• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Alami Mengatasi Bibir Kering saat Puasa

Cara Alami Mengatasi Bibir Kering saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Bibir kering merupakan salah satu kondisi yang sering dikeluhkan banyak orang ketika berpuasa. Hal ini sebenarnya sangat wajar, karena saat berpuasa, kamu tidak mendapatkan asupan cairan selama lebih dari 12 jam. Belum lagi cuaca yang panas dan kering juga dapat membuat bibir kamu menjadi kering. Namun, jangan khawatir, ada cara-cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bibir kering. Simak pembahasannya di bawah ini! 

1. Gunakan Lip Balm

Salah satu produk yang sudah diketahui banyak orang dapat melembapkan bibir yang kering adalah lip balm. Namun ternyata, tidak semua lip balm baik untuk mengatasi bibir kering. Beberapa lip balm malah mungkin mengandung bahan yang dapat membuat bibir kering, seperti lip balm yang mengandung mentol atau dengan rasa mint. 

Lip balm tersebut memang dapat memberikan sensasi dingin yang menyegarkan, tetapi mint dapat membuat bibir kering dan lebih pecah-pecah dari sebelumnya. Oleh karena itu, hindari produk lip balm yang mengandung mint atau yang beraroma, karena bahan-bahan tersebut dapat mengeringkan bibir.

Sebaliknya, kamu dianjurkan untuk mencari lip balm yang mengandung bahan-bahan yang menenangkan dan melembapkan, seperti:

  • Petroleum; 

  • Lanolin;

  • Beeswax; dan

  • Ceramides

Baca juga: Mengatasi Bibir Kering dengan Lip Balm

2. Cobalah Menggunakan Pelembap Bibir Alami

Selain lip balm, ada juga bahan-bahan alami yang efektif untuk mengatasi bibir kering. Untuk melembabkan bibir yang kering, oleskan bahan alami berikut ini langsung ke bibir:

  • Lidah buaya. Gel lidah buaya mengandung vitamin, mineral, antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat menenangkan dan merehidrasi kulit bibir yang pecah-pecah.

  • Minyak kelapa. Minyak kelapa juga dapat mengatasi peradangan dan bersifat emolien, yang berarti dapat menenangkan dan melembutkan kulit yang kering. 

  • Madu. Bahan alami yang satu ini sangat melembapkan yang menjadikannya sebagai salah satu pilihan yang baik untuk mengatasi bibir kering saat puasa. Madu juga mengandung antioksidan dan sifat antibakteri yang dapat membantu mencegah infeksi berkembang di bibir yang sangat kering atau pecah-pecah.

  • Mentimun. Buah yang satu ini sudah diketahui memiliki kadar air yang cukup tinggi, sehingga tidak hanya bisa menghilangkan dahaga, tetapi juga bisa menghidrasi kulit yang kering. Mentimun juga mengandung vitamin dan mineral yang bisa memperbaiki penampilan bibir.

3. Eksfoliasi Bibir

Bibir yang pecah-pecah biasanya ditutupi oleh lapisan kulit kering yang dapat mencegah bahan-bahan penyembuh pada lip balm meresap sampai ke area yang tepat. Karena itu, kamu dianjurkan untuk melakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit yang kering tersebut dengan lembut menggunakan scrub bibir yang mengandung gula atau soda kue. Kamu bisa mendapatkan scrub bibir di toko obat atau secara online.

4. Minum Air Putih yang Cukup

Dehidrasi adalah penyebab utama bibir kering. Saat berpuasa, kamu sangat rentan mengalami dehidrasi. Apalagi bila kamu tidak minum air putih yang cukup saat sahur dan buka puasa. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, ia akan menarik air dari area-area tertentu untuk memastikan sel-sel tetap terhidrasi. Hal inilah yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering, termasuk bibir.

Karena itu, penuhilah kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa dengan minum 2 gelas air putih saat sahur, 2 gelas air putih saat berbuka, dan empat gelas air pada malam hari. 

Baca juga: Jangan Diabaikan, 6 Kebiasaan yang Membuat Bibir Kering

5. Jangan Merokok

Asap rokok dapat mengiritasi kulit yang sensitif di sekitar bibir, sehingga menyebabkannya menjadi kering dan mudah pecah. Merokok juga dapat mengakibatkan masalah lain dalam mulut, seperti sariawan dan sakit gusi. Jadi, agar puasa kamu tidak terganggu dengan masalah mulut, batasi atau berhenti merokok sama sekali selama bulan puasa. Kamu mungkin akan merasakan perubahannya ketika berhenti merokok, yaitu bibir yang sebelumnya kering dan mudah pecah, menjadi halus dan lembut.

Baca juga: 7 Tips Cegah Bibir Kering Saat Puasa

Nah, itulah beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bibir kering saat puasa. Bila kamu mengalami masalah kesehatan lain saat berpuasa, gunakan saja aplikasi Halodoc. Kamu bisa minta saran kesehatan pada dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Best 6 ways to relieve chapped lips.