan antusiasme membuat seseorang lupa bahwa tubuh juga membutuhkan waktunya untuk beristirahat dari segala aktivitas alias tidur. Termasuk jika kamu hendak melakukan perjalanan jauh seperti mudik, kamu tentu lebih membutuhkan istirahat untuk mengembalikan lagi energi yang telah habis untuk semua kegiatan seharian.

Baca juga: 5 Tanda Akibat Kurang Tidur yang Perlu Diketahui

Jangan sampai kamu mengabaikannya, karena kurang istirahat tidak pernah memberikan dampak positif untuk tubuh. Tidak hanya merasa lebih lesu dan kurang bertenaga, kamu juga sulit berkonsentrasi dan mengantuk sepanjang perjalanan. Bukan tidak mungkin tubuh mudah mengalami penyakit musiman, seperti flu atau masuk angin.

  • Persiapkan Semuanya dengan Baik

Setiap perjalanan selalu membutuhkan persiapan, tak terkecuali mudik. Persiapan ini bukan hanya pakaian yang akan dibawa, melainkan juga obat-obatan, perlengkapan mandi, hingga perlengkapan pribadi yang tak kalah pentingnya. Supaya lebih aman, siapkan semuanya minimal sehari sebelum berangkat, lebih baik lagi jika kamu membuat daftar dan mencoret semua yang sudah tersedia.

  • Jangan Paksakan Jika Lelah

Tubuh mulai lelah, tandanya ia minta untuk istirahat. Tidak harus dengan tidur, kamu juga bisa melakukannya dengan gerakan peregangan, terlebih jika kamu sedang dalam perjalanan. Jangan paksakan, karena bisa membuat kamu lalai di perjalanan. Berhenti dan menepilah sejenak jika kamu mengemudi sendiri. Lakukan ini setiap beberapa jam sekali atau jika tubuh sudah memberikan sinyal harus berhenti.

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Tubuh Selalu Merasa Lelah

Ikut mudik itu menyenangkan, asalkan kamu tahu bagaimana caranya supaya perjalanan tetap nyaman dan bebas stres. Jangan lupa minum vitamin, supaya tubuh tidak mudah terserang penyakit. Bawa selalu ke mana saja kamu pergi, minum sesuai dengan kebutuhan atau anjuran dari dokter.

Kalau ternyata vitamin kamu tertinggal atau habis, kamu tidak perlu khawatir, karena kamu selalu bisa membeli kembali melalui aplikasi Halodoc. Jadi, supaya tubuh tetap bugar, pastikan kamu selalu pakai aplikasi Halodoc. Segera download aplikasinya sekarang, ya!