• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Alami Atasi Kerutan Di Bawah Mata

Begini Cara Alami Atasi Kerutan Di Bawah Mata

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Masalah pada wajah kerap kali membuat para wanita jadi enggak pede, contohnya ketika munculnya kerutan mata. Pasalnya, kerutan ini bisa membuat diri mereka jadi terlihat lebih tua. Berbicara soal kerutan mata ini, banyak faktor yang bisa menyebabkannya. Mulai dari genetik, merokok, hingga paparan sinar UV. Lalu, bagaimana sih cara mengatasi kerutan mata? Enggak usah bingung, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi kerutan di bawah mata. 

Baca juga: 6 Cara Mudah Hilangkan Mata Panda

1. Madu

Madu merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kerutan bawah mata. Kandungan dalam madu dapat membantu mengencangkan dan juga mencerahkan kulit. Cara menggunakannya juga simpel. Oleskan madu mentah di bawah mata atau campurkan dengan tepung beras untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Tepung beras mengandung antioksidan yang dapat menghidrasi kulit.

2. Minyak Kelapa

Kerutan bawah mata dapat diatasi dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung vitamin E dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi kerutan di bawah mata. Bagaimana cara menggunakannya? Mudah kok, oleskanlah minyak tersebut di bawah mata dan pijatlah bagian tersebut. Lakukan setiap malam sebelum tidur.

Cara lainnya, yaitu dengan menggunakan masker yang terbuat dari minyak kelapa dan kunyit. Campurkan 1 sendok minyak kelapa dan sejumput kunyit. Oleskan hasil tersebut pada kerutan di bawah mata dan diamkan selama 20 menit, lalu cucilah hingga bersih dengan air biasa.

3. Yoghurt

Kita juga bisa memanfaatkan yoghurt untuk mengatasi kerutan bawah mata. Asam laktat pada kandungan yoghurt dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat kulit menjadi kencang. Bagaimana cara menggunakan yoghurt untuk mengatasi kerutan mata?

Caranya dengan mencampurkan 1 sendok yoghurt, 1 sendok madu, dan beberapa tetes air mawar di dalam mangkuk. Campur semua bahan dan oleskan pada keriput di bawah mata. Lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilaslah dengan air bersih. Agar hasilnya maksimal, buatlah perawatan wajah ini menjadi rutinitas.

Baca juga: 10 Trik Makeup Sembunyikan Keriput

4. Minyak Zaitun

Selain tiga bahan di atas, cara mengatasi kerutan bawah mata lainnya, yaitu dengan penggunaan minyak zaitun. Vitamin E dan C pada kandungan minyak zaitun dapat menghilangkan keriput di sekitar mata. Untuk hasil yang maksimal, gunakanlah minyak zaitun setiap hari untuk mengobati keriput di sekitar mata.

Caranya yaitu dengan mencampur 1 sendok minyak zaitun dan 1 sendok teh jus lemon segar. Lalu, oleskan di bagian bawah mata dan diamkan selama 15 menit. Kemudian, cuci dengan air hangat. Ulangi hal tersebut pada hari-hari tertentu untuk hasil yang kamu inginkan.

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi

5. Hindari Polusi Udara

Ingat, polusi udara enggak cuma menyoal paru-paru atau masalah kardiovaskular saja. Menurut studi National Center for Biotechnology di atas, masalah kulit seperti kerutan bawah mata juga bisa disebabkan oleh polusi udara. Sebab kulit merupakan penghalang terluar tubuh dengan berbagai polutan udara. Makanya jangan heran kalau kulit akan bermasalah ketika sering terpapar polutan. 

Bagaimana, tertarik mencoba cara-cara di atas? 

Mau tahu lebih jauh mengenai cara mengatasi kerutan mata? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
NCBI. Diakses pada 2020. Environmental Influences on Skin Aging and Ethnic-Specific Manifestations. Dermato-Endocrinology.
Web MD. Diakses pada 2020.  23 Ways to Reduce Wrinkles.